Pro HDR Camera - Aplikasi Fotografi yang Menghasilkan Kualiitas Layaknya Kamera HDR pada Android

17 Apr 2012 15:30 5877 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebuah aplikasi bernama Pro HDR Camera memungkinkan para pengguna Android mengambil foto HDR secara otomatis tanpa menggunakan tambahan aplikasi lain dengan kualitas terbaik.

Mengabadikan momen-momen berharga di setiap perjalanan Anda merupakan hal yang tidak ternilai harganya. Kehadiran ponsel masa kini memungkinkan Anda mewujudkan hal tersebut, karena kehadiran kamera-kamera bermutu dari sebuah ponsel sangat bisa diandalkan, terlebih lagi Anda tidak perlu membawa kamera saku Anda kemana-mana.

Tidak hanya kehadiran kamera yang mampu menangkap foto dengan baik, namun kehadiran aplikasi pengolah gambar patut diperhitungkan. Menggeliatnya ponsel pintar dengan berbagai pilihan sistem operasi juga turut menyediakan berbagai pilihan aplikasi fotografi, hal ini menjadikan hasil jepretan ponsel berkamera Anda bahkan bisa melebihi hasil dari kamera saku biasa.

Banyak sekali sistem operasi yang bermunculan di pasar ponsel, salah satunya adalah sistem operasi Android yang tengah naik daun, Android hadir dengan membawa ribuan aplikasi-aplikasi yang sangat bermanfaat, termasuk aplikasi fotografi. Tidak cukup pada aplikasi yang disediakannya, Android kelas tinggi telah banyak membekali diri dengan kamera super hingga resolusi 12MP, ditambah lagi berbagai lensa profesional seperti Carl Zeiss.

Paseban pernah membahas sebuah aplikasi khusus iPhone untuk mengambil gambar HDR di sini, sama seperti yang dibahas sebelumnya, kali ini Paseban juga mencoba memberikan aplikasi serupa namun bisa digunakan pada perangkat berbasis Android. Sebuah aplikasi bernama Pro HDR Camera memungkinkan para pengguna Android mengambil foto HDR secara otomatis tanpa menggunakan tambahan aplikasi lain.

Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mengunduh aplikasi Pro HDR Camera yang tersedia di Google Play Store, sayangnya aplikasi Pro HDR Camera ini tidak tersedia gratis, Anda diharuskan membayar sebesar $1,99 untuk mendapatkannya. Setelah berhasil mengunduhnya, install pada perangkat Android Anda baik itu tablet maupun ponsel. Ketika Anda dijalankan, Anda akan disuguhkan viewfinder untuk segera membidik foto. Perlu diperhatikan bahwa dalam memotret suatu objek, aplikasi Pro HDR Camera membutuhkan beberapa detik lebih lama dari kamera pada umumnya, hal ini disebabkan karena aplikasi Pro HDR Camera mengambil beberapa gambar dalam sekali shoot lalu langsung menggabungkannya menjadi suatu foto HDR yang apik.

Jika hasil yang diberikan kurang sesuai dengan keinginan Anda, aplikasi Pro HDR Camera menyediakan sedikit pengaturan, terdapat pengaturan Brightness, Contrast, Saturation, Warmth dan Tint. Dengan adanya kelima pengaturan tersebut, Anda bisa mendapatkan foto HDR dengan kualitas maksimal.

Pro HDR Camera jauh dari kesan sempurna, aplikasi fotografi ini memiliki sedikit kekurangan, salah satu kekurangannya yaitu keterbatasan mengambil foto yang hanya berresolusi 8MP. Ukuran ini terasa kurang dan sangat disayangkan bagi para pengguna yang memiliki kamera berkapasitas 12MP, dengan kekurangan ini berarti detil yang bisa ditangkap kamera otomatis juga akan berkurang.

Kekurangan lainnya adalah tidak tersedia versi gratis dari aplikasi fotografi Pro HDR Camera ini, sehingga akan sulit mendapatkanya, bukan permasalahan harga namun permasalahan cara pembayaran yang terkadang dirasa masih sulit bagi orang Indonesia. Namun secara keseluruhan, Paseban sudah menilai aplikasi Pro HDR Camera cukup baik sebagai jagoan HDR di Android Anda. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel