Cara Belajar Biola Dengan Aplikasi-Aplikasi Violin for Android

9 Feb 2013 18:00 18119 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Biola adalah salah satu jenis alat musik yang cukup populer, namun tidak banyak orang yang bisa memainkannya. Memiliki empat senar yang diatur berbeda satu dengan lain pada interval sempurna kelima G-D-A-E. Biola juga termasuk dalam jenis alat musik dawai, hanya saja dimainkan dengan cara digesek.

Biola adalah salah satu jenis alat musik yang cukup populer, namun tidak banyak orang yang bisa memainkannya. Memiliki empat senar yang diatur berbeda satu dengan lain pada interval sempurna kelima G-D-A-E. Biola juga termasuk dalam jenis alat musik dawai, hanya saja dimainkan dengan cara digesek. Saat ini harga biola yang termurah berkisar antara 400 hingga 700 ribu rupiah, sedangkan untuk biola kualitas tinggi harganya bisa mencapai puluhan juta. Itupun Anda harus mengikuti les khusus biola yang biayanya tidak murah.

Pada artikel kali ini, Plimbi akan memberi sebuah solusi bagi Anda yang ingin belajar bermain biola dengan mudah. Cukup mempersiapkan gadget Android Anda, dan membuka aplikasi-aplikasi yang menyediakan fitur pembelajaran biola. Berikut ini adalah beberapa aplikasi Violin for Android yang bisa membantu Anda belajar biola dengan mudah:

Violin Notes Lite

Seperti gitar, biola juga mempunyai kunci-kunci yang digunakan untuk menghasilkan suara nada dengan benar. Aplikasi Violin Notes Lite bertindak sebagai buku panduan dan petunjuk kunci biola. Anda tinggal mengikutinya dan menggesek secara benar. Violin Notes Lite adalah aplikasi yang sangat cocok bagi yang masih pemula dalam belajar biola, atau dapat juga digunakan bagi guru-guru les biola untuk pembelajaran kepada murid-muridnya.
Anda bisa mengunduh Violin Notes Lite di sini.

Ini adalah aplikasi yang sangat populer karena telah diinstall sebanyak lebih dari 50 ribu kali. Violin Notes Lite berukuran 3.3 MB dan bisa dijalankan pada gadget Android minimal 2.2 keatas. Pihak pengembang BrainMelody menyediakan aplikasi ini secara gratis bagi pengguna Android.

Virtual Violin

Jika pada aplikasi Violin Notes Lite hanya menyediakan daftar dan keterangan kunci-kunci nada, Virtual Violin lebih dari itu. Ini lebih merupakan sebuah virtual musik biola, jadi Anda tidak harus memiliki biola sungguhan. Beberapa fitur yang tersedia pada Virtual Violin diantaranya adalah tersedianya sebanyak 32 Notes sebagai keterangan bermain biola, 3 mode permainan biola, berbagai background agar tampilan lebih menarik dan lain-lain.

Dalam opsi konfigurasi Anda dapat mengubahnya menjadi modus loading aplikasi. Saat diaktifkan, suara akan mulai memuat pada saat aplikasi mulai dijalankan. Dengan mode ini ketika Anda menekan "Play" waktu menunggu akan lebih pendek. Namun pada pilihan ini akan memungkinkan untuk membuat menu utama lebih lambat. Opsi ini bisa saja dinonaktifkan secara default.
Virtual Violin dapat Anda unduh secara gratis di sini.

Pada link Google Play diatas hanya tersedia Virtual Violin untuk versi 1.1, karena aplikasi ini terbilang baru. Ukuran file sebesar 5.0 MB dan hanya bisa dijalankan pada Android minimal 2.2 keatas. Virtual Violin adalah aplikasi yang dirancang oleh developer Snowy’s App.

Violin Lesson Tutor

Rasanya menyenangkan jika bisa belajar biola dari seorang pemain biola profesional yang terkenal. Namun ini bukan mimpi belaka, karena lewat aplikasi Violin Lesson Tutor Anda bisa mendapatkannya. Aplikasi ini akan membawa Anda langsung ke YouTube Channel dari pebiola dan pianis terkenal Alison M. Sparrow. Dengan aplikasi Violin Lesson Tutor ini Anda akan dibawa kedalam dasar-dasar belajar bermain Violin dengan penambahan Kelas 1-5 Teori dengan saluran Official YouTube. Tentunya ini seperti pelajaran yang disampaikan oleh musisi profesional dan guru. Perlu Anda ketahui bahwa Alison M Sparrow yang juga mengajar pada Sekolah Musik telah sukses dan kini menjadi seorang Examiner Musik untuk penilaian ujian musik terkemuka dunia.

Aplikasi ini ditujukan kepada semua orang, baik tua atau muda, maupun bagi para pemula yang sama sekali belum pernah mengenal biola. Jadi Anda bisa langsung mempraktekan dengan biola asli lewat aplikasi ini dan belajar secara sistematis.
Dapatkan apliaksi Violon Lessin Tutor ini dengan gratis di sini.

Ukuran file hanya sebesar 63 KB, karena nantinya Anda akan langsung dihubungkan dengan koneksi internet menuju situs Youtube. Aplikasi besutan AMS Music ini dapat dijalankan di Android dengan requires minimal 1.6 keatas.
Selamat belajar biola dengan mudah. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel