Tips Memaksimalkan Baterai Android Phone

4 Feb 2013 11:00 3328 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketika baterai menjadi isu terbesar bagi sebagian pengguna Android, Anda sebenarnya mungkin tidak memerlukan tambahan baterai untuk mengatasi hal tersebut. Untuk mewujudkan hal ini, Anda perlu melakukan beberapa tindakan untuk menjaga daya tahan baterai Android.

Ketika baterai menjadi isu terbesar bagi sebagian pengguna Android, Anda sebenarnya mungkin tidak memerlukan tambahan baterai untuk mengatasi hal tersebut. Untuk mewujudkan hal ini, Anda perlu melakukan beberapa tindakan untuk menjaga daya tahan baterai Android. Dengan hanya melakukan beberapa hal yang sederhana, Anda dapat memperbaiki problem tersebut. Berikut adalah cara memaksimalkan penggunaan baterai Android.

Pengaturan display

Dengan menurunkan tingkat brightness ketika berada di dalam ruangan, atau ketika sedang tidak digunakan, ini adalah suatu ide yang bagus. Cahaya yang berada di dalam ruangan dapat menerangi perangkat Android dengan jelas. Kurangi brightness hingga tingkat yang dirasa nyaman dalam melihatnya. Selain itu, matikan fungsi automatic brightness. Cara lain yang bisa membantu Anda dalam pengaturan display adalah gunakan wallpaper yang gelap dan statik. Seperti yang kita ketahui, live wallpaper dapat menyerap banyak daya baterai. Penggunaan wallpaper gelap juga bisa Anda manfaatkan, karena dengan ini, Anda akan mengurangi penggunaan power pada baterai Android. Jauhkanlah perangkat Anda dari live wallpaper, selain itu, Anda disarankan menggunakan wallpaper yang gelap.

Matikan layanan wireless

Perangkat Android memiliki berbagai macam konektifitas yang kadang dibutuhkan, kadang pula tidak Anda butuhkan. Fitur seperti Bluetooth, WiFi, GPS, dan lainnya adalah yang termasuk dalam kategori tersebut. Menon-aktifkan beberapa di antaranya ketika Anda tidak membutuhkannya akan membantu dalam penggunaan baterai ponsel. Sebagai contoh, Anda dapat menon-aktifkan WiFi ketika berada di jalan. Selain itu, Anda juga dapat secara otomatis menon-aktifkannya dengan menggunakan widget atau aplikasi yang disediakan di Google Play Store.

Mengganti jaringan data

Jika Anda tidak benar-benar membutuhkan penggunaan data, dan sedang membutuhkan ponsel hanya untuk telepon dan mengirim pesan singkat, maka mengganti jaringan ke GSM atau 2G dapat menjaga penggunaan baterai ponsel Anda, dibandingkan saat menggunakan mode 3G. Pergilah ke menu Settings > Wireless & Networks > Network Mode dan kemudian pilih GSM only. Jika Anda masih butuh penggunaan data tapi tidak terlalu besar seperti misalnya menerima email, mode 2G masih dapat mengatasi hal tersebut.

Uninstall aplikasi yang mengganggu

Beberapa aplikasi tidak benar-benar keluar dari prosesnya, yang membuat aplikasi tersebut tetap berjalan dan mempengaruhi kinerja Android, termasuk penggunaan baterai ponsel Android. Aplikasi yang mengganggu tersebut bisa Anda uninstall jika dirasa tidak terlalu penting. Tindakan ini dapat meningkatkan kinerja Android dan tidak akan mengganggu lagi dalam penggunaan perangkat Android.

Mengatur widget

Widget adalah salah satu hal yang perlu dimiliki pada perangkat Android, yang akan memberikan Anda informasi yang Anda butuhkan pada homescreen. Di lain pihak, widget juga memiliki efek negatif pada baterai ponsel Android terutama saat terhubung dengan internet. Jika widget yang Anda miliki menguras baterai saat penggunaan data, disarankan untuk menghapusnya, atau bisa juga Anda memeriksa dan mengatur penggunaannya.

Hindari suhu panas

Menempatkan ponsel Anda pada suatu tempat yang bersuhu panas dapat menguras kapasitas baterainya setiap waktu. Hindari menempatkan perangkat Android Anda dari tempat yang dekat dengan sinar matahari, di dashboard mobil, atau bisa juga di atas monitor. Selain itu, jangan terlalu lama menempatkan ponsel pada saku di saat cuaca panas. Saat mengisi ulang, Anda juga patut meletakkan ponsel pada lokasi yang tidak membuat panas, sepert pada lantai atau kaca.

Jangan gunakan task killer

Hindari penggunaan task killer karena akan menghentikan jalannya suatu aplikasi yang tidak diinginkan, yang harus dilakukan adalah menghapusnya. Jika menggunakan task killer, setelah aplikasi tersebut dihentikan, maka bisa saja aplikasi tersebut akan menyerap daya baterai ponsel Android, karena aplikasi seperti itu seringnya akan memulai prosesnya lagi dengan sendirinya. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel