Cara Mengoptimalkan Kinerja Komputer dalam Memainkan Video

14 Dec 2012 19:30 3626 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kembali ke masa lalu, tentu kita masih ingat ketika kita menonton film menggunakan media pemutar disc seperti dvd player dan vcd player yang dihubungkan dengan televisi. Tahun-tahun berikutnya, zaman telah berubah. Penggunaan dvd atau vcd player terah tergerus oleh perkembangan teknologi.

Kembali ke masa lalu, tentu kita masih ingat ketika kita menonton film menggunakan media pemutar disc seperti dvd player dan vcd player yang dihubungkan dengan televisi. Tahun-tahun berikutnya, zaman telah berubah. Penggunaan dvd atau vcd player terah tergerus oleh perkembangan teknologi. Turut berkembangnya internet, menjadi salah satu andil besar dalam hal ini.

Sekarang, dengan bermunculannya situs streaming video seperti YouTube, kita dapat memainkan video melalui komputer. Era menonton film melalui dvd dan vcd player tengah di ujung tanduk, dan lama kelamaan akan terganti dengan metode menonton melalui komputer. Situs berbagi dan streaming video yang banyak bermunculan tersebut adalah tempat utama bagi orang-orang yang berbondong-bondong mengaksesnya dengan mudah, mematahkan dominasi dvd dan vcd. Bisa saja beberapa waktu lagi, ketika kita akan menonton film bersama keluarga, maka media yang digunakan untuk memainkan video adalah komputer. Dengan konten-konten yang lengkap di internet dan kualitas video yang baik, bukan tidak mungkin hal ini akan terjadi.

Namun bagaimanapun kualitas video itu baik, tidak semua pengguna komputer dapat mengoptimalkan komputernya dalam memainkan video yang diinginkan. Beberapa pengguna mengalami gangguan yang berhubungan dengan codec, player, layanan, dan juga performa komputer. Ada berbagai jalan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan komputer agar dapat memainkan video dengan kinerja yang mumpuni. Pada artikel ini Plimbi akan memberikan sedikit tips mengenai cara mengoptimalkan kinerja komputer yang bisa Anda lakukan.

Lalu apa saja yang perlu Anda lakukan? Hal pertama yang perlu Anda lakukan, yang terdengar aneh namun tetap penting sebagai solusi perbaikan masalah komputer dengan cara simpel, adalah melakukan update driver, terutama untuk area display. Untuk bagian ini, Anda dapat mengunjungi laman website dari pabrikan komputer Anda, untuk menjaga agar Anda tidak melewatkan update yang penting. Sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan program Device Doctor untuk mendapatkan info update driver terbaru. Setelah Anda melakukan update, jangan lupa untuk me-restart komputer Anda.

Masalah dengan software kerap menjadi sandungan dalam memainkan video di komputer. Dengan memasukkan codec baru, Anda dapat memainkan berbagai format video seperti MKV, AVI, WMV, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak ingin repot memasukkan codec ke software, maka Anda dapat menggunakan software seperti VLC Media Player. Software untuk media player ini dapat memainkan hampir semua format video. Dan akan jarang terjadi saat VLC tidak dapat memainkan video Anda.

Untuk mendapatkan file video terbaik, Anda dapat mengunjungi situs streaming video seperti YouTube. Jika dirasa kesulitan, Anda dapat menggunakan situs download video online untuk mendapatkan video dengan kualitas yang diinginkan. Video dengan kualitas 720p, sudah lumayan untuk dimainkan di komputer dengan gambar yang jernih dan suara yang cemerlang. Bagi pecinta film, internet telah banyak menyediakan situs streaming video khusus untuk film, seperti misalnya Hulu. Tak dapat diragukan memang, internet telah mengubah cara pandang kita dalam menonton video.

Anda telah memiliki film di dalam komputer? Tak lengkap rasanya jika film yang Anda tonton tidak menampilkan subtitle yang dapat membuat kita lebih memahami isi dari sebuah film. Situs penyedia layanan film, biasanya tidak menyertakan subtitle didalamnya. Untuk itu, Anda perlu mengunjungi situs penyedia subtitle berbagai film seperti Subs.to dan Subscene.com agar sensasi menonton film menjadi sempurna. Kebanyakan software media player dapat membaca subtitle dengan format file SRT, dan menempatkannya pada folder yang sama dengan file video, dan dengan nama yang sama dengan file video tersebut. Sebagai contoh, jika Anda memiliki film dengan nama video Inception.avi, maka Anda akan memberi file SRT dengan nama Inception.srt, dan tempatkan file srt ini satu folder dengan file avi.

Selain bagian internal, bagian eksternal seperti komponen speaker juga perlu Anda tempatkan pada posisi yang tepat agar dapat bekerja maksimal. Anda dapat menempatkannya pada posisi ideal yang enak dengan telinga Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur kualiatas suara melalui komputer.

Memainkan video melalui komputer adalah suatu zaman baru. Dengan penggunaan teknologi televisi masa kini, maka menghubungkannya dengan komputer yang telah optimal untuk memainkan video, adalah suatu hal yang menakjubkan dalam hal kualitas video yang nantinya akan ditampilakan. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel