Apa Yang Membedakan TV Full HD Dengan TV HD Ready?

27 Feb 2013 20:00 36389 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Istilah serupa namun tak sama tentunya menimbulkan kebingungan tersendiri bagi calon pembeli. Lalu apakah perbedaan antara TV Full HD dengan TV HD Ready tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Semakin hari, semakin banyak jenis televisi yang beredar di pasaran. Banyaknya jenis televisi yang beredar tersebut juga membawa berbagai istilah baru yang cukup asing di telinga kita. Istilah-istilah seperti LCD, LED, Plasma, HDTV, Smart TV, dan lainnya seringkali membuat kita bingung ketika ingin membeli sebuah TV. Salah satu jenis televisi yang menjadi primadona saat ini adalah televisi high definition atau yang biasa disingkat sebagai HDTV. Nah, yang menjadi masalah sekarang adalah jenis-jenis televisi yang ada di dalam kategori HDTV tersebut.

Seperti yang sering kita lihat, banyak vendor televisi yang mencantumkan label "Full HD” ataupun "HD Ready” pada produk televisinya. Istilah serupa namun tak sama tersebut tentunya menimbulkan kebingungan tersendiri bagi calon pembeli. Lalu apakah perbedaan antara TV Full HD dengan TV HD Ready tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

HD Ready di Amerika Serikat Di Amerika Serikat, istilah HD ready dipakai untuk menyebut monitor yang memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar high definition (720p, 1080i, atau 1080p). Istilah ini hanya berlaku untuk monitor yang tidak memiliki HD Tuner saja, sehingga dapat dipakai untuk komputer atau keperluan lain. Dengan begitu, sebuah televisi yang memiliki kemampuan menampilkan gambar HD tidak akan disebut HD Ready di Amerika.

HD Ready di Eropa Istilah HD Ready yang dipakai di Eropa berbeda dengan istilah serupa yang dipakai di Amerika. Pada tahun 2005, sebuah asosiasi industry yang bernama EICTA alias DIGITALEUROPE membuat sebuah standar baku untuk istilah HD Ready. Sebuah televisi yang ingin dilabeli sebagai HD Ready harus memiliki resolusi 720p dan mampu menerima input dari HDMI ataupun DVI yang memiliki proteksi (HDCP). Selain itu, terdapat juga sebuah standar yang disebut sebagai HD Ready 1080p. Untuk memiliki standar ini, sebuah televisi harus memiliki resolusi sebesar 1920 x 1080. Televisi tersebut juga harus memiliki kemampuan untuk menampilkan video sebesar 1080p dan 1080i tanpa *overscan* dan distorsi.

Full HD Istilah Full HD biasanya digunakan dalam istilah marketing televisi di berbagai belahan dunia. Tentu saja istilah ini bukanlah standar yang dibuat oleh pemerintah atau organisasi tertentu. Full HD biasanya digunakan sebagai sinonim dari 1080p, yang berarti televisi tersebut sudah mampu menampilkan video high definition sepenuhnya. Televisi 1080p sendiri memiliki resolusi sebesar 1920 x 1080. Karena istilah Full HD sendiri hanyalah sebuah istilah dalam dunia perdagangan, maka istilah tersebut sama sekali tidak menunjukan perbedaan kualitas pada televisi 1080p. Bisa saja sebuah televisi yang diberi label Full HD ternyata tidak bisa melakukan 1-to-1 pixel mapping ataupun tidak bisa menampilkan dengan sempurna sebuah video berkualitas 1080p. Oleh karena itu Anda harus benar-benar melihat spesifikasi dari sebuah televisi dan jangan hanya terpaku pada label Full HD yang dimilikinya.

Kesimpulan Setelah Anda mengetahui perbedaan dari istilah "HD Ready” dan "Full HD”, sekarang mari kita berlanjut untuk menjawab pertanyaan yang cukup penting. Perlukah kita membeli TV Full HD? Jawaban dari pertanyaan itu adalah tergantung kebutuhan Anda. Hal terpenting yang harus Anda ketahui adalah bahwa televisi berlabel HD Ready (720p) memiliki jumlah piksel yang lebih sedikit ketimbang televisi berlabel Full HD (1080p). Kedua istilah tersebut hanya mengacu kepada resolusi tanpa ada kaitan sama sekali dengan kualitas gambar, akurasi warna, kecerahan, dan hal-hal lain yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas gambar. Televisi dengan resolusi 1080p mungkin akan memiliki gambar yang lebih tajam dibanding televisi 720p.

Perbedaan tersebut akan semakin jelas jika televisi tersebut memiliki ukuran yang besar ataupun jika kita menontonnya dari jarak tertentu. Anda akan melihat sebuah perbedaan yang jelas diantara keduanya jika melihat sebuah televisi berukuran 51” dari jarak 2 meter. Namun jika Anda melihatnya dari jarak 3 meter ke atas, maka perbedaan itu mungkin tidak akan terihat. Oleh karena itu, anda harus benar-benar memperhatikan sebuah spesifikasi televisi sebelum membelinya tanpa perlu tertipu oleh istilah HD Ready ataupun Full HD. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel