Menganalisa Komputer Dengan Fresh Diagnose

5 Feb 2013 20:00 2995 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fresh Diagnose adalah sebuah software utiliti yang dibuat khusus agar mampu menganalisa dan melakukan *benchmark* pada setiap sistem komputer. Software ini merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk menganalisa hampir semua jenis perangkat keras (Hardware) yang terpasang pada komputer.

Fresh Diagnose adalah sebuah software utiliti yang dibuat khusus agar mampu menganalisa dan melakukan benchmark pada setiap sistem komputer. Software ini merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk menganalisa hampir semua jenis perangkat keras (Hardware) yang terpasang pada komputer.

Perlu diketahui bahwa benchmark adalah sebuah teknik pengetesan atau uji coba yang menggunakan suatu nilai standar yang ditentukan. Pengujian tersebut dapat dilakukan dengan cara membandingkan produk-produk perangkat keras yang sebanding dengan percobaan yang tentunya sama. Pada suatu program maupun pekerjaan dapat dilakukan perbandingan kemampuan sistem kerjanya dari beberapa peralatan dengan tujuan agar meningkatkan kualitas pada produk yang baru.

Fresh Diagnosa bisa dikatakan sebagai utilitas yang kuat karena memang dapat digunakan untuk melihat sistem informasi dengan sangat rinci dengan patokan kualitas komputer Anda. Program ini menawarkan detail dengan jumlah mengesankan tentang komponen hardware dan software.

Secara umum software diagnosis ini cukup memadai dan dapat diandalkan untuk dijadikan sebagai perkakas khusus dalam menguji coba dan memberikan informasi-informasi tambahan terhadap perangkat keras yang terpasang pada komputer Anda. Awalnya Fresh Diagnose adalah program aplikasi berbayar, namun saat ini Anda bisa mendapatkannya secara gratis di sini.

Pada window software terdapat 5 menu utama yaitu File, Info, Benchmark, Help dan Support Site. Selain dari daftar pada menu utama tersebut, aplikasi ini juga memiliki berbagai macam ikon yang bisa memudahkan pengguna dalam melakukan benchmark peralatan yang dipasang pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Sebelum menjalankan program ini Anda harus memalui proses instalasi dengan waktu yang cukup singkat. Setelah itu Anda akan dapat memulai program untuk mendapatkan interface dengan userfriendly yang dilengkapi dengan banyak fitur.

Setidaknya software ini mempunyai dua fitur penting, yaitu System information dan System Benchmark. Fitur System Information berfungsi untuk pemindaian sistem serta memberikan laporan lengkap tentang hardware dan perangkat lunak pada komputer. Sedangkan untuk fitur System Benchmark lebih kepada pengujian kinerja sistem komputer Anda.

Tampilan aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa menu pull down di mana dengan fitur ini Anda bisa mengakses informasi tentang komponen sistem. Akses Benchmark juga termasuk pada setiap sisi, yakni aksesibilitas, appearance, sertifikat, device driver, mesin, event logging, file associations, font, memori, daya monitor, scheduled tasks, file sistem, startup, bus, BIOS, cache memory, motherboard, CMOS, memori, plug and play, port konektor, sensor, prosesor, slot sistem dan lain-lain.

Selain dapat memperoleh informasi di atas, dengan aplikasi ini Anda juga dapat memberi rincian tentang perangkat keras utama seperti driver optik, hard disk, monitor layar, drive logis, partisi, keyboard, mouse, port, printer dan perangkat keras lainnya. Sedangkan perangkat media yang dapat diakses di antaranya adalah multimedia DirectX, mixer, media control dan video capture. Bahkan data rincian infromasi dari aplikasi juga dapat mencakup hingga jaringan internet baik itu TCP / IP, network adapter, pengaturan internet konfigurasi, email account, shared resources, network resources, dan lain-lain.

Hasil dari analisa yang sudah didapat oleh aplikasi bisa Anda cetak dan simpan dalam format file text (txt), html, rtf atau doc. Selain itu, Anda juga dapat membuat serta memilih bentuk laporan hasil analisa aplikasi sesuai dengan layout yang ada. Sebagai tambahan, semua laporan analisa tersebut dapat Anda jadwal sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Program aplikasi yang tersedia pada link Softpedia di atas adalah versi Fresh Diagnose 8.66 yang di-update pada bulan September 2012 lalu. Meskipun aplikasi ini merupakan program yang serbaguna, namun ukuran filenya hanya sebesar 2.1 MB. Program besutan developer Fresh Devices ini dapat dijalankan pada sistem operasi Windows 7, Windows XP dan Windows Vista. Aplikasi ini merupakan salah satu program yang paling lengkap dari jenisnya. Ditambah karena kemudahan dalam penggunaannya,sehingga dapat dijalankan oleh Anda yang belum terlalu mengerti tentang software utiliti. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel