Tips Membeli Laptop di Masa Mendatang: Apa-apa Saja yang Perlu Kita Perhatikan?

28 Feb 2013 09:30 2627 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sekarang ini adalah waktu yang menentukan bagi komputer. Berbagai prediksi menyatakan bahwa teknologi PC akan segera mati,

Sekarang ini adalah waktu yang menentukan bagi komputer. Berbagai prediksi menyatakan bahwa teknologi PC akan segera mati, komputer sudah tidak menjadi pilihan masyarakat nantinya. Tetapi, jika teknogi komputer mengikuti tren, maka ini merupakan suatu langkah yang dapat mengangkat kembali pamor PC. Teknologi seperti touchscreen dan prosessor yang efisien perlu untuk di garis bawahi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tips membeli laptop dari Plimbi.

Perubahan dengan teknologi-teknologi tersebut juga akan berpengaruh pada laptop atau notebook, dimana membuat kegiatan membeli laptop di waktu mendatang akan berbeda tidak seperti waktu-waktu sebelumnya. Pilihan dasar untuk membeli laptop masih sama, seperti misalnya melihat prosessor dan besaran layar, namun berbagai alternatif spesifikasi lain menjadi hal yang juga patut diperhatikan pada waktu sekarang ini.

Perubahan yang paling kentara dalam dunia laptop adalah laptop mudah berubah bentuk atau convertible. Ini adalah suatu hal yang menjanjikan, dengan jumlah jenis laptop seperti ini terus berkembang sejak di-realease-nya Windows 8. Satu hal yang patut Anda pikirkan kembali sebelum Anda membeli laptop adalah, apakah Anda membutuhkan laptop dengan perubahan bentuk ini? Sekarang, laptop dengan fitur ini dapat merubah dirinya menjadi tablet PC dengan hanya menggeser layarnya, dan jadilah tablet yang mengeliminasi keyboard dari laptop. Cara seperti ini merupakan pilihan yang bagus bagi orang yang menginginkan kepraktisan.

Praktis memang isu yang tepat dilemparkan bagi orang-orang yang lebih memilih menggunakan tablet untuk aktifitas sehari-harinya. Namun, disamping itu, untuk kemudahan dalam mengetik atau melaksanakan suatu tugas, laptop adalah suatu pilihan yang tepat. Dengan ini, laptop yang convertible atau mudah diubah ini dapat meminimalisir biaya yang mungkin akan kita keluarkan untuk dua device, yaitu tablet dan laptop. Karena dengan laptop yang convertible ini, kita telah dapat menggabungkan dua device tersebut.

Jika Anda memilih membeli laptop yang convertible, maka Anda akan mendapatkan timbal balik berupa layar sentuh. Ini adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan, terutama karena tablet yang ada di dalam laptop ini, yang tentu saja akan menggunakan teknologi layar sentuh. Layar seperti ini tidak asing lagi bagi banyak orang yang menggunakan smartphone. Layar sentuh pada laptop, dengan teknologinya sekarang ini, akan memiliki proses yang cepat, dan akan mudah digunakan tanpa melalui hal yang bertele-tele. Pengguna yang sering menggunakan layar sentuh pada perangkatnya mungkin akan lebih memilih menggunakan teknologi ini dibanding menggunakan keyboard ataupun touchpad.

Sebagian pengguna lain mungkin juga tidak nyaman dengan penggunaan touchscreen ini. Mereka tidak mengambil keuntungan dari teknologi layar sentuh, dikarenakan kenyamanan laptop untuk mengetik. Dengan laptop yang diletakkan pada meja dan posisi mengetik yang tepat, ini akan lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan menggunakan layar sentuh. Entah Anda termasuk golongan orang yang nyaman memanfaatkan touchscreen atau tidak, layar sentuh adalah suatu resiko yang akan Anda dapatkan jika Anda membeli laptop yang convertible di waktu mendatang.

Sekarang, mana yang Anda butuhkan, apakah performa atau kepraktisan? Produk dengan performa mumpuni, seperti Intel Core i7 quad, akan memberikan Anda suatu kinerja yang meakjubkan, dan dapat menjalankan tugas yang berat tanpa mengalami kendala berarti. Apabila Anda menginginkan kepraktisan, seperti penggunaan Intel Core U, yang akan menjaga daya tahan baterai, maka ada resiko performa yang akan dipangkas. Laptop seperti ini cocok bagi Anda yang suka bepergian.

Tidak lengkap rasanya jika kita akan membeli laptop namun tidak memperhatikan resolusi layarnya. Layar laptop telah berkembang secara signifikan, dan kini laptop bisa mencapai resolusi 1600 x 900 atau 1080p. Dengan layar seperti ini, Anda akan menikmati sajian gambar yang jernih dan tampilan layar yang maksimal. Satu hal yang patut Anda perhatikan jika membeli laptop dengan memperhatikan layar adalah harga. Layar yang memiliki resolusi baik akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Laptop seperti apa yang akan Anda beli sekarang, atau pada waktu mendatang? Jika dulu mungkin kita lebih memperhatikan prosessor, namun sekarang ini banyak alternatif lain yang juga perlu Anda perhatikan. Laptop yang bisa diubah menjadi tablet dengan layar sentuh? Mengapa tidak?[DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel