Perjanjian Lisensi Software (EULA) Yang Sangat Lucu

15 Feb 2013 06:30 2780 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda sedang menginstal sebuah software, pasti Anda akan melihat sebuah perjanjian lisensi yang biasa disebut EULA (end user licensing agreement) atau TOS (term of service).

Jika Anda sedang menginstal sebuah software, pasti Anda akan melihat sebuah perjanjian lisensi yang biasa disebut EULA (end user licensing agreement) atau TOS (term of service). Namun hampir tidak ada di antara kita yang mau atau menyempatkan diri untuk membacanya karena biasanya kita langsung menekan tombol "I Agree” di bawahnya. Padahal secara hukum legal, EULA ini sangatlah penting untuk dipahami agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa yang akan datang.

Uniknya, jika Anda menyempatkan untuk membaca EULA tersebut, maka biasanya Anda akan mendapatkan berbagai macam hal aneh dan lucu yang ada di EULA tersebut. Apa sajakah hal perjanjian lisensi software yang lucu tersebut? Berikut Plimbi akan membagikannya untuk Anda.

iTunes - Dilarang membuat senjata nuklir

"You also agree that you will not use these products for any purposes prohibited by United States law, including, without limitation, the development, design, manufacture or production of nuclear, missiles, or chemical or biological weapons.”

Jika Anda membaca EULA di atas, maka Anda dilarang menggunakan iTunes untuk membuat misil, senjata biologis, maupun senjata nuklir. Dengan kata lain, jika Anda adalah seorang teroris, maka Anda dilarang untuk menggunakan program iTunes ini. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah para teroris akan membaca EULA ini ketika mereka menginstal iTunes?

Safari For Windows - Dilarang menginstalnya di Windows

"This License allows you to install and use one copy of the Apple Software on a single Apple-labeled computer at a time.”

Sangat aneh memang jika software Safari for Windows ini dilarang di instal di Windows. Lantas di mana kita harus menginstalnya? Ternyata Apple menginginkan software ini hanya di instal di komputer Mac yang menggunakan sistem operasi Windows. Dengan kata lain Anda tidak boleh menginstal software ini di PC yang dikeluarkan produsen selain Apple.

Google Chrome - Diri Anda menjadi hak milik Google

"…you give Google a perpetual, irrevocable, worldwide, royalty-free, and non-exclusive license to reproduce, adapt, modify, translate, publish, publicly perform, publicly display and distribute any Content which you submit, post or display on or through, the Services.”

Paragraf di atas adalah EULA yang ada di Google Chrome versi pertama. Dalam EULA tersebut Google menyatakan bahwa ia memiliki semua hal yang Anda lakukan di internet, seperti password internet banking, password berbagai situs dan lainnya. Paragraph tersebut kemudian dihapus dari EULA karena mungkin Google hanya melakukan copy-paste ketika menulisnya.

Microchip - Datang ke rumah Anda untuk mengaudit pada tengah malam

"Microchip’s authorized representatives will have the right to reasonably inspect, announced or unannounced and in its sole and absolute discretion, Licensee’s premises and to audit Licensee’s records and inventory of Licensee’s use of the Software, whether located on Licensee’s premises or elsewhere, at any time, in order to ensure Licensee’s adherence to the terms of this Agreement.”

Jika Anda membaca EULA di atas kemudian menyetujui untuk menginstal Microchip, maka Anda juag berarti telah menyetujui jika suatu saat ada tim dari Microchip yang datang ke rumah Anda pada jam 2 malam untuk melakukan audit.

PC Pitstop - $1,000 gratis untuk Anda

"A special consideration which may include financial compensation will be awarded to a limited number of authorize licensees to read this section of the license agreement and contact PC Pitstop at consideration@pcpitstop.com. This offer may be withdrawn at any time.”

Hal unik lainnya dilakukan oleh software PC Pitsop. Dalam EULA-nya, ia menuliskan bahwa siapa saja yang membaca tulisan di atas, maka ia berhak mendapat hadiah uang dalam jumlah tertentu. Hal ini sengaja dilakukan oleh PC Pitsop untuk mengecek berapa orangkah yang akan membaca EULA. Ternyata, hanya ada satu orang yang membaca EULA tersebut setelah software ini diluncurkan selama 4 bulan dan telah didownload sebanyak 3000 kali. Orang yang membaca EULA tersebut kemudian diberikan hadiah sebesar $1.000 atau sekitar 10 juta rupiah oleh PC Pitstop.[GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel