Tips dan Cara Menyegarkan Memori Tablet Android Kesayangan Anda

11 Feb 2013 11:30 3632 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perkembangan tablet di tanah air semakin memanas, bagaimana tidak, Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jenis tablet di pasaran saat ini. Sebagian besar tablet terbaru saat ini memiliki kegunaan sebagai alat multimedia dan entertainment bagi para pemiliknya, maka tidak aneh bila tablet dilengkapi dengan berbagai aplikasi dan game sebagai alat utama untuk menyegarkan.

Perkembangan tablet di tanah air semakin memanas, bagaimana tidak, Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jenis tablet di pasaran saat ini. Sebagian besar tablet terbaru saat ini memiliki kegunaan sebagai alat multimedia dan entertainment bagi para pemiliknya, maka tidak aneh bila tablet dilengkapi dengan berbagai aplikasi dan game sebagai alat utama untuk menyegarkan.

Namun tidak hanya sebatas perangkat lunak, bahkan pada beberapa tablet dilengkapi dengan port HDMI untuk menjadi sarana tonton berkualitas tinggi. Tapi bagaimana jika tablet sudah terlalu banyak aplikasi dan game? Tablet pun akan menjadi lemot dan tidak nyaman digunakan. Akhirnya Anda akan merasa tablet Anda menjadi tidak semenarik ketika Anda pertama kali membeli tablet tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir, Plimbi akan memberikan tips untuk Anda agar tablet Anda bisa kembali segar seperti ketika Anda pertama kali membeli tablet kesayangan Anda. Mari kita simak tips nya berikut ini.

Cara Ampuh Segarkan Memori Tablet Kebanyakan aplikasi dan game saat ini memang menggunakan sistem temporary files, di mana file yang tidak terpakai nantinya akan dibuang, tapi nyatanya ada beberapa jenis file yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan tetap tersimpan di dalam tablet Anda, file seperti logs, crash report, atau debug files bisa saja masih tersisa di dalam memori Android tablet Anda dan mengakibatkan tablet Anda menjadi lamban dan tidak nyaman digunakan, bahkan file ini masih tersimpan walaupun Anda sudah menghapus atau meng-uninstall aplikasi tersebut. File file ini harus dibersihkan untuk dapat mengembalikan performa tablet Anda ke performa terbaiknya. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan cara manual dan dengan menggunakan aplikasi.

Cara Manual Sebelum Anda menghapus atau menguninstall aplikasi, ada baiknya Anda melewati langkah ini, Settings > Applications > Manage Applications. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, kemudian klik Clear Data dan Clear Cache, baru kemudian Anda klik Uninstall. Proses ini bertujuan untuk menghapus data yang tersimpan di dalam memori tablet Anda. Ini akan membuat proses penghapusan benar benar bersih dan tidak menyisakan file milik aplikasi yang akan Anda hapus.

Menggunakan Aplikasi Jika Anda merasa cara di atas masih kurang maksimal atau mungkin Anda merasa repot bila harus melakukan langkah di atas tahap per tahap, maka Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa Anda unduh dari Play Store. Anda dapat menggunakan aplikasi Clean Master (Cleaner) besutan Ksmobile. Aplikasi berukuran 1.8 MB ini dapat Anda unduh langsung secara gratis dari Play Store. Aplikasi dapat membersihkan berbagai macam temporary files yang cukup mengganggu seperti cache, app packages and history, residual files, dan masih banyak lainnya. Aplikasi nantinya akan meningkatkan performa RAM serta menghemat baterai Anda. Uniknya, aplikasi ini dapat Anda gunakan tanpa harus melakukan rooting terlebih dahulu, sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja sebagai pengguna tablet Android.

Tampilan aplikasi ini cukup sederhana, ketika Anda masuk, Anda akan dihadapkan dengan 4 pilihan proses pembersihan, yaitu History, Residual Files, Tasks, dan Temp APKs. Kemudian Anda dapat memilih salah satu opsi tersebut, kemudian aplikasi akan mengumpulkan files yang dianggap sebagai files sampah, setelah itu Anda tinggal klik Clean. Pada opsi Residual Files, Tasks, dan Temp APKs, Anda akan dapat memilih daftar file yang ingin Anda bersihkan dengan memberikan centang lalu klik Clean. Cukup mudah kan? Ayo segera segarkan memori tablet kesayangan Anda! Kedua cara di atas, baik manual atau pun menggunakan aplikasi memiliki kegunaan yang hampir sama. Perbedaannya hanyalah untuk cara manual, lebih baik digunakan ketika Anda ingin menghapus atau menguninstall aplikasi yang sudah tidak Anda inginkan.

Ini disebabkan karena pembersihan data melalui cara manual memiliki kemungkinan penghapusan data yang mungkin bukan sebenarnya bukanlah file sampah menurut Anda, namun dideteksi sebagai file sampah. Oleh karena, tetap berhati hati dalam membersihkan tablet kesayangan Anda. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel