Kenali Lebih Dalam Perkembangan Desain Apple Mac Sejauh Ini

27 Feb 2013 08:00 5482 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apple telah mendesain perangkat iMac secara radikal. Dengan fitur-fitur terbarunya, perusahaan asal Amerika Serikat ini memberikan solusi terbaru dalam hal media penyimpanan data internal dan layar lebih lebar. Pada akhir tahun 2012 lalu Apple telah merampingkan ukuran perangkat 5mm lebih kecil.

Apple memang selalu tampak begitu sibuk dengan aktifitasnya memperkenalkan teknologi terbaru mereka setiap tahun. Hampir setiap tahun Mac terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. MacBook terakhir yang diluncurkan sendiri memberikan Anda layar Retina yang diklaim sebagai layar notebook beresolusi tertinggi di dunia. Apple telah mendesain perangkat iMac secara radikal. Dengan fitur-fitur terbarunya, perusahaan asal Amerika Serikat ini memberikan solusi terbaru dalam hal media penyimpanan data internal dan layar lebih lebar. Pada akhir tahun 2012 lalu Apple telah merampingkan ukuran perangkat 5mm lebih kecil. Dan secara volume keseluruhan, produk tersebut 40% lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya. Tantangan pertama yang harus dihadapi para teknisi Apple adalah memperbaiki bagian depan Apple Mac. Hasilnya, tidak seperti pada model iMac sebelumnya dimana terdapat dua milimeter jarak antara layar LCD dan lapisan kacanya, pada desain terbarunya para teknisi berhasil menekan lapisan kaca tersebut dengan sebuah proses yang mereka sebut sebagai proses laminasi sepenuhnya.

Proses itu sebelumnya telah digunakann pada perangkat tablet, dan hal tersebut terhitung pertama kalinya dilakukan pada sebuah layar besar. LCD yang digunakan pada Apple Mac terbaru 5mm lebih tipis dibandingkan sebelumnya. Namun proses laminasi berhasil memangkan beberapa milimeter ketebalan layar. Oleh sebab itu cahaya tidak akan lagi terpantul dari layar LCD atau dari bagian belakang lapisan kaca. Lapisan anti pantulan itu menggunakan sebuah material kaca yang telah direvisi terlebih dahulu melalui sebuah proses bernama desposisi plasma. Proses itu memungkinkan Apple untuk melindungi kaca dengan lapisan silikon dioksida dan niobium pentosida yang sangat tipis. Berkat kedua lapisan itu pula pengurangan pantulan dari bagian depan layar dapat terjadi tanpa mempengaruhi integritas warna dalam layar. Sejatinya, desain tersebut diperuntukkan bagi lapisan transparan yang lebih kecil seperti lensa kamera. Tapi para teknisi Apple telah membuat skala yang cocok untuk digunakan pada iMac 21-inci atau 27 inci.

Sayangnya Apple belum juga mendesain ulang optical drive mereka. Bahkan ini bukan kali pertama mereka meminggirkan perubahan pada mesinnya tersebut. Hal itu terlihat ketidakmampuan MacBook Air atau bahkan Mac Mini untuk membaca program baik dari CD ataupun DVD. Oleh sebab itu Anda masih memerlukan sebuah drive eksternal untuk melakukannya. Apple Mac dan iMac sebelumnya memang memberikan Anda hard drive standar untuk digunakan sebagai opsi konfigurasi. Sayangnya Mac terbaru memberikan pilihan yang lebih sulit. Pertama adalah membeli sebuah Mac mini dari Apple Store secara online, membeli berbagai produk iMac diluar model pada umumnya, atau Anda dapat memilih sebuah Fusion Drive terbaru. Fusion Drive sendiri memang mampu berjalan tiga kali lebih cepat dibandingkan hard drive biasa.

Berdasarkan penuturan Apple Inc. Anda akan menikmati waktu singkat Anda seperti halnya sistem yang mereka buat mempelajari bagaimana cara kerja Anda. Perusahaan ini akan memberikan pengalaman meluncurkan sebuah apllikasi yang lebih cepat. Memang ada beberapa hard drive lain yang dapat Anda manfaatkan seperti Seagate Momentus XT. Teapi Fusion Driver merupakan sebuah pembeda. Pasalnya selain diproduksi oleh Apple sendiri yang secara langsung mampu terintegrasi ke dalam OS X, Fusion merupakan solusi bagi media penyimpanan data 128GB. Hal tersebut memang masih menjadi sebagian kecil desain yang Apple tawarkan kepada Anda. Dengan kesibukan setiap bulannya, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini siap menyambut teknologi terbarunya agar Mac mampu berada pada tingkatan lebih tinggi di pasaran. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel