Cara Membuat QR Codes Menjadi Lebih Berguna

14 Feb 2013 07:30 3095 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
*Quick respone codes* atau yang biasa disebut QR Code telah banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir ini untuk menyediakan akses cepat ke URL, pesan, ataupun informasi kontak.

Quick respone codes atau yang biasa disebut QR Code telah banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir ini untuk menyediakan akses cepat ke URL, pesan, ataupun informasi kontak. Para pelaku bisnis dan periklanan tentunya menjadi kalangan yang paling menyukai QR Codes ini. Pasalnya, hanya dengan cara scanning melalui smartphone, maka produk yang mereka iklankan dapat sampai ke tangan calon pembeli dengan mudah.
Sebenarnya, bukan hanya para pelaku bisnis tersbut yang dapat menikmati manfaat dari QR codes. Anda pun sebenarnya bisa menggunakan teknologi tersebut untuk menciptakan berbagai macam hal kreatif. Apalagi saat ini membuat QR code bukanlah hal yang sulit karena banyak situs yang menawarkan jasa QR code generator secara gratis.
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Plimbi akan memberikan tips untuk untuk menjadikan QR code lebih bermanfaat untuk Anda. apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini.

Kartu Nama
Kartu nama merupakan sebuah item wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang, atau setidaknya para pengusaha. Jika Anda merasa bosan dengan pola kartu nama yang itu-itu saja, maka tidak ada salahnya Anda mencoba untuk membuat kartu nama yang berisikan QR code di dalamnya.
Anda dapat menyimpan seluruh informasi kontak Anda di dalam QR code dengan format vCard. Dengan begitu, ketika ada orang yang memindai QR code tersebut maka akan muncul opsi untuk menambahkan kontak Anda ke dalamnya. hal tersebut tentu sangat efisien dan menghemat banyak waktu ketimbang harus mengetikannya secara manual.

Iklan Produk
Jika Anda seorang pebisnis kecil-kecilan, maka Anda dapat mengguakan QR code untuk membantu mempromosikan produk yang Anda jual. Jika Anda berjualan di toko online seperti eBay atau AutoTrader, maka Anda dapat menggunkan QR code tersebut untuk mengarahkan calon pembeli ke link tempat Anda berjualan.
Jika Anda menjual barang-barang secara local, Anda juga dapat menggunakan QR code ini untuk mengarahkan calon pembeli ke link deskripsi tentang produk yang Anda jual. Hal ini tentu sangat menghemat dibanding harus mencetak banyak deskripsi barang tersebut.

Baju dan Perhiasan
QR code bisa ditaruh di mana saja, termasuk di baju dan perhiasan. Jika Anda adalah seorang fotografer, event organizer, atau yang lainnya, maka tidak ada salahnya Anda menempatkan QR code tersebut di belakang baju Anda. hal tersebut secara tidak langsung akan memudahkan calon pelanggan and untuk mengetahui lebih lanjut barang atau jasa yang Anda tawarkan.
Selain itu, QR code juga bisa ditempatkan di aksesoris atau perhiasan untuk diberikan sebagai kado. Tentunya jika pacar atau teman Anda adalah seorang penggemar teknologi maka ia pasti akan sangat menykai benda tersebut.

Forum Avatars
Hal lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menjadikan QR code tersebut sebagai avatar di forum yang Anda ikuti. QR code tersebut akan memudahkan anggota forum lain untuk mengenali Anda dengan cepat. Selain itu, Anda juga dapat memajang QR code tersebut untuk meningkatkan traffic ke situs atau blog yang Anda miliki.

CV/Resume
Apakah menambah sebuah QR code ke surat lamaran pekerjaan akan membuat Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut? Mungkin tidak. Namun, hal tersebut akan menjadi sebuah langkah maju karena masih jarang orang yang menggunakan teknologi ini sehingga Anda akan tampak berbeda dibanding dengan para pelamar yang lain. Hal ini tentu akan lebih bermanfaat lagi jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.

Memulai Revolusi
Ide terakhir ini mungkin terdengar cukup gila, namun hal ini bisa saja terjadi. Jika Anda ingin menyampaikan pesan tertentu ke seluruh masyarakat yang ada di kota Anda, maka Anda dapat menempelkan QR code di berbagai tempat yang bisa dijangkau oleh mereka seperti halte bis, lampu taman, atau bahkan di wc umum sekalipun. Hal ini tentu jauh lebih efisien ketimbang Anda harus berteriak-teriak atau menyebarkan pamflet yang memiliki ukuran besar dan akan mengotori jalanan. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel