Inilah Cara Remote PC Via Smartphone Dengan Mudah

8 Feb 2013 15:30 2816 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Semakin canggihnya tekhnologi semakin mudah pula segala sesuatunya dilakukan lebih cepat. Salah satu contohnya adalah pengendalian PC. Dengan memanfaatkan tekhnologi yang ada, PC ini dapat dikendalikan dengan perangkat lain. Salah satu perangkatnya adalah ponsel. Dengan menggunakan ponsel ini, PC dapat dikendalikan dengan mudah.

Semakin canggihnya tekhnologi semakin mudah pula segala sesuatunya dilakukan lebih cepat. Salah satu contohnya adalah pengendalian PC. Dengan memanfaatkan tekhnologi yang ada, PC ini dapat dikendalikan dengan perangkat lain. Salah satu perangkatnya adalah ponsel. Dengan menggunakan ponsel ini, PC dapat dikendalikan dengan mudah. Namun, pengendalian yang ada hanya sebatas mouse dan yang paling bagus adalah dapat mengetik pada ponsel.

Cara remote PC via smartphone di atas tenyata masih kurang. Sehingga, muncullah suatu alternatif lain untuk dapat mengendalikan PC lebih bagus lagi. Perangkat yang di pilih untuk melakukan hal tersebut adalah smartphone. Dengan menggunakan perangkat ini maka Anda dapat mengendalikan PC lebih bagus lain. Jadi bukan hanya SMS dan mengetikkan di ponsel melainkan dapat melihat berbagai file di PC, menampilkan PC di smartphone. Bahkan, Anda juga dapat mengendalikan berbagai aplikasi yang ada di PC dengan smartphone. Berikut cara mengendalikan PC via smartphone selengkapnya.

Untuk melakukan hal tersebut ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlibih dahulu. Diantaranya adalah smartphone yang digunakan. Untuk tipe smartphone yang digunakan adalah minimal menggunakan sistem operasi Android versi 2.1 ke atas. Jadi, smarpthone yang digunakan mulai dari yang Ginderbread sampai Jelly Bean. Selain itu juga, Anda harus dapat memastikan bahwa smarpthone Anda memiliki jaringan Bluetooth dan juga Wi-Fi. Pastikan kedua hal tersebut dalam keadaan Aktif.

Bukan hanya dari sisi smartphonenya saja melainkan juga dari PC. Jadi, PC yang Anda gunakan juga harus mengguanakan Bluetooth dan juga jaringan Wi-Fi. Sebab, berbagai pengendalian tersebut menggunakan kedua fitur tersebut. Smartphone tanpa PC yang memiliki koneksi Wi-Fi dan Bluetooth maka tidak akan dapat menjalankan pengendalian ini. Jika Anda menggunakan WLAN maka Anda membutuhkan Hotspot jaringan lokal. Selain itu, Anda juga harus memastikan PC dan smartphone yang akan digunakan juga harus terkoneksikan pada jaringan tersebut.

Hal yang terakhir yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi-aplikasi tersebut. Karena menggunakan dua perangkat yaitu PC dan smartphone maka harus ada dua aplikasi yang di download. Untuk mendownload aplikasi pada smartphone, Anda dapat mendownloadnya di Ovi Store dengan mengetikkan TochRemote pada pencarian di situs resminya. Sedangkan untuk aplikasi pada PC, Anda dapat mendownloadnya di sini. Pada situs tersebut ada aplikasi versi gratis dan ada juga yang berbayar. Jika ingin lebih puas dengan fitur yang ada maka Anda perlu menggunakan yang berbayar. Untuk mendapatnya, Anda harus mengeluarkan uang sebanyak 8$. Pembayarannya pun tidak menggunakan transfer bank melainkan menggunakan pembayaran via Paypal dan juga kartu kredit.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi untuk PC terlebih dahulu. Setelah Anda mendownloadnya maka lakukanlah instalasi pada PC tersebut. Setelah itu, Anda dapat melakukan berbagai pengaturan. Untuk melihat Bluetooth dan jaringan WLAN, Anda dapat melihatnya di menu Adapter. Disana Anda dapat melihat alamat Bluetooth dan juga jaringan WLAN yang ada di sekitarnya.

Setelah aplikasi pada PC sudah selesai maka Anda perlu mendownload juga aplikasi untuk ponsel. Aplikasi ini juga dapat Anda dapatkan secara gratis. Setelah selesai maka Anda install apliksi tersebut. Untuk menjalankan aplikasi tersebut, Anda dapat memilih Lauch. Selanjutnya, Anda perlu memilih koneksi yang akan dijalankan. Dalam hal ini, Anda di ibaratkan memilih jaringan WLAN. Maka pada pilihan yang tersedia Anda pilih Scan Lokal Network. Lalu, pada perintah yang ada, Anda tinggal memilih Yes dan Ok. Setelah itu, smartphone dan PC sudah terhubung.

Untuk melakukannya, Anda dapat masuk ke System. Lalu pilih File. Hal ini dilakukan untuk mengakses file yang ada pada PC dengan smartphone ini. Dalam hal ini, Anda dapat membuka, mengcopy file yang ada pada PC. Untuk dapat menggerakkkan mouse, Anda dapat menggesernya ke kanan. Tepatnya, ke arah mouse yang ada pada smartphone. Sedangkan untuk melihat Desktop, Anda dapat melakukannya dengan menggeser ke arah kanan. Dari halaman tersebut Anda dapat melihat tab Desktop. Pada halaman ini, Anda dapat mengendalikan Desktop pada PC sepenuhnya. Jika di arahkan ke arah kanan lagi maka Anda dapat melihat tab Power. Seperti Shutdown, Hibernate, Sleep. Itulah artikel Plimbi tentang cara mengendalikan PC via smartphone.[TFK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel