Bagaimana Cara Memilih Hard Disk External Yang Tepat

8 Mar 2013 07:30 9566 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mungkin suatu ketika ketika Anda membutuhkan tambahan kapasitas penyimpanan data Anda berencana untuk pergi dan membeli hard disk baru

Mungkin suatu ketika ketika Anda membutuhkan tambahan kapasitas penyimpanan data Anda berencana untuk pergi dan membeli hard disk baru, dengan banyaknya file yang ada pada computer kita tidak jarang kita akan kekurangan kapasitas penyimpanan data tanpa kita sadari. Apalagi di jaman modern ini dimana file–file untuk program yang Anda gunakan terbilang cukup besar misalkan untuk game sendiri seperti Microsoft Flight Simulator terbaru yang berukuran 20 Gb.

Ada banyak type hard disk dan juga bermacam macam merek yang terdapat dipasaran, tentu saja dengna berbagai kapasitas yang berbeda beda juga. Kadang kita bingung memilih merek atau hard disk seperti apa yang akan kita beli dan kita pergunakan, disini Plimbi akan membahas sedikit tentang bagaimana cara memilih hard disk yang tepat untuk Anda.

Hard Disk External mempunyai kapasitas hampir tidak terbatas. Dengan biaya dibawah satu juta Anda bisa menambah kapasitas penyimpanan data anda dengan ukuran satu terabytes untuk desktop, portable atau Macs Anda. Kapasitas sebesar itu cukup untuk menyimpan lebih dari 750.000 mp3 atau foto dan juga bahkan cukup untuk menyimpan 230 film koleksi anda yang berukuran DVD .

Setiap computer yang ada dari computer dengan spesifikasi high end, laptop ataupun netbook dapat terhubung setidaknya dengan satu buah had drive. Jika PC Anda kebetulan mempunyai beberapa input /output port yang tersedia Anda bisa menambahkan beberapa lagi kedalam PC Anda. Hard disk external memungkinkan Anda untuk mem-backup sistem file Anda jikalau sistem utama yang Anda miliki bermasalah.

Type Hard Disk

Ada dua type hard disk yang harus anda perhatikan disni sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang pertama adalah, Desktop drive dengan 3,5 inchi system mekanis didalamnya yang memerlukan power adaptor untuk supply tenaganya. Hard disk external tipe ini di design untuk diam di satu tempat dalam jangka waktu tertentu biasanya seperti di rumah Anda atau di tempat kerja Anda. Jika Anda ingin membeli harddisk external dengan penggunaan yang aktif atau terus menerus (seperti untuk video atau mentransfer file dalam jumlah yang banyak) maka carilah hard disk external dengan tambahan cooling fan (kipas angin) didalamnya, hal ini akan menambah keawetan dari hard disk ini sendiri.

Yang kedua adalah Notebook class yang biasanya dilengkapi dengan 2,5 inchi system mekanis didalamnya yang di tenagai oleh kable konektor yang terhubung tanpa memerlukan sebuah adaptor. Harddisk external dengan ukuran 2.5 inchi ini sangat flexible karena bisa Anda masukan ke dalam saku jaket anda ataupun beberapa saku celana Anda. Sementara harddisk external dengan ukuran 1.5, dapat dengan mudah Anda simpan didalam saku Anda.

External hard disk dengan type Desktop drive biasanya mempunya kapasitas ukuran sampai dengan maksimal 4 terabytes per mekanis. Tetapi beberapa pembuat harddrive menggunakan 2 sampai 4 mekanisme dalam satu casing harddisk untuk menambah kapasitas hard disk itu sendiri. Sementara harddisk external dengan tipe Notebook Class biasanya mempunyai maksimal kapasitas sampai dengan 1,5 tera byte. Tetapi harddisk external dengan ukuran 250 GB sampai dengan 750 GB lebih umum dan di pasaran untuk harddisk external bertipe Notebook Class ini .

Sebuah catatan bagi Hard Drive dengan jumlah lebih dari satu, Anda bisa menambah , kecepatan ataupun proteksi untuk Hard drive Anda dengan membeli External RAID array untuk hard drive Anda, akan tetapi biaya lebih dan sedikit kerumitan diperlukan disni. Setelah Anda berhasil menghubungkan sebuah External RAID array (single volume) kedalam PC atau Macs Anda, maka nantinya RAID array ini akan berfungsi layaknya external hard disk biasa. Setelah itu prosesnya akan lebih rumit, Anda harus mempertimbangkan harddisk dengan support untuk RAID level 1, 5, atau 10. Untuk mengenal lebih jauh tentang RAID level ini Anda bisa mengunjungi article ini.

External solid-states drive (SSDs) kebanyakan terdapat pada hard disk external dengan tipe Notebook - class, akan tetapi cukup jarang ditemukan karena harganya dihitung per Gygabites. SSDs tersebut unutk saat ini hanya dibatasi pada hard disk dengan ukuran kapasitas kecil seperti 64 GB smapai dengan 512 GB, jika Anda membeli hard disk external sebaiknya Anda membeli tanpa ada SSDS ini karena lebih baik digunakan untuk internal Hard disk karena harga harga hardisk yang SSDs ini jauh lebih mahal.[RND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel