Cara Memilih Aplikasi Keyboard Android yang Tepat

4 Mar 2013 12:30 5051 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika ada suatu alasan untuk memilih Android sebagai hp pilihan kita dibandingkan hp-hp pintar lainnya, Android memberikan banyak pilihan bagi peminatnya.

Jika ada suatu alasan untuk memilih Android sebagai hp pilihan kita dibandingkan hp-hp pintar lainnya, Android memberikan banyak pilihan bagi peminatnya. Jika kita melihat dari segi bentuk, aplikasi, ataupun spesifikasi, Android sudah menyediakan hal-hal tersebut dengan berbagai jenis produknya. Hal menarik yang ditawarkan Android yakni penggunaan keyboard. Ada beberapa jenis keyboard yang dapat kita gunakan. Namun, keyboard yang kita gunakan terkadang merubah sistem penggunaan awal seperti perubahan dalam penggunaan bahasa, layouts, dan bahkan adanya tambahan-tambahan fitur yang tidak kita perlukan. Beberapa aplikasi keyboard Andorid mengharuskan kita sebagai penggunanya untuk membeli dengan sejumlah harga yang ditawarkan. Kali ini kita akan membahas beberapa aplikasi keyboard untuk Android dengan harga cuma-cuma alias gratis!!!!

Fitur-fitur Keyboard Android

Sebelum menentukan penggunaan aplikasi keyboard Android yang diinginkan , pertama tentunya kita perlu mengetahui keyboard seperti apa yang benar-benar dibutuhkan sesuai dengan kebiasaan yang kita miliki. Berikut beberapa hal dalam penggunaan keyboard Android:

  • Predictive typing

Jenis ini menunjukan bahwa kita adalah orang yang menggunakan keyboard Android dengan pengetikan secara cepat huruf demi huruf dan didukung dengan HP yang memiliki aplikasi pemeriksa kata benar dan salah mengenai apa yang kita tulis. Jika kita merasa sering menekan tombol backspace, kemungkinan besar kategori ini tidak sesuai dengan karakter kita karena tidak sesuai dalam menggunakan jenis penulisan seperti ini.

  • Swipe typing

Swipe typing berbeda dengan menekan, jenis ini memperbolehkan kita untuk mengayunkan jemari secara lembut dari huruf ke huruf, kemudian keyboard akan menguraikan atau memperlihatkan kata apa yang kita butuhkan untuk ditulis. Jenis penggunaan penulisan ini sangat baik jika digabungkan dengan sistem penulisan predictive typing.

  • Customization

Kita dapat melakukan banyak hal dengan jenis customization ini. Kita dapat merubah susunan keyboard, menggunakan beberapa jenis bahasa, mengubah warna huruf dan tema keyboard. Customization salah satu poin penting dalam jenis keyboard Android.

  • Aesthetics

Begitu banyak orang malas mengetik pada keyboard karena merasa kesulitan untuk menekan huruf yang dimaksudkan. Atau mungkin kita salah satu di antaranya. Tak ada salahnya bukan jika kita mengidamkan keyboard yang nyaman untuk digunakan dan memiliki penampilan yang menarik. Apalagi bagi kita yang sering sekali mengetik untuk mengirim pesan singkat kepada kerabat. Tentu penampilan menjadi hal yang perlu kita perhatikan.

Sekarang saatnya kita melihat beberapa aplikasi keyboard Android yang tentunya gratis yang mengadapatasi jenis-jenis penulisan dalam keyboard yang telah di bahas tadi. Berikut adalah beberapa jenis keyboard Android yang disarankan:

a. Swiftkey Flow

Swiftkey Flow mungkin hampir memiliki segala apa yang kita idamkan dalam penggunaan keyboard Android. Jenis penulisan dengan swipe typing yang merupakan fitur penulisan terbaru, predictive typing yang memiliki akurasi kata dengan baik, beberapa fitur dari jenis customization, dikemas dalam Swiftkey Flow. Meskipun ini masih dalam status penggunaan beta, akan tetapi jenis keyboard ini sangat luar biasa bagus. Swiftkey Flow dapat memprediksi huruf yang sering kita gunakan.

b. Swype

Swype merupakan aplikasi keyboard untuk Android akan tetapi aplikasi ini tidak tersedia di Google Play seperti biasanya. Jadi kita harus mengunjungi ke Website resmi Swype secara langsung dan mengikuti instruksi untuk proses penggunaannya. Swype memiliki kemewahan yang lebih dalam mengetik. Pengetikan yang sangat ringan dan lebut dapat digunakan sekalipun dalam hp Android lama. Swype dapat mengenal jenis tulisan dan mengenal suara (meskipun masih ada beberap orang yang menilai pengenalan suara Swype masih kurang baik).

c. Smart Keyboard

Smart Keyboard ini tidak begitu memiliki banyak fitur-fitur canggih seperti keyboard lainnya. Tidak ada swipe typing, tidak ada gesture, tidak ada predictive typing. Jenis ini seperti jenis keyboard biasanya, tapi kenapa jenis ini dapat dikatakan sebagai jenis smart? Salah satu keunggulannya yaitu kita bisa mengganti penampilan luar keyboard dengan sangat mudah. Jenis keyboardini menggunakan sistem open-source keyboard formatting, dengan kata lain kita dapat mengubah dan mengatur penampilan keyboard yang kita inginkan. Hal lainnya yang membuat keyboard ini menonjol yaitu memiliki opsi untuk merubah ukuran keyboard sehingga dapat disesuakan dengan jemari penggunanya.

Kesimpulan

Apapun jenis pengetikan yang ada seperti predictive typing, swipe typing, customizability, aesthetics, atau bahkan yang lainnya, beberapa jenis keyboard yang dijabarkan di atas sudah dapat mewakili kebutuhan anda sebenarnya. Jenis-jenis keyboard di atas merupakan saran untuk penggunaan keyboard Android. Tentukan pilihan sesuai dengan apa yang anda butuhkan !!![RNH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel