Tips untuk Laptop: Menghemat Energi Pada Laptop Anda

12 Feb 2013 11:15 3210 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Laptop dan PC memang merupakan suatu hal yang sangat perlu dan cukup menunjang dalam setiap usaha. Hampir seluruh kegiatan bisnis sekarang ini memang menggunakan kedua perangkat tersebut. Maka dari itu, Anda perlu melakukan sesuatu agar kedua perangkat tersebut hemat.

Laptop dan PC memang merupakan suatu hal yang sangat perlu dan cukup menunjang dalam setiap usaha. Hampir seluruh kegiatan bisnis sekarang ini memang menggunakan kedua perangkat tersebut. Maka dari itu, Anda perlu melakukan sesuatu agar kedua perangkat tersebut hemat. Dalam artikel paseban kali, hanya akan di jelaskan tips untuk laptop yakni bagaimana cara menghemat energi pada laptop dan PC. Untuk lebih jelasnya berikut tips selengkapnya.

Mengatur Cahaya dan Kontras Monitor Tips menghemat energi pada laptop dan PC yang pertama adalah mengatur cahaya dan kontras pada monitor. Untuk pemula, proses pengaturan cahaya dan kontras ini jarang sekali diperhatikan. Sehingga, tidak jarang energi yang ada di dalam PC atau laptop cepat habis. Hal yang menyebabkan energi cepat habis itu adalah pengaturan cahaya dan kontras yang terlalu tinggi. Untuk menghindari hal ini maka Anda dapat mengatur cahaya dan kontras secara normal saja.

Mematikan Monitor PC dan Laptop Cara yang seperti ini dilakukan ketika Anda akan meningggalkan PC dalam waktu yang lama. Misalnya, dalam waktu 30 menit. Jadi ketika itu Anda dapat mengaturnya lebih dahulu agar PC tidak memakan energi yang ada di dalamnya. Untuk melakukan hal ini Anda dapat melakukannya dari Control Panel-Optins. Lalu, pada menu Power Option Properties, Anda klik tab Power Schemes. Pada menu tersebut, terdapat tanda panah. Anda klik panah tersebut dan pilih Home/Office Desk. Pada kolom tersebut Anda dapat mematikan sementara dengan waktu sesuai yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda pilih Apply dan Ok.

Mematikan Peralatan di Dalam PC Peralatan yang dimaksud dalam hal ini adalah seperti speaker, modem ekternal, scanner, Zip Drive dan peralatan lainnya. Proses mematikan ini dilakukan jika peralatan tersebut memang tidak dibutuhkan dan tidak di operasikan, khususnya ketika akan di tingggalkan dalam waktu yang lama.

Mode Standby Mode standby merupakan hal biasanya sering digunakan. Proses ini dilakukan baik akan ditinggalkan dalam waktu yang lama dan waktu yang sebentar. Namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah pada saat mode standby di aktifkan maka data yang belum tersimpan akan hilang. Oleh karena itu, sebelum dilakukan hal ini, Anda harus menyimpan data-data yang belum di simpan. Untuk mengaktifkan mode ini, Anda dapat pilih Start, lalu Turn Off Computer. Kemudian, Anda pilih Standby.

Memanfaatkan UPS UPS merupakan salah satu alat penyelamat pada computer. Dikatakan demikian karena ketika terjadi listrik mati mendadak, UPS ini akan menjadi penyelamatnya. Jadi, pada saat listrik mati maka PC tidak akan mati secara langsung. Selain itu, Anda juga dapat mengatur waktu matinya PC. Untuk melakukan pengaturan tersebut, Anda dapat melakukannya dengan cara pilih Power Option Properties. Pada tab UPS tersebut akan menampilkan waktu matinya PC setelah mati lampu. Sebenarnya, pengaturan UPS ini lebih kepada model dan kapasitas UPS itu sendiri.

Baterai Laptop Untuk masalah baterai ini biasanya kebanyakan orang kurang hati-hati. Dalam merawat baterai dan menghemat energi lebih baik Anda melakukan charge sampai selesai. Sebab, charge yang tidak sempurna ketika digunakan itu akan menyebabkan energi yang ada di dalamnya cepat habis. Jika Anda dalam keadaan bepergian, manfaatkan hibernate. Dengan menggunakan mode itu maka baterai yang ada akan lebih awet dan sekaligus akan menghemat energy.

Penggunaan Port USB Untuk port USB ini biasanya lebih di khususkan bagi Anda pengguna laptop. Jadi, jika Anda memasukkan perangkat ke port USB sebaiknya segera di lepas ketika sudah tidak digunakan. Misalnya, modem ekternal, flashdisk, dan yang lainnya. Adanya perangkat yang masih tertancap di port USB akan membuat energi yang ada pda laptop akan cepat berkurang.

Mematikan Hard Disk Mematikan hard disk juga merupakan salah satu hal yang juga diremehkan oleh kebanyakan orang. Pada intinya, meskipun Anda tidak menjalankan aplikasi itu sebenarnya hard disk tetap bekerja. Misalnya, Anda hanya membiarkan data terbuka dan laptop dalam keadaan menyala. Ketika seperti itu, hard disk ini sebenarnya juga beroperasi dan juga akan memakan energi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, Anda perlu mematikan hard disk ini. Itulah Plimbi tentang tips menghemat energi pada laptop dan PC. [TFK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel