J. Haryadi - Penulis, Motivator, Serta pengusaha Yang Periang dan Penuh Semangat

19 Feb 2013 11:15 4077 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Namanya Ir. Jumari Haryadi (J. Haryadi), dilahirkan di Kotabumi, Lampung Utara, pada Jum-at, 21 Januari 1966. Putra pertama dari seorang pensiunan perwira menengah TNI ini menghabiskan masa kecilnya sampai tamat SMA di kota kelahirannya.

Namanya Ir. Jumari Haryadi J. Haryadi, dilahirkan di Kotabumi, Lampung Utara, pada Jum’at, 21 Januari 1966. Putra pertama dari seorang pensiunan perwira menengah TNI ini menghabiskan masa kecilnya sampai tamat SMA di kota kelahirannya. Bakat menulisnya sudah terlihat semenjak dia duduk di bangku SMPN 1 Kotabumi. Saat itu ia sering menulis puisi dan cerpen yang karyanya kerap kali menghiasi majalah dinding di sekolahnya. Kebiasaan tersebut berlanjut sampai ia menamatkan sekolahnya di SMAN 1 Kotabumi. Sejak kecil pria bertinggi badan 178 cm ini sudah belajar mencari uang sendiri. Ketika masih duduk di bangku SD, J. Haryadi rajin menjajakan pisang goreng buatan ibunya keliling kampung. Ia juga pernah merasakan berjualan empek-empek Palembang dan es balon milik tetangganya. Upah hasil berjualan tersebut, sebagian disimpannya sebagai tabungan dan sebagian lagi dipergunakannya sebagai uang jajan di sekolah.

Pengalaman bekerja semasa kecil ini telah mengilhaminya kelak ketika dewasa untuk menjadi seorang entrepreneur. Ketika masih kuliah di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Informatika, Uninus Bandung, mantan pemain volley ball ini juga sudah belajar mencari uang sendiri. Awalnya J. Haryadi mengajar komputer di Balai Pendidikan dan Keterampilan Muhammadiyah (BPKM) Bandung (sekarang menjadi STIE Muhammadiyah Bandung). Kemudian dia juga mengajar di beberapa lembaga kursus lainnya seperti LPK Dharmapala, LPK Triduta dan beberapa lembaga kursus lainnya. Selain itu dia juga mengajar komputer secara privat ke rumah muridnya. Pria yang semula pendiam, sulit bicara, pemalu dan kurang pergaulan ini kemudian bisa berubah menjadi seorang pria yang periang, senang bergaul dan penuh percaya diri setelah membaca buku berjudul "The Power of Positive Thinking” karya Dr. Norman Vincent Peale.

Sejak saat itu dia mulai menyukai berbagai buku motivasi dan hidupnya pun mulai berubah menjadi orang yang periang, penuh semangat dan selalu berpikir positif. Sejak tamat kuliah, pria keturunan Jawa dan Sumatera ini sempat bekerja sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi swasta, juga pernah bekerja sebagai programmer dan sistem analis di beberapa perusahaan swasta di Bandung dan Jakarta. Sebelum berprofesi sebagai penulis, trainer dan motivator, J. Haryadi sempat memimpin sebuah perusahaan IT selama sepuluh tahun. Pada tahun 2006, J. Haryadi bersama kedua rekannya, H. Supandi Halim, S.Sos M.M. dan Ir. Ariyanto, M.B. mendirikan Aliansi Penulis Indonesia (API), sebuah organisasi tempat berkumpulnya para penulis. Saat ini ia dipercaya duduk sebagai Ketua API Jawa Barat. Empat tahun kemudian, tepatnya pada bulan Maret 2010, J.

Haryadi ikut membidani lahirnya Forum Pelukis Cimahi (FORKIS) bersama para seniman lukis kota Cimahi dan dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal. J. Haryadi sering diundang sebagai pembicara pada berbagai event seperti seminar, talkshow dan pelatihan/workshop. Beberapa lembaga yang pernah mengundangnya diantaranya adalah Puskop Mabes TNI - Jakarta, Fakultas Pertanian Unpad, Fakultas Dakwah UIN Sunan Gunung Djati - Bandung, DKM Masjid Zamrud Kab. Bandung Barat, BEM STIE Wijaya Kesuma - Jakarta, Sekolah Tinggi Manajemen PPM - Jakarta, TB. Gramedia Merdeka - Bandung, Sagara Fun Educ - Bandung, PT. Pos Indonesia, Kantor Pusat - Bandung, SMAN 1 Cianjur, SMAN 2 Cianjur, AGP Jawa Barat dan lain-lain. Sebagai penulis profesional, beberapa buku pernah ditulisnya, diantaranya adalah : 25 Ide Bisnis Paling Kreatif (Penerbit Iqro Graft, Jakarta), Mengintip Rahasia Sukses 17 Pengusaha Bermodal Tekad (Penerbit Mata Air Publishing), Dahsyatnya Sabar, Syukur, dan Ikhlas Muhammad (Penerbit RuangKata, Bandung), 17 Strategi Jitu Sukses Kuliah di Perguruan Tinggi (Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta), Anda Dilahirkan Sebagai Pemenang, Bukan Sebagai Pecundang (Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta) dan lain-lain.

Bersama istrinya R. Yanty Heryanty dan keempat putranya, J. Haryadi bertempat tinggal di desa Cihanjuang, kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Jika ada yang berminat untuk berkonsultasi atau mengundangnya sebagai pembicara seminar dan pelatihan dapat menghubunginya melalui HP. 0817617058 / 085217260169 atau email: j.haryadi@yahoo.com.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel