Beberapa Kegunaan Utama Aplikasi Bluetooth Android

11 Mar 2013 16:00 7627 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bluetooth telah menjadi teknologi nirkabel yang mengesankan untuk memungkinkan segala macam fungsi gadget. Berikut ini adalah beberapa kegunaan utama dari aplikasi Bluetooth Android.

Bluetooth telah menjadi teknologi nirkabel yang mengesankan untuk memungkinkan segala macam fungsi gadget. Pada awal-awal kemunculannya, teknologi ini memang sedikit terbatas, namun sekarang Bluetooth telah berkembang dan mampu untuk menghubungkan berangkat yang berbeda. Apalagi dengan revisi terbaru dari dari Bluetooth yang mencakup beberapa efisiensi energi yang besar, saat ini lebih baik dari sebelumnya untuk menghubungkan perangkat ke ponsel Android Anda melalui Bluetooth. Berikut ini adalah beberapa kegunaan utama dari aplikasi Bluetooth Android.

Hands-Free

Tanpa Bluetooth, akan jauh lebih sulit membayangkan dunia bicara hands-free. Headset Bluetooth dan stereo mobil dengan Bluetooth memungkinkan Anda tetap bisa berbicara dengan ponsel di dalam saku Anda. Meskipun gagasan memiliki sistem dengan mikrofon dan speaker, seperti headset atau stereo mobil adalah sederhana, namun sifat nirkabel membuatnya mulus dan ideal.

Musik

Mengapa harus berhenti pada headset dan fitur panggilan hands-free? Ada juga headphone Bluetooth yang tersedia yang memungkinkan transmisi suara yang jernih, serta stereo mobil yang bisa memainkan musik dari ponsel Anda. Banyak stereo mobil juga memiliki tombol pada perangkat itu sendiri atau pada kemudi mobil Anda yang memungkinkan Anda untuk berpindah di antara lagu, memberikan Anda beberapa kontrol bersama audio nirkabel.

Keyboard dan Mouse

Komunikasi suara dan hands-free adalah kegunaan aplikasi Bluetooth Android yang hebat, namun ada lebih banyak hal yang dapat Anda lakukan. Jika Anda memerlukan produktivitas ponsel Anda (bahkan tablet Android), ini mungkin akan membantu untuk memasangkan keyboard ke perangkat Anda. Mungkin Anda lebih menyukai mengetik dengan keyboard fisik daripada menggunakan touchsreen, di sinilah Anda bisa menggunakan aplikasi Bluetooth. Beberapa perangkat bahkan memungkinkan Anda untuk memasangkan mouse untuk menggunakannya seperti desktop penuh.

Transfer File

Apakah Anda ingin mentransfer file dengan cepat dan aman dari satu perangkat ke perangkat lainnya? Jika kedua perangkat tersebut memiliki kemampuan Bluetooth, Anda bisa melakukan hal ini. Misalnya, Anda dapat dengan mudah mengirimkan file dari komputer berkemampuan Bluetooth Anda ke ponsel Android menggunakan interface komputer untuk mulai mentransfer file. Pada ponsel Android, Anda harus menginstal sebuah aplikasi bernama Bluetooth File Transfer yang dapat mengurus sisanya. Ini adalah alternatif hebat jika Anda tidak menggunakan atau tidak ingin menggunakan software sinkronisasi awan seperti Dropbox untuk mengirim file ke ponsel Anda.

Internet Tethering

Ponsel Android yang menjalankan OS versi terbaru mampu menarik koneksi internet melalui Bluetooth. Benar-benar tidak ada langkah tambahan, cukup nyalakan Bluetooth, hubungkan dengan perangkat yang Anda inginkan, dan pilih opsi Bluetooth tethering untuk mengaktifkan fungsi ini. Anda dapat menemukannya dalam menu Tethering & portable hotspot, di samping opsi USB and Hotspot tethering.

Cara Memasangkan Perangkat

Jika Anda tidak berpengalaman menggunakan Bluetooth, mudah untuk memasangkan perangkat untuk memanfaatkan semua fitur-fiturnya. Pertama, pastikan bahwa fungsi Bluetooth diaktifkan dan aktif pada kedua perangkat. Selanjutnya, pastikan bahwa paling tidak salah satu perangkat diatur untuk visible atau terlihat, secara default semua perangkat Bluetooth tidak terlihat untuk mencegah orang asing menemukannya dan mencoba untuk memasangkannya ke perangkat Anda. Sekarang, pergi ke perangkat lain dan cari perangkat yang terlihat pada daftar perangkat Bluetooth Anda, tap pada perangkat tersebut untuk menghubungkan.

Tergantung pada perangkat, Anda mungkin harus memasukkan PIN (seperti 0000) pada salah satu atau kedua perangkat atau periksa bahwa PIN yang secara acak muncul pada kedua perangkat ketika permintaan pemasangan yang dibuat adalah sama. Setelah perangkat Anda terpasang, mereka seharusnya secara otomatis melakukan tugasnya ketika fungsi yang diinginkan aktif (seperti panggilan stereo mobil atau memainkan musik), atau ketika Anda memasangnya (seperti transfer file atau internet tethering).

Kesimpulan

Tentu saja ada manfaat hebat lainnya dari Bluetooth, namun daftar yang tercantum di atas adalah kegunaan yang paling umum. Jika Anda berpikir perangkat Anda mungkin memiliki salah satu kemampuan tersebut, Anda bisa mencobanya. Jika tidak, mungkin Anda harus mengatur sesuatu terlebih dahulu atau meng-upgrade perangkat Anda. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel