Isu Smartphone Security Yang Perlu Anda Waspadai Sekarang Ini

11 Feb 2013 22:00 3069 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada waktu sekarang ini, penggunaan smartphone untuk segala hal adalah sesuatu yang lumrah. Mungkin Anda akan menggunakan smartphone untuk berkirim email, untuk yang suka hiburan maka disediakan

Pada waktu sekarang ini, penggunaan smartphone untuk segala hal adalah sesuatu yang lumrah. Mungkin Anda akan menggunakan smartphone untuk berkirim email, untuk yang suka hiburan maka disediakan game, serta fungsi lain seperti membantu pekerjaan, chatting, berinteraksi di media sosial, dan menonton video. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan kamera yang terpancang pada smartphone jika Anda menyukai fotografi. Dengan berbagai kegunaannya, tidaklah mengherankan apabila orang-orang berbondong-bondong untuk menggunakan smartphone dalam aktifitas sehari-hari.

Smartphone, sebagai media komunikasi serta layanan komputer portable, memiliki berbagai hal yang diinginkan. Namun, dengan tingginya mobilitas smartphone, maka makin tinggi juga resiko yang dapat Anda alami. Dengan ini akan muncul pertanyaan, apakah Anda telah memiliki aplikasi keamanan yang di-install pada smartphone? Apakah Anda memperhatikan smartphone security?

Smartphone yang bisa disebut komputer kecil ini, juga memiliki berbagai ancaman layaknya pada komputer. Perangkat ini dapat terinfeksi dengan trojan, worm, dan ancaman-ancaman lainnya. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu, dan kita perlu selangkah lebih maju dari ancaman keamanan fungsi smartphone tersebut. Keuntungan dari penggunaan smartphone memang menakjubkan, namun di samping itu, ada juga kerugian yang bisa Anda dapat. Berikut beberapa media yang dapat disusupi program jahat yang perlu Anda waspadai.

1.SMS atau pesan singkat

Komunikasi yang telah bertahan lama selama beberapa tahun ini merupakan layanan populer yang bisa dipilih hacker untuk menyusupkan program jahat didalamnya. SMS spam adalah suatu hal yang buruk, tetapi apakah Anda pernah berpikir mungkin saja ini bagian dari Smishing? Program tersebut digunakan untuk menamai ancaman kombinasi antara SMS dan phising, dan ini digunakan untuk kejahatan yang mengambil data personal. Smishing dapat berbentuk pemberitahuan update yang terus menerus atau mungkin malah meminta informasi dari Anda. Sekali Anda terkena, maka hari Anda akan menjadi buruk. Untuk menghindarinya, tentu saja hapus semua SMS asing yang Anda tidak tahu pasti isinya, walaupun mungkin saja pesan tersebut akan menarik perhatian Anda.

2. Wi-fi dan Bluetooth

Layanan Wi-fi gratis adalah suatu hal yang tidak boleh dilewatkan, tetapi pemanfaatan jaringan seperti ini dapat juga mengancam keamanan fungsi smartphone. Layanan Wi-fi gratis bisa saja memiliki malware yang dihasilkan scammers untuk mengetahui info data personal Anda, misalnya password, data kartu kredit, dan info pribadi pengguna lainnya. Jika anda mendapatkan layanan Wi-fi gratis di area publik yang tidak memiliki reputasi, maka hindari untuk menggunakannya. Jika smartphone Anda akan dijadikan portable hotspot, maka persenjatai dengan password untuk menjaga keamanan fungsi smartphone. Juga, Anda harus mengganti password setiap waktu apabila Anda sering menggunakan fitur tersebut. Selain itu, berbagai password yang Anda gunakan pada smartphone juga perlu diganti secara berkala seperti setting Bluetooth dan akses voicemail. Jika Anda melewatkan satu hal, maka hal itu akan membimbing Anda pada sesuatu yang merugikan.

3. Aplikasi

Tentu saja, aplikasi sangat diperlukan pada penggunaan smartphone. Isu terhangat dalam keamanan fungsi smartphone ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena berkembang pesatnya berbagai sistem operasi. Untungnya, dalam app store yang dimiliki sistem operasi seperti Android, terdapat rating dan review yang bisa Anda jadikan acuan untuk meng-install-nya. Tetapi, akan berbahaya jika Anda asal meng-install aplikasi pada smartphone Anda. Inilah mengapa sebenarnya Anda hanya perlu meng-install aplikasi yang memiliki respon positif. Untuk pengguna Android, maka ancaman lebih besar datang dari app store alternatif yang banyak tersedia untuk platform ini. Adalah hal yang tidak mengejutkan jika jumlah ancaman pada Android terus meningkat setiap tahunnya. Jika suatu malware ter-install, info yang ada pada smartphone Anda dapat dikirim ke server dari program jahat tersebut.

Ancaman keamanan fungsi smartphone melalui aplikasi dapat Anda atasi dengan menghindari menggunakan aplikasi yang tidak terpercaya. Aplikasi seperti ini bisa Anda lihat dari beberapa hal seperti review yang ada. Khusus bagi Android, Google Play adalah layanan yang bagus. Jika dirasa Anda sudah cukup puas dengan menggunakan Google Play, maka Anda seharusnya tidak perlu meng-install app store lain, khususnya app store alternatif yang tidak terpercaya.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel