Tiga Tips Belajar Software Desain Grafis

23 Feb 2013 15:00 3049 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hanya 3 ? kenapa tidak 5 atau 7 ? sebentar, Plimbi punya alasan tersendiri kenapa hanya memberikan 3 tips kali ini. Tips dan trik itu sebenarnya tidak perlu banyak-banyak, yang penting dilakukan sepenuhnya dan langsung menuju poin pembelajaran. Lagipula tips kali ini itu seharusnya memenuhi *standard* bagi orang yang baru pertama kali belajar maupun yang sudah *expert* sekalipun karena tips ini yang paling penting dan tidak boleh dilupakan.

Hanya 3 ? kenapa tidak 5 atau 7 ? sebentar, Plimbi punya alasan tersendiri kenapa hanya memberikan 3 tips kali ini. Tips dan trik itu sebenarnya tidak perlu banyak-banyak, yang penting dilakukan sepenuhnya dan langsung menuju poin pembelajaran. Lagipula tips kali ini itu seharusnya memenuhi standard bagi orang yang baru pertama kali belajar maupun yang sudah expert sekalipun karena tips ini yang paling penting dan tidak boleh dilupakan.

Dari hasil survey yang dilakukan mulai dari tahun 2012 sampai akhirnya tiba tahun 2013 , Plimbi mendapatkan bahwa rata-rata belajar software desain grafis itu ada 2 hal yang perlu diperhatikan pertama kali, yaitu interface dan hotkeys. Kenapa begitu ? bagi yang tidak percaya coba pergi ke www.google.com lalu cari dokumentasi software Blender, 3DS Max dan apapun itu selama masih software desain maka isi dokumen tersebut pasti dahulu memperkenalkan interface dan hotkeys. Tidak puas dengan hanya mencari dokumentasinya ? silahkan cari video pembelajaran dasar untuk setiap software desain yang ingin anda ketahui. Lalu, kenapa dengan interface dan hotkeys itu ? di sini akan dijelaskan kenapa 2 hal tersebut dan 1 hal tambahan khusus begitu penting dilakukan. Berikut akan dijelaskan 3 tips dasar belajar software desain grafis dengan rinciannya.

Kuasai Medan Interface

Tips pertama ini merupakan tips paling basic pertama ketika ingin belajar. Acapkali software desain di ungguh langsung mencoba begitu saja tanpa paham betul Interface yang akan dihadapi seperti apa. Karena dari masing-masing software mempunyai bentuk kesulitan sendiri untuk dipahami interface nya apalagi kalau menunya sudah banyak. Biasanya bagi kaum pemula pertama kali mengenal salah satu software desain tips ini merupakan hal yang akan menentukan kemudahan dan kelancaran nanti mereka berkreasi tanpa harus pusing memikirkan harus "Klik yang mana?”. Bagi yang sudah bereksplorasi bermacam jenis software desain pun mungkin pernah mengalami kendala disaat sudah belajar penuh mengenai satu software lalu belajar lagi yang lain pasti akan muncul hal yang membuat jauh lebih rumit. Apa itu ? jawabannya adalah adaptasi. Adaptasi bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan apalagi kalau kita sudah nyaman dengan yang pertama kali kita biasakan. Oleh karena itu menguasai interface ialah salah satu tips terpenting.

Biasakan Hotkeys

Hotkeys ? apa yang dimaksud dengan hotkeys ? kunci-kunci panas ? untuk yang belum paham apa itu hotkeys mudanya, hotkeys merupakan nama lain dari keyboard shortcut. Kalau masih tidak paham keyboard shortcut juga , sepertinya bisa dicari di Wikipedia. Jadi seperti ini, hotkeys itu contohnya seperti ctrl + c, shift + v, ctrl + alt + del, dll. Kenapa ini juga penting ? jadi begini, disaat posisi kita sudah ingin bebas berkreasi di layar 3d desain nanti kita lebih berfikir untuk tidak rumit lagi mencari-cari menu yang action yang kita inginkan. Shortcut adalah jalur ternyaman untuk mempercepat hasil kreasi dan kenyamanan kita kreasi juga. Shortcut diciptakan ada gunanya juga. Bukan hanya untuk jalan pintas saja tapi juga untuk kenyamanan para pengguna. Kalaupun tidak tahu di mana letak menu actionnya , dengan hotkeys ini pengguna tidak perlu pusing lagi hanya untuk sekedar menerapkan suatu efek pada gambar.

Buat Video Tutorial

Sebenernya yang satu ini satu tips natural. Tips yang satu ini banyak manfaatnya. Selain bisa mengulas apa yang telah dipelajari, bisa juga untuk menolong sesama desainer, bisa mengingatkan kembali kalau lupa satu teknik yang sudah dipelajari, dan terakhir bisa terkenal seandainya diunggah ke Youtube. Buat videonya pun tidak asal-asalan, harus terlihat keren di mata pembuat dan yang menontonnya. Kalau bisa , contoh yang ditutorialkan adalah hasil kreasi sendiri. Dan seandainya tutorial tersebut memakan waktu yang lama, ada baiknya dibuat terpisah.

Cukup 3 saja yang harus diberikan untuk tips kali ini. Setidaknya dari penulis mengharapkan untuk para pembaca khususnya yang minat belajar desain langsung lakukan 3 tips di atas. Kalau masih kebanyakan nanti bisa dibuat hanya 2 tips saja kalau masih banyak juga bisa dibuat 1 tip termantap. Semua bisa diatur. [NDR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel