Konfigurasi Network dari Smartphone iPhone menggunakan Aplikasi IT Tools

25 Feb 2013 13:30 2454 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Siapa saat ini yang tidak mengenal Smartphone? Saat ini penetrasi Smartphone berlangsung besar-besaran. Selain karena harga yang sudah lebih murah tetapi juga kebutuhan manusia akan device yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan phone biasa. Dan saat ini kebutuhan itu mulai tercukupi dengan hadirnya Smartphone dengan fitur-fiturnya yang beragam.

Siapa saat ini yang tidak mengenal Smartphone? Saat ini penetrasi Smartphone berlangsung besar–besaran. Selain karena harga yang sudah lebih murah tetapi juga kebutuhan manusia akan device yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan phone biasa. Dan saat ini kebutuhan itu mulai tercukupi dengan hadirnya Smartphone dengan fitur–fiturnya yang beragam. Dengan menggunakan membuka Smartphone atau pun tablet, orang–orang tidak perlu lagi repot–repot membuka notebook untuk membuka email, membalas email, membaca dokumen, dan hal lain–lain yang membantu dalam pekerjaan.

Dan jaman pekerjaan dengan era BYOD (Bring Own your Device) memberian tekanan dan kemudahan bagi para pekerja untuk bekerja. Dengan konsep BYOD ini, para profesional punya kesempatan untuk membawa barang pribadinya dalam bekerja. Tapi hal ini memberi persoalan ketersediaan tool yang akan digunakan. Smartphone dan tablet menjadi barang paling mudah di gunakan, karena ukuran yang lebih kecil dibandingkan Notebook memberi keleluasaan dalam membawa device tipe ini. Ketersediaan tool di dalam Smartphone ini menjadi pertimbangan kita dalam bekerja untuk menggunakan Smartphone atau Tablet. iPhone salah satu Smartphone yang cukup kuat digunakan sebagai alat bekerja karena kemampuan dari hardware yang ada di dalamnya.

Berikut ini beberapa tools yang bisa digunakan oleh para IT profesional, terutama Network Administrator dan Network Engineering :

IT Tools

IT Tools salah satu aplikasi yang sangat bisa digunakan, terutama oleh para Network Administration dan Network Engineering. Karena di dalamnya terdapat fitur continuous TraceRoute, DNS lookup, ping, routing tables, ARP tables, Interface statistics, list of active connection dan lainnya. Selain it IT Tools mendukung IPv6.

Continuous Traceroute

Menyediakan detail dari konfigurasi network hop ke host destination. Mampu memberikan rincian dari jalur network dengan cepat, sekitar 5 detik. Setelah jalur tersedia, aplikasi akan terus melakukan ping ada setiap hop untuk menyediakan statistik.

Configurable start and max TTL, interval and payload size

  • Choose which interface to use

  • Lists all hostnames that respond to each hop

DNS

Memiliki kemampuan untuk mendeteksi DNS saat Ip address di masukkan dan akan mencari PTR record. Support terhadap Recording DNS seperti A, AAAA, CNAME, LOC, MX, NS, SRV, TXT. Memberikan informasi LOC dan GPOS record. Memiliki fitur untuk mem-force DNS lookup over TCP untuk mendapatkan diagnosa DNS server issues (saat error). Memiliki kemampuan untuk melakukan respon DNS secara full, baik dari header, question, answer, authority, dan Additional section.

Ping

Ping merupakan fitur Standar dari IT Tools, karena fitur Ping merupakan aplikasi yang sudah lumrah di dalam Tools Network. Mengkonfigurasi TTl, Payload size, dan interval. Memiliki fitur interface yang bisa di pilih. Saat IT tools melakukan ping, Screen akan di jaga agar tidak masuk ke dalam model Sleep jika Proses Ping berlangsung lama. Muncul pesan suara jika terjadi error atau ada respon balik. Memiliki fitur ARP table, jika kita melakukan broadcast ping ke semua address, nilai dari respon akan di simpan di dalam ARP table.

Whois: Dengan menggunakan fitur ini kita bisa melihat secara detail host, alamat IP, dan informasi lainnya. Akan secara otomatis mendetek whois dari server.

Routing table: Route statistik akan di dapatkan secara real time. Sangat berguna untuk mendiagnosa error dari Wifi dan konfigurasi VPN.

Interface: Menstore semua network interface ke dalam device milik kita. network statistik akan terus di update secara real time. Menggunakan fitur Wifi dan WWAN IP Address. Menggunakan fitur Wifi SSID dan BSSID.

Ative network Connections: Mendengarkan semua port / soket server yang terbuka. Bisa melakukan koneksi remote server dari Ip dan hostname.

ARP: Address Resolution Protocol: Mendisplay MAC address hardware dari Alamat IP yang di dapatkan.

NDP: Ipv6 Neighbor Discovery Protocol: Mendukung router yang menggunaan IPv6 dan jaringan yang menggunakannya.

Fitur lain yang ada di dalam IT Tools, menstore MAC address database, melihat nama manufaktur dan MAC Address dari setiap device. Aplikasi IT Tools ini tersedia untuk platform Apple iPhone dan iPad. Anda bisa mendownloadnya di sini. [ENJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel