School Scheduler - Software Jadwal Kuliah Lengkap untuk Perangkat Android

15 Oct 2012 19:00 4651 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Untuk mengantisipasi lupa akan jadwal kuliah, sebuah developer bernama Cryptopone membuat aplikasi untuk Android yang dapat membantu mahasiswa dalam bidang perkuliahannya. Software jadwal kuliah tersebut bernama School Scheduler.

Masa-masa menjadi mahasiswa merupakan salah satu masa yang penting yang harus dilalui kebanyakan masyarakat Indonesia. Dan dapat dibilang untuk melalui masa-masa itu tidaklah mudah. Bagi para mahasiswa baru, mereka harus beradaptasi lagi dengan sistem perkuliahan yang jauh berbeda daripada sistem di bangku Sekolah Menengah Atas. Dan untuk mereka yang sudah bertahun-tahun menjadi mahasiswa, mereka harus dapat membagi waktunya antara kuliah, berorganisasi dengan himpunan, ataupun melakukan kerja sampingan. Kurangnya kemampuan mahasiswa dalam membagi waktu itulah yang menyebabkan banyak mahasiswa yang keteteran dengan kuliahnya maupun dalam menyelesaikan tugas akhirnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebuah developer bernama Cryptopone membuat aplikasi untuk Android yang dapat membantu mahasiswa dalam bidang perkuliahannya. Aplikasi ini bernama School Scheduler. Fungsi dari aplikasi ini memang sederhana tapi sangat membantu para mahasiswa, yaitu menyediakan jadwal kuliah dan juga mengingatkan akan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen. Hal ini dapat membuat mahasiswa tetap mengingat jadwal kuliahnya di antara padatnya kegiatan mereka yang lain. Ingin tahu bagaimana lengkapnya software jadwal kuliah ini? Simak ulasannya berikut ini.

Aplikasi School Scheduler sangat mudah untuk digunakan. Walaupun Anda adalah seorang mahasiswa yang mengikuti lebih banyak mata kuliah daripada mahasiswa lainnya, jangan khawatir. Jika Anda termasuk seseorang yang cepat lupa dan tidak ingat di ruang mana kuliah Anda berlangsung, aplikasi ini akan membantu mencatatkannya.

Pertama kali menjalankan software jadwal kuliah, tampilan kolom utamanya akan terlihat kosong karena Anda belum memasukan data apapun. Adapun tiga kolom utama yang tersedia adalah Schedule, Courses, dan Tasks. Karena itu segeralah memulainya dengan cara memilih opsi Add Course. Pada opsi ini, Anda dapat memasukan nama kuliah yang diikuti. Anda harus mengisi nomor kode mata kuliah terbut, nama mata kuliahnya, siapa dosen yang mengajar, sampai email dari dosen yang bersangkutan kalau-kalau suatu saat Anda membutuhkannya. Setelah selesai mengisi semua informasi, tekan Add Course dan Anda akan kembali ke tampilan utama.

Belum selesai sampai disitu, geser kolom ke kolom Courses, pilih mata kuliah yang tadi Anda buat, lalu tekan Add Class yang terpampang di pojok kanan atas layar. Pada opsi Add Class ini Anda dapat mencatat di kelas mana, jam berapa, dan hari apa mata kuliah tersebut diadakan. Setelah selesai, barulah mata kuliah tersebut tercatat di kolom Schedule. Ulangi proses tersebut sampai Anda selesai mencantumkan semua mata kuliah yang diikuti.

Selain menyediakan software jadwal kuliah, School Scheduler juga berguna untuk mengingatkan akan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Bukan hanya tugas kuliah, Anda juga dapat mencantumkan tugas-tugas keorganisasian, acara seminar, presentasi, laporan, atau kegiatan apapun yang menyangkut masalah kemahasiswaan. Anda tinggal menekan pilihan Add Tasks di menu utama. Pilih mata kuliah tugas tersebut (jika bukan tugas kuliah, pilih saja None), nama tugas, jam berapa dan tanggal berapa tugas itu harus dikumpulkan, beserta deskripsi singkatnya. Setelah selesai melakukannya, tugas itu akan terpampang di kolom Schedule sehingga Anda tidak akan lupa akan tugas tersebut. Jika Anda telah selesai mengerjakan tugas-tugas yang tersedia, Anda dapat memberikan tanda centang dan secara otomatis akan menghapus tugas tersebut dari schedule list.

Mungkin School Scheduler akan menjadi lebih baik lagi jika menyediakan fitur notifikasi yang mengingatkan Anda berapa hari lagi tugas-tugas Anda harus dikumpulkan. Aplikasi ini juga tidak menyediakan widget yang seharusnya dapat memudahkan lagi untuk melihat jadwal kuliah langsung dari homescreen. Tapi walaupun terdapat kekurangan, School Scheduler masih merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi masa-masa perkuliahan Anda. Selain itu, aplikasi ini sangat ringan, minimalis dan dapat dengan mudah dioperasikan oleh siapa saja asalkan mempunyai perangkat Android dengan OS diatas 2.1. Aplikasi ini memang tersedia secara gratis, namun terdapat pula versi berbayarnya. Dengan versi berbayar, Anda dapat melakukan sinkronisasi jadwal kuliah Anda langsung ke Google Calendar di perangkat Anda. Aplikasi jadwal kuliah ini berukuran 655 Kb dan bisa diunduh gratis di sini, sementara untuk full version di sini. [AAD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel