Zamzar - Cara Convert Online Untuk Mengubah File dengan Mudah

11 Mar 2013 15:30 2603 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Software membuat komputer menjadi hidup. Untuk sesuatu yang kecil saja, misalnya mendengarkan musik atau menonton video, kita memerlukan software. Namun sayangnya, tidak semua software dapat membuka file yang kita inginkan.

Software membuat komputer menjadi hidup. Untuk sesuatu yang kecil saja, misalnya mendengarkan musik atau menonton video, kita memerlukan software. Namun sayangnya, tidak semua software dapat membuka file yang kita inginkan.

Inilah salah satu problem dalam dunia software, dimana banyak terdapat program komputer berbeda-beda yang tidak kesemuanya dapat membuka tipe file yang berbeda, dan inilah yang menjadi permasalahan dari waktu ke waktu. Misalnya, Anda memiliki file document yang tidak bisa Anda buka pada suatu program, maka dengan ini Anda perlu mencari program lain yang kompatibel dengan file yang akan Anda buka tersebut. Berikut cara convert online dari Plimbi:

Mungkin juga Anda pernah mengalami masalah dimana ponsel Anda tidak dapat memutar suatu file audio karena tidak kompatibel. Selanjutnya, Anda akan menggunakan program converter yang ada di komputer Anda untuk mengubah file tersebut ke file yang kompatibel dengan ponsel milik Anda. Ya, masalah Anda memang terselesaikan, tetapi ada solusi lain yang lebih praktis dengan menggunakan program converter online bernama Zamzar.

Zamzar adalah sebuah program online untuk layanan file converter yang dapat digunakan untuk mengubah suatu file ke dalam format file yang baru tanpa perlau melakukan instalasi software. Jika Anda mendapatkan file melalui pesan email dan Anda tidak dapat membukanya, atau mungkin Anda akan melihatnya tanpa menggunakan software lain, Zamzar adalah program yang perlu Anda lihat lebih dalam lagi.

Pertama kali yang Anda pikirkan saat membuka program converter online ini mungkin adalah tampilannya yang biasa saja dan tidak memberikan sisi elegan. Sederhana, namun memiliki berbagai hal penting didalamnya, inilah yang akan Anda dapatkan dari Zamzar. Program converter ini mendukung berbagai macam format file, termasuk gambar, audio, ebook, video, dan lain sebagainya. Dengan semua tipe file yang bisa Anda lihat pada daftar dididalamnya, Zamzar merupakan program converter yang lengkap dan juga praktis.

Karena ini adalah suatu program online, Anda perlu meng-upload file yang ingin Anda convert. Mungkin Anda akan berpikir tentang keamanannya, dan bisa saja Anda khawatir jika file yang akan Anda convert adalah file yang sensitif dan tidak untuk publik. Namun kekhawatiran Anda akan berkurang karena program ini mengklaim jika semua file yang Anda masukkan akan terjaga dengan aman.

Saat Anda akan meng-convert file, file dapat di-upload melalui berbagai cara. Opsi pertama adalah Browse, dimana akan menuju pada hard drive dalam Explorer. Tetapi, opsi yang lebih mudah adalah dengan melakukan drag file pada area drop yang disediakan. Setelah file di-upload, Zamzar akan mendeteksi file, dan menentukan format yang sesuai untuk proses converting. Kemudian, Anda dapat menggunakan menu dalam area Step 2 untuk memilih format yang direkomendasikan. Setelah memutuskan format file yang yang akan digunakan, Anda perlu untuk memasukkan alamat email. Ini adalah cara Zamzar dalam mengirim file yang Anda convert, dengan mengirim link ke email setelah proses converting selesai, jadi Anda dapat mengunduh file tersebut setelahnya. Klik pada tombol Convert, tunggu pesan email dan kemudian Anda bisa mengunduh file yang telah Anda convert. Berapa lamanya waktu yang dibutuhkan dalam proses tergantung pada tipe file yang Anda masukkan dan seberapa besar ukurannya, tetapi secara umum proses akan berjalan dengan cepat. Anda akan diberi waktu 24 jam untuk mengunduh file tersebut, jadi gunakan sebaik-baiknya.

Jika Anda tidak puas dengan fasilitas yang diberikan, Anda dapat memilih paket yang diberikan oleh program converter online ini. Versi gratis hanya akan membatasi Anda dengan ukuran file hingga 100 MB. Namun, jika Anda ingin meningkatkannya hingga 200 MB, Anda bisa mengambil paket Basic dengan biaya $ 7 per bulan atau jika ingin ukuan file hingga 400 MB, Anda perlu memanfaatkan paket Pro dengan biaya $ 16 per bulan.

Zamzar mungkin saja bukan merupakan program yang akan Anda gunakan setiap hari. Namun, ini adalah satu program converter online yang bekerja dengan baik dan praktis, yang jika Anda membutuhkannya sewaktu-waktu, Anda tidak perlu menggunakan software dalam mengubah file yang Anda inginkan ke format file lainnya. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel