Belajar Grammar Inggris Mudah Melalui 3 Situs Ini

22 Feb 2013 08:30 4232 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dikuasai oleh semua orang di jaman globalisasi ini.

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dikuasai oleh semua orang di jaman globalisasi ini. Oleh karena itu tidak heran jika pelajaran bahasa inggris menjadi mata pelajaran wajib di Negara ini pada setiap jenjang pendidikan. Walaupun banyak sekali materi yang kita dapatkan di sekolahan, namun tentu saja masih ada kekurangan yang harus kita tingkatkan. Salah satu kekurangan yang sering didapatkan adalah dalam masalah grammar. Terkadang kita merasa kebingungan kapan harus menggunakan kata "lay” atau "lay”, ataupun berbagai macam permasalahan lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah grammar tersebut, maka pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas 3 buah sumber yang dapat Anda jadikan sumber bacaan untuk memperbaiki kualitas grammar Anda. jika Anda merasa sudah mahir dalam berbicara dan sudah menguasai banyak kosakata dalam bahasa Inggris, maka kini saatnya Anda melengkapi keterampilan tersebut dengan belajar grammar Inggris dari ketiga sumber tersebut.

College Guides

Salah satu sumber terbaik untuk mempelajari grammar adalah artikel atau naskah panduan grammar gratis yang diberikan oleh kampus-kampus ternama secara online dan gratis. Purdue University, the University of Illinois, dan the University of Ottawa merupakan beberapa kampus yang menyediakan panduan grammar yang sangat lengkap di internet. Semua panduan tersebut akan membantu Anda untuk mempelajari aturan grammar dengan mudah. Jika Anda menginginkan sebuah paanduan yang lebih modern dan tidak terkesan kuno seperti ketiga kampus di atas, maka Anda dapat melihat panduan grammar yang ditawarkan oleh College DuPage dan Capital Community College.

Jika Anda malas untuk membaca keseluruhan materi grammar yang disediakan oleh kampus-kampus tersebut, maka Anda bisa menggunakan 2 sumber di bawah ini untuk mempelajari grammar hanya pada kasus-kasus tertentu saja. Dengan begitu, Anda dapat langsung mencari kasus perbedaan antara "lay” dan "lie” tanpa harus terlebih dahulu membaca artikel yang sangat panjang. Situs yang pertama adalah Guide to Grammar and Style yang dibuat oleh salah seorang professor di Rutgers University yang bernama Jack Lynch, Anda dapat mengaksesnya di sini . Situs yang kedua adalah buatan seorang professor dari Washington State University yang bernama Paul Brians, Anda dapat mengaksesnya di sini.

Buku Lengkap Yang Tersedia Secara Online

Anda mungkin tidak pernah membayangkan untuk belajar grammar dari buku cetak yang tersedia secara online. Namun ternyata terdapat buku semacam itu yang sangat bagus untuk Anda jadikan sebagai referensi untuk mempelajari grammar. Selain Anda tidak perlu membayar untuk membeli buku tersebut, menggunakan sebuah buku online juga akan mempermudah Anda untuk mencari topik yang Anda inginkan di dalam situs tersebut. Pasalnya, Anda hanya tinggal menekan tombol search dan menuliskan kata yang Anda cari, maka dalam sekejap hasil pencariannya akan muncul di hadapan Anda.

Salah satu yang bisa Anda dapatkan adalah buku The Elements of Style yang disediakan oleh situs Bartleby.com di sini. Buku tersebut legal untuk Anda unduh karena buku tersebut adalah edisi lama. Karena edisi lama, jadi jangan heran jika isinya tampak aneh dan sedikit ketinggalan jaman jika dibandingkan dengan buku yang ada sekarang.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kamus Merriam-Webster’s Dictionary of English Usage yang disediakan secara gratis oleh Google Books di sini. Kamus tersebut sangatlah lengkap karena memang disediakan khusus untuk mempelajari grammar. Bahkan kamus ini juga menyediakan sejarah dari penggunaan suatu kata dan frasa hingga cara penggunaannya di masa sekarang ini.

Grammar Girl

Sumber terakhir yang dapat Anda kunjungi adalah situs Grammar Girl. Walaupun tidak selengkap sumber-sumber yang telah disebutkan di atas, namun Grammar Girl memberikan penjelasan yang sangat lengkap untuk membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai masalah grammar yang sangat umum. Situs Grammar Girl ini juga menyediakan beberapa podcasts yang dapat Anda dengarkan melalui iPod. Untuk mengunjungi situs ini, Anda dapat mengaksesnya langsung di sini. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel