Bagaimana Cara Install Microsoft Windows 8 Pada MacBook Air

21 Sep 2012 13:00 7783 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Microsoft Windows 8 direncanakan akan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang, dan tidak dapat disangkal lagi bahwa Microsoft membuat langkah besar dengan iterasi terbaru dari sistem operasi andalannya.

Microsoft Windows 8 direncanakan akan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang, dan tidak dapat disangkal lagi bahwa Microsoft membuat langkah besar dengan iterasi terbaru dari sistem operasi andalannya. Jika Anda membaca artikel ini, dan Anda seorang pengguna Mac OS X, memang tidak berarti Anda harus tidak tertarik dengan sistem operasi teranyar dari Windows. Namun jika Microsoft Windows 8 telah menarik minat Anda, mengapa tidak untuk mencobanya? Selama sistem operasi yang asli belum diluncurkan, Anda dapat mengunduh preview-nya secara gratis.

Anda bisa mencoba Windows 8 ini pada Mac OS X Anda tanpa harus mengganti perangkat menjadi Windows. Maka pada artikel kali ini Plimbi akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menginstal Windows 8 pada Mac OS X Anda pada partisi yang terpisah pada MacBook Air Anda.

Unduh Windows 8 Release Preview Sebuah Release Preview merupakan sebuah rilisan yang mana untuk mengobati rasa penasaran Anda bagaimanakah sistem operasi ini ketika dirilis nantinya. Sebuah perbaikan pada bug kemungkinan akan ditambahkan, tetapi fungsionalitas inti harus tetap sama. Sementara sistem operasi resmi belum diluncurkan, Anda dapat mengunduh Release Preview secara gratis.

Namun Anda harus membeli salinan jika Anda ingin terus menggunakan sistem operasi ini. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menjalankan Windows 8 pada MacBook Air Anda yakni tentunya harus mengunduh Windows 8 Release Preview. Anda dapat memilih antara versi 32-bit, 64-bit dan tentunya juga bahasa yang disesuaikan. Tuliskan kode serial yang tercantum di bawah unduhan, karena Anda akan membutuhkannya meskipun sedikit. Untuk mengunduh Windows 8 Release Preview, Anda bisa langsung mengunduhnya di sini.

Buat Bootable USB Stick menggunakan Boot Camp Assistant Anda mungkin pernah melihat kurangnya optical drive di MacBook Air Anda. Jangan khawatir dengan hal itu, Anda bisa menciptakan sebuah USB Stick Bootable untuk menggantikan disk instalasi tradisional. Anda akan membutuhkan USB stick yang cukup besar, setidaknya 4GB.

Back up semua konten penting pada USB stick Anda sebelum Anda melangkah lebih jauh, karena ini akan dihapus pada proses. Jalankan Boot Camp Assistant dari Applications > Utilities > Boot Camp Assistant. Pada Boot Camp Assistant, centang ketiga kotak yang ditampilkan. Hal ini akan membuat USB install disk, unduh driver Windows Boot Cam dan mulai instalasi ketika dua proses tadi telah Anda jalankan. Perhatikan bahwa Windows 8 tidak secara resmi didukung, namun kita bisa melolosi ini sebagaimana cara menginstal Windows 7 pada Boot Camp Assistant.

Boot Camp Assistant akan meminta Anda untuk memilih USB flash drive Anda –ini akan muncul secara otomatis dan file ISO dari Windows 8 yang baru saja Anda unduh. Pada langkah selanjutnya, aplikasi akan mengubah USB stick Anda dan mengunduh Windows Support Software. Ini mungkin akan memakan waktu yang lama. Akhirnya, Anda harus menyisihkan ruang disk untuk partisi Windows 8. Microsoft membutuhkan minimal free space sebesar 20GB untuk sistem operasinya, namun yang terbaik adalah meyisihkan setidaknya dua kali jumlah itu, dan banyak lagi jika Anda bisa menyisihkan itu.

Instal Windows 8 Pada awal instalasi, Anda harus memilih drive untuk mengisntal Windows 8 dari daftar partisi. Sebaliknya, pilih partisi yang bernama BOOTCAMP, dan klik tombol Delete. Dengan ruang bebas yang baru masih terpilih, sekarang klik tombol New. Setelah memilih partisi ini sebagai partisi target Anda, Anda harus dapat menyelesaikan instalasi seperti biasa. Namun perlu diperhatikan bahwa jangan menghapus file selain di partisi BOOTCAMP. Install Boot Camp Software Setelah Windows 8 selesai Anda install, direkomendasikan untuk mengisntal Windows Support Software yang diberikan oleh Apple. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan fungsi pada Windows, seperti klik kanan, dan multi-touch scrolling pada Windows 8. Untuk melakukannya, tekan tombol cmd disebelah kiri spacebar Anda untuk pergi ke desktop Windows Anda, dan klik pada ikon Windows Exlporer pada taskbar.

Pilih USB stick Anda di sidebar sebelah kiri, buka folder bernama WindowsSupport, dan double click pada aplikasi setup untuk memulai instalasi. Lalu Anda harus melakukan restart Windows 8 Anda untuk memulai.

Beralih Antara Windows 8 dan Mac OS X Perangkat lunak Boot Camp tidak akan terbuka pada Windows 8 pada saat yang bersamaan, namun Anda dapat menikmati manfaat yang paling penting –seperti trackpad dan tombol fungsi pada Windows. Untuk beralih antara Windows 8 dan Mac OS X, tekan dan tahan tombol option (Alt) saat Anda sedang melakukan restart. Dan pada langkah ini Anda akan dapat memilih sistem operasi pilihan Anda.

Jika komputer Anda diatur untuk boot Windows secara default, maka Anda bisa memperbaikinya dengan cara pergi ke System Preferences > Startup Disk dan pilih partisi Mac OS X . [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel