Lindungi Akun Online Anda Dengan Password Manager, LastPass

1 Mar 2013 11:45 2143 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kemampuan untuk mengingat username dan password adalah hal yang perlu diterapkan pada perkembangan teknologi saat ini. Dalam dunia internet yang terus berputar dengan cepat, tentunya kita akan menggunakan suatu browser sebagai medianya. Browser seperti Firefox, dimana membuat semua data mudah untuk ditampilkan melalui Settings, dan banyak orang yang menggunakan password yang sama pada beberapa situs, ini adalah suatu target yang mudah bagi hacker yang ingin mengambil keuntungan dari hal ini.

Kemampuan untuk mengingat username dan password adalah hal yang perlu diterapkan pada perkembangan teknologi saat ini. Dalam dunia internet yang terus berputar dengan cepat, tentunya kita akan menggunakan suatu browser sebagai medianya. Browser seperti Firefox, dimana membuat semua data mudah untuk ditampilkan melalui Settings, dan banyak orang yang menggunakan password yang sama pada beberapa situs, ini adalah suatu target yang mudah bagi hacker yang ingin mengambil keuntungan dari hal ini.

Satu cara mudah dan gratis untuk mengatasi isu tersebut adalah dengan menggunakan program password manager, dan program seperti ini banyak disediakan di pasaran, namun beberapa diantaranya juga tidak benar-benar bisa dikatakan gratis. Satu yang direkomendasikan adalah program bernama LastPass.

Selain versi gratis, ada juga versi Premium dari program password manager ini dimana berbiaya $ 1 per bulan. Program ini akan membawa pengguna untuk menggunakannya pada perangkat mobile, dan akan bekerja dengan baik pada setiap sistem operasi mobile dan browser yang Anda gunakan.

Dalam setup, Anda akan mendapatkan pilihan berbagai bahasa. Anda juga akan diberi info saat program ini mendeteksi semua browser yang anda install, dan memerintahkan Anda untuk mengaktifkan setiap plugin. Semuanya perlu dihentikan prosesnya selama proses setup berjalan. Ada beberapa minor setup lain, dan kemudian semua data Anda pada berbagai browser akan di-import ke LastPass, dimana akan di-manage nantinya. Anda akan memiliki opsi untuk tidak mengambil semua data yang ada pada browser, tetapi ini akan mengurangi kemanan Anda saat menggunakan password manager ini.

Program ini akan meng-install extension untuk setiap browser yang ditemukan pada komputer. Extension akan menyediakan opsi untuk memberikan Anda kontrol pada saat bekerja dengannya. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan Google Chrome ada beberapa cara untuk mengakses LastPass. Suatu icon akan ditempatkan pada menu bar dan mengaksesnya dari program extension. Pada icon menu bar, ketika Anda klik pada iconnya, Anda akan melihat log on dan daftar opsi yang didalamnya termasuk hal-hal yang Anda inginkan untuk mengontrol akun yang Anda miliki seperti My LastPass Vault, Recently Used, Sites, secure Notes, Fill Forms, Preferences, Help, Tools, Get Premium, dan Save All Entered Data. Di bagian bawah, Anda akan menemukan info untuk akun atau laman page yang sedang Anda kunjungi. Jika Anda menggunakan komputer bersama, maka layanan seperti Google akan menampilkan multiple login untuk setiap akun.

Sajian menu yang ada pada program password manager ini juga perlu untuk diperhatikan. Pertama untuk My LastPass Vault. Menu ini akan membawa Anda ke website yang menampilkan beberapa opsi. Selain itu, ada menu Vault, Form Fill Profiles, Identities, Shares, Credit Monitoring, Enterprise, dan Video. Ada juga menu di sebelah kiri yaitu Settings, Add Profile, User Manual, dan Security Check.

Dari menu-menu tersebut, terdapat beberapa yang menarik seperti Form Fill. Di sini Anda dapat memasukkan semua informasi yang tidak ingin Anda tampilkan pada setiap website seperti nama, email, alamat, nomor telepon, info kartu kredit, dan lainnya. Menu Sites akan menyediakan informasi pada setiap website dimana Anda mendaftarkan akun. Untuk Preferences, Anda akan diberikan daftar opsi untuk notifikasi, pengaturan tombol, dan pengaturan tambahan lainnya.

Berbagai opsi pada password manager ini dapat diakses dengan mengunjungi area Settings, dan kemudian klik pada Tools, lalu pilih Extensions. Scroll ke bawah untuk mencari LastPass dan klik link Options. Ini akan membawa Anda pada hal seperti yang dilakukan Preferences. Secara sekilas memang sama, hanya metode dan lokasinya saja yang berbeda. Untuk setiap browser, tidak ada perbedaan yang berarti tentang bagaimana extension didalamnya bekerja, termasuk pada menu dan opsinya.

Dengan banyaknya layanan password manager yang ada di pasaran, tentunya Anda perlu berhati-hati dalam memilihnya. Pilihan yang salah dapat menyebabkan data Anda malah tercuri dan akan merugikan Anda. LastPass, adalah opsi terbaik yang bisa Anda gunakan, dengan rekomendasi dari berbagai sumber terpercaya. Ini adalah program cross platform dan gratis, namun jika Anda ingin upgrade ke versi premium, maka Anda akan mendapatkan tambahan fitur. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel