Mainkan Permainan Game Boy dengan Aplikasi Emulator pada Smartphone Anda

8 Feb 2013 13:30 3380 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda pernah memainkan Game Boy di masa Anda masih kecil? Apakah Anda kangen masa itu tapi Game Boy Anda sudah dijual atau diberikan kepada orang lain? Tidak perlu berkecil hati, Anda dapat memainkan permainan Game Boy langsung di ponsel Anda. Yap, ponsel pintar saat ini memiliki kemampuan untuk -meniru- Game Boy.

Apakah Anda pernah memainkan Game Boy di masa Anda masih kecil? Apakah Anda kangen masa itu tapi Game Boy Anda sudah dijual atau diberikan kepada orang lain? Tidak perlu berkecil hati, Anda dapat memainkan permainan Game Boy langsung di ponsel Anda. Yap, ponsel pintar saat ini memiliki kemampuan untuk "meniru” Game Boy. Dengan bantuan aplikasi emulator, Anda dapat memainkan permainan Game Boy langsung dari ponsel pintar Anda.

Awalnya emulator ini tren digunakan di komputer atau laptop, namun seiring dengan berkembangnya jaman, emulator kini dapat digunakan di ponsel pintar seperti Android. Beberapa aplikasi emulator yang sudah beredar antara lain untuk NDS dan Game Boy, bahkan untuk Play Station, Sega Genesis, hingga Xbox sekaligus. Penasaran bagaimana caranya? Mari kita simak bagaimana caranya di bawah ini.

Game Boy di Android

Karena banyak jenis emulator untuk bermacam macam jenis konsol, maka Plimbi akan mengambil 1 contoh untuk GBA. Pertama Anda cukup mengetikan "GBA Emulator” di Play Store, kemudian Anda dapat memilih aplikasi yang berbayar atau pun gratis untuk Anda gunakan. Sebagai contoh, Plimbi akan menggunakan My Boy! Free - GBA Emulator, aplikasi emulator GBA yang memiliki dua versi, berbayar dan gratis. Untuk yang gratis dapat Anda unduh langsung dari Play Store dengan ukuran sekitar 500 kB. Setelah menginstall aplikasi ini, nantinya Anda dapat membuka file game GBA yang disimpan dalam format .gba. Game GBA memang tersimpan di dalam katrid, tapi Anda cukup mencari di internet, maka Anda akan menemukan banyak game GBA yang sudah tersimpan dalam bentuk .gba. klik di sini untuk mendownload emulatornya.

Lalu bagaimana setelah Anda menginstall dan memiliki game dengan format .gba yang Anda inginkan? Mari simak langkah langkah berikut :

  • Setelah selesai menginstall aplikasi, klik Open kemudian akan muncul pop up notifikasi, klik OK.

  • Pindahkan file game .gba Anda ke folder khusus yang mudah dicari di dalam ponsel Anda. Kemudian pilih game tersebut, tunggu beberapa saat, maka permainan akan muncul di layar Anda.

  • Game akan langsung aktif layaknya permainan yang Anda install langsung dari Play Store. Bahkan Anda akan disediakan kontrol pad virtual untuk memainkan game Anda. Sangat mudah dan menarik kan?

Game Boy di Mango dan 8

Ternyata tidak hanya Android, Windows Phone juga memiliki kemampuan untuk menginstall aplikasi emulator, salah satunya adalah Purple Cherry GBC. Aplikasi ini sendiri dibanderol dengan harga 1.29 dollar atau sekitar 11 ribu rupiah. Aplikasi ini mendukung ponsel dengan layar yang beresolusi 480 x 800 piksels hingga 768 x 1280 piksels. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak langkah langkah di bawah ini.

  • Beli dan download aplikasi Purple Cherry GBC dari Windows Phone Store. Jalankan aplikasi ini, menariknya aplikasi ini sudah menyediakan beberapa game yang sudah bisa langsung Anda mainkan dari ponsel Anda.

  • Setelah dijalankan, pilih Choose & Play untuk memilih dan memulai permainan yang Anda inginkan. Setelah itu klik Play.

  • Bila game belum ada di dalam ponsel, maka aplikasi ini akan otomatis mengunduh game tersebut untuk Anda. Tombol kontrol yang ditampilkan sangat mirip dengan Game Boy asli, sehingga akan menambah kesan bermain Game Boy.

  • Bila Anda tidak menemukan game yang Anda inginkan, maka Anda harus memindahkan dulu file game yang Anda inginkan, kemudian klik Import dan pilih file game yang bersangkutan, maka aplikasi akan menjalankan permainan tersebut di ponsel Anda.

Tips dan Trik Mencari File Game

Untuk Anda, Plimbi khusus menambahkan tips dan trik yang akan mempermudah Anda dalam mencari permainan Game Boy yang Anda inginkan. Umumnya file game .gba akan sangat mudah ditemukan di internet, tapi terkadang kita bingung bagaimana cara mencarinya. Untuk mencari file game .gbam Anda cukup menambahkan "GBA ROM” di akhir nama game yang Anda inginkan. Sebagai contoh, Anda ingin mencari game Pokemon Silver, berarti Anda tinggal menuliskan "Pokemon Silver GBA ROM”, maka situs yang memuat file ini akan muncul, kemudian Anda tinggal mengunduh dan memindahkannya ke ponsel pintar Anda. Selamat mencoba! [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel