Verbatim Store n Go Hard Drive Portable Yang Bisa Kita Bawa Kemana - Mana

22 Mar 2013 11:15 2335 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Semakin maju perkembangan komputer, semakin besar pula data yang kita butuhkan untuk dibawa ke mana-mana. Jika delapan tahun lalu mungkin kita sudah puas dengan flash disk dengan kapasitas 256 MB, maka sekarang rasanya ada yang kurang jika kita pergi jauh tanpa membawa hard drive eksternal dengan kapasitas minimal 250 GB. Kebutuhan data kita telah semakin besar sehingga tanpa disadari kebutuhan akan medium penyimpanan yang semakin besar juga terus meningkat.

Semakin maju perkembangan komputer, semakin besar pula data yang kita butuhkan untuk dibawa ke mana-mana. Jika delapan tahun lalu mungkin kita sudah puas dengan flash disk dengan kapasitas 256 MB, maka sekarang rasanya ada yang kurang jika kita pergi jauh tanpa membawa hard drive eksternal dengan kapasitas minimal 250 GB. Kebutuhan data kita telah semakin besar sehingga tanpa disadari kebutuhan akan medium penyimpanan yang semakin besar juga terus meningkat. Mengingat kapasitas penyimpanan di laptop umumnya hanya sekitar 500 GB, maka banyak pengguna laptop yang sering bepergian yang juga menggunakan harddrive eksternal untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data mereka.

Saat ini telah banyak produk hard drive yang muncul di pasaran dalam berbagai merek, mulai dari Western Digital dan Toshiba hingga produk-produk Cina yang lebih murah dengan kualitas yang tentunya juga sesuai dengan harga yang dibayar. Verbatim Store n Go Ultra Slim Portable Hard Drive merupakan salah satu pemain yang turut serta dalam pasar hard drive eksternal sekarang. Hard drive eksternal ini memiliki kapasitas 500 GB yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna komputer kebanyakan tanpa membebani harga yang mahal. Verbatim Store ‘n’ Go Ultra Slim Portable Hard Drive juga dilengkapi dengan konektivitas USB 3.0 yang paling mutakhir sehingga transfer data yang dilakukan akan jauh lebih cepat dibanding USB 2.0, meskipun penggunaannya juga tergantung pada keberadaan port USB 3.0 di laptop atau komputer yang digunakan.

Namun jangan kuatir, karena koneksi menggunakan USB 3.0 saat ini sudah mulai jamak digunakan pada komputer dan laptop baru yang beredar di pasaran. Pada tampilannya, Verbatim Store ‘n’ Go Ultra Slim Portable Hard Drive memiliki casing yang ringan dan tipis sehingga memudahkannya untuk ditaruh di saku, dan tidak memakan tempat yang banyak di dalam tas laptop atau tas untuk bepergian. Membawa hard drive eksternal ini tidak akan terasa menambah beban saat sedang bepergian. Namun, kekurangan yang dimiliki casing yang tipis ini adalah perlindungan yang minim terhadap benturan yang sangat mungkin terjadi, dan membuat hard drive eksternal ini terasa murah. Hal ini berbeda dengan hard drive eksternal lain yang justru mengutamakan ketahanannya terhadap benturan lewat casing berlapis karet yang kuat.

Dalam Verbatim Store ‘n’ Go Ultra Slim Portable Hard Drive, sudah terdapat software yang bisa membantu produktivitas, seperti Nero BackItUp yang dapat berfungsi untuk back up data, meskipun banyak software serupa yang juga bisa dicari dengan mudah di internet. Selain itu, terdapat juga program untuk mengurangi konsumsi daya dari hard drive eksternal ini, dan software untuk membuat kegiatan memformat menjadi lebih mudah. Semua software tersebut sebetulnya bisa didapatkan dengan mudah dan gratis di internet sesuai dengan kebutuhan, namun memilikinya dari awal di dalam Verbatim Store ‘n’ Go Ultra Slim Portable Hard Drive juga bisa menjadi nilai tambah sendiri.

Dalam pengujian dengan koneksi USB 3.0, Verbatim Store ‘n’ Go Ultra Slim Portable Hard Drive memiliki kecepatan transfer data sebesar 79 MB per detik untuk write speed dan 105 MB per detik untuk read speed, yang merupakan kecepatan yang sangat baik meskipun bukan yang teratas. Mengkopi file berukuran 1 GB membutuhkan waktu kurang dari 20 detik saja. Verbatim Store ‘n’ Go Ultra Slim Portable Hard Drive merupakan hard drive eksternal yang sangat memadai untuk berbagai macam kebutuhan, dengan ukuran yang kecil dan ringan dan terutama kecepatan yang memuaskan.

Jika Anda bisa mengkompensasikan casing yang terkesan ringkih untuk hard drive eksternal sekelas ini, maka Verbatim Store ‘n’ Go Ultra Slim Portable Hard Drive bisa menjadi pilihan dengan harga sekitar £59.99 atau sekitar 900 ribu rupiah. [KEV]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel