Masalah Umum Yang Sering Terjadi Pada Saat Mengambil Foto Menggunakan Kamera Handphone

21 Feb 2013 09:30 6131 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sekarang ini, handphone dilengkapi dengan kamera untuk meningkatkan produktifitas kita. Bagi yang hobi berfoto-foto, tentunya kamera pada handphone menjadi nilai lebih bagi penggunanya.

Sekarang ini, handphone dilengkapi dengan kamera untuk meningkatkan produktifitas kita. Bagi yang hobi berfoto-foto, tentunya kamera pada handphone menjadi nilai lebih bagi penggunanya. Selain praktis, handphone berkamera juga memberikan kemudahan dalam pengmbilan foto, baik untuk pekerjaan maupun saat bepergian untuk berlibur. Bermacam-macam kamera menghiasi handphone dengan ukuran resolusi dan kualitas masing-masing.

Pada zaman sekarang ini, kamera handphone telah menjadi suatu kebutuhan. Ketika membeli handphone baru, beberapa orang mempertimbangkan resolusi dan kualitas kamera didalamnya. Kamera adalah sesuatu yang harus ada pada sebuah handphone. Itulah anggapan sebagian orang saat ini. Namun, apakah kamera pada handphone telah bekerja maksimal bagi Anda? Apakah Anda masih menemui masalah dalam pengambilan foto? Berikut ini Plimbi berikan sajian masalah umum yang kerap kali menimpa pada saat pengambilan foto menggunaan kamera handphone, serta cara-cara mengatasinya.

Gambar Blur

Problem yang mudah dilihat dan mungkin paling umum pada setiap handphone saat pengambilan foto adalah hasil foto yang blur, sehingga gambar menjadi tidak jelas. Kamera handphone perlu tetap pada posisinya ketika mengambil foto. Mungkin, untuk mengatasinya Anda selalu memegang handphone saat pengambilan foto dengan dua tangan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pada saat menekan tombol shutter, atau mengkin tap pada layar pada sebagian handphone saat ini, cobalah untuk menekannya terus hingga proses pengambilan foto selesai, dan kemudian baru lepaskan jari Anda dari tombol shutter. Hal ini umntuk menghindari handphone yang bergerak pada saat pengambilan foto, dikarenakan Anda melepas tombol shutter terlebih dahulu sebelum proses selesai. Intensitas cahaya juga cukup mempengaruhi gambar menjadi blur. Semakin sedikit cahaya pada saat pengambilan foto, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan gambar blur. Anda mungkin perlu mencari area yang terang untuk pengambilan foto, atau menggunakan fungsi flash pada kamera handphone Anda.

Mengambil foto subjek yang bergerak

Karena banyak kamera handphone yang memiliki kecepatan shutter tidak memadai, maka bukan merupakan ide yang bagus untuk mengambil foto subjek yang terus bergerak. Untuk mengatasi masalah ini, Anda memerlukan ketepatan dan kecepatan. Kamera handphone sekarang ini telah dilengkapi dengan autofocus, yang bisa Anda manfaatkan. Arahkan focus pada subjek yang bergerak secara tepat, dan pada saat momen yang pas, segera tekan tombol shutter. Atau mungkin jika Anda masih ragu dengan hal tersebut, smartphone, khususnya Android dan iOS, memiliki aplikasi kamera yang menawarkan fungsi multipleshots saat tombol shutter ditekan. Dengan aplikasi tersebut, maka problem Anda saat mengambil foto pada subjek yang bergerak segera teratasi.

Contrast yang tidak tepat

Seperti kebanyakan maslah yang terjadi pada dunia fotografi digital, foto seringkali memiliki contrast yang tidak tepat terutama saat pengambilan foto dengan cahaya yang kurang. Solusi terbaik dari masalah ini adalah menggunakan program edit gambar dan memproses foto yang baru diambil. Memanfaatkan aplikasi yang ada pada smartphone, Anda bisa mendapatkan fitur brightness dan contrast otomatis yang akan meningkatkan kualitas foto Anda.

Gambar yang gelap

Hal paling kentara yang ada pada problem gambar gelap adalah karena tidak cukup cahaya pada saat pengambilan foto berlangsung. Jika kamera handphone Anda tidak memiliki flash, atau Anda mengambil foto di area yang memiliki sedikit cahaya tanpa menggunakan flash, tidak ada hal lain yang perlu dilakukan selain memilih area yang memiliki cahaya lebih pada subjek. Atau bagaimanapun, aktifkan fungsi flash pada kamera handphone Anda.

Backlight

Pada saat pengambilan foto, perhatikanlah backlight. Ini adalah saat dimana banyak cahaya di belakang subjek dibandingkan di depan subjek. Jadi, pastikan cahaya datang dari belakang Anda, dan berada di depan subjek pada saat pengambilan foto.

Kesimpulan

Berfoto adalah sesuatu yang mengasyikkan. Selain sebagai seni, foto juga bisa dimanfaatkan untuk mengenang masa lalu. Menggunakan kamera handphone, Anda dapat mengambil foto dimanapun dan kapanpun Anda berada. Dengan mengatasi problem yang biasa terjadi saat pengambilan foto menggunakan kamera pada handphone, maka pengalaman berfoto Anda akan menjadi lebih baik.[DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel