Produk yang Membawa Perubahan pada Peta Perkembangan Teknologi (Part - 2)

15 Nov 2011 18:22 3681 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Internet telah hadir dalam waktu yang lama, tetapi pada 1993 tidak banyak konsumen yang memiliki akses. Hal itu berubah dengan hadirnya World Wide Web(WWW) dan Web browser. Pada January 1996, Netscape menjadi browser paling populer mengalahkan Microsoft's Internet Explorer.

Lanjutan Perkembangan Teknologi (Part - 1)

The Web browser

Internet telah hadir dalam waktu yang lama, tetapi pada 1993 tidak banyak konsumen yang memiliki akses. Hal itu berubah dengan hadirnya World Wide Web (WWW) dan Web browser. Pada January 1996, Netscape menjadi browser paling populer mengalahkan Microsoft's Internet Explorer.

Handheld Computer

Pada Maret 1996, Palm Pilot baru datang sebagai handheld computer pertama yang hadir di pasaran. Produk Palm ini menjadi perangkat PDA(Personal Digital Assistants) yang popular dan kemudian membuka jalan bagi smartphone yang ada saat ini.

Slim Laptop

Pada 1998, Sony menciptakan standar laptop tipis, ringan, dan berfungsi penuh seperti sebuah komputer dengan produknya Vaio 505. Produk ini dibandrol seharga $2.000.

Simple Computer

Juga pada 1998, Apple mengguncang pasar PC dengan iMac, sebuah PC penuh warna, memiliki kecepatan tinggi, berdesain monitor dan CPU menjadi satu set, dan sudah siap digunakan berselancar di internet. Produk ini menjadi coolest looking desktop PC pada saat itu.

DVR (Digital Video Recorder)

Tahun berikutnya, teknologi DVR menyusul, salah satunya TiVo, dan menghadirkan revolusi pada teknologi TV viewing.

Google

Pada 2001, giliran Google dengan produk search engine miliknya menjadi situs paling berguna dan populer.

iPod

Pada tahun yang sama Apple kembali mengguncang pasar. iPod seharga $400 dan mampu menyimpan hingga 1000 lagu pada sebuah perangkat sebesar kartu hadir dan mengubah industri musik.

Prototype smartphone

Juga pada 2001, Handspring, sebuah perusahaan yang dibentuk oleh penemu Palm, mengeluarkan Treo 180, yang menjadi perpaduan sempurna antara PDA dan ponsel. Setelah Treos siap dipasarkan, ia diambil alih dan dijual oleh Palm, berkompetisi melawan BlackBerry yang saat itu masih fokus pada fungsi corporate tool.

Legal music

Pada 2003, kembali memberikan konstribusi perubahan pada industry musik dengan memperkenalkan iTunes Music Store, yang memberikan konsumen kemudahan dan harga murah untuk membeli musik.

iPhone

June 2007, menjadi awal munculnya era touchscreen smartphone dan kecanggihan gesture. Dan tentu saja Apple iPhone sebagai pioneer.

E-reader

E-reader sebenarnya telah dikembangkan cukup lama namun selalu mengalami kegagalan. Tetapi akhir 2007 Amazon memperkenalkan Kindle yang akhirnya sukses mengubah buku menjadi digital dan menjadi E-reader pertama yang siap pakai.

Android

October 2008, T-Mobile dan Google merilis G1, smartphone pertama yang menggunakan OS (operating system) Android yang pada dasarnya adalah kompetitor iPhone.

iPad

Sama seperti E-reader, banyak perusahaan yang gagal mengembangkan tablet PC. Dan pada April 2010, Apple sukses menciptakan iPad. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel