Mengenal Jaringan GSM dan Komponennya : BTS, BSC dan MSC

19 Dec 2011 10:00 8605 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
GSM awalnya berdiri untuk Groupe Special Mobile, namun sekarang berdiri untuk komunikasi Global System for Mobile, yang mana itu adalah teknologi seluler digital yang digunakan untuk mengirimkan sinyal suara dan data.

GSM awalnya berdiri untuk Groupe Special Mobile, namun sekarang berdiri untuk komunikasi Global System for Mobile, yang mana itu adalah teknologi seluler digital yang digunakan untuk mengirimkan sinyal suara dan data. Jaringan GSM menyediakan layanan telepon selular untuk pelanggan di seluruh dunia. Jaringan ini mengirimkan data digital terkompresi keluar yang terstruktur untuk memberikan pelayanan dan keamanan bagi pelanggan.

Perjanjian antara provider GSM dan jaringan seluler di negara-negara lain memungkinkan pelanggan GSM masih dapat menggunakan telepon ketika keluar dari jangkauan jaringan GSM.

**Sistem Switching** Sistem switching (SS) adalah area yang meluncurkan data jaringan. Perangkat *switching* utama adalah Mobile Switching Center (MSC), layanan ini mengontrol panggilan yang datang ke dan dari telepon.

Jaringan memiliki satu atau lebih MSC yang disediakan berdasarkan wilayah geografis. Ketika pengguna menjelajah keluar dari wilayah geografis, lokasi pengunjung yang terdaftar atau Visitor Location Register (VLR) sementara akan menyimpan informasi tentang pengguna.

Perlindungan informasi pada jaringan datang melalui Authentication Database (AUC), ini merupakan area terenkripsi berisi kunci otentikasi pengguna dan identitas pelanggan mobile. Rincian lebih unik tentang ponsel dan *user* disimpan di Equipment Identity Register (EIR).

**Komponen** Sebuah basis stasiun GSM, atau Base Station Subsystem (BSS), pada dasarnya terdiri dari dua bagian, Base Transceiver Station BTS dan Basis Station Controller (BSC).

BSS mengontrol sinyal antara menara dan telepon. Komunikasi radio antara mobile station dan telepon berjalan melalui BTS. Sementara sinyal dikontrol dan dikelola oleh BSC.

Manajemen ini meliputi sinyal moderasi kekuatan dan konfigurasi data. Fungsi utama dari BTS untuk mengkodekan, mengenkripsi dan memodulasi sinyal radio frekuensi dan menyampaikannya ke antena. BTS biasanya ditempatkan di pusat di wilayah geografis yang berbeda dan rumah *transceiver radio*. Semakin tinggi kekuatan *transmisi* BTS, semakin luas sinyal yang didapat.

BCS, di sisi lain, menangani saluran setup, frekuensi *hopping* dan *handover*. BCS menerjemahkan saluran suara yang digunakan melalui *link* radio, pada 13 Kbps, ke saluran yang digunakan oleh Public Switched Telephone Network (PSTN) atau Integrated Services Digital Network (ISDN), pada 64 Kbps. BSC dapat mengelola sumber daya radio untuk lebih dari satu BTS. Jaringan GSM dapat mencakup lebih dari satu BTS dan BSC. **Operation dan Support System** Operation dan Support System (OSS) mengandung aspek-aspek tambahan dari jaringan GSM.

Message Center (MXE) berkaitan dengan pengiriman dan penerimaan Short Message Service (SMS, atau pesan teks), *email* dan *voice mail*.

Dua interkoneksi jaringan GSM beroperasi menggunakan Gateway Mobile Services Switching Center (GMSC). Sementara jaringan data yang berbeda terhubung melalui GSM Interworking Unit (GIWU). [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel