Cara Menemukan Pencuri Smartphone, Tablet atau Laptop Anda

1 Feb 2013 15:00 8926 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Harga sebuah perangkat mobile tidaklah murah. Apalagi Anda cinta dengan smartphone, tablet dan laptop yang canggih. Kecanggihan itu harus dibayar mahal dan karena ini adalah perangkat mahal, mobile, kecil dan berharga termasuk data di dalamnya maka pencuri sangat berminat memilikinya.

Harga sebuah perangkat mobile tidaklah murah. Apalagi Anda cinta dengan smartphone, tablet dan laptop yang canggih. Kecanggihan itu harus dibayar mahal dan karena ini adalah perangkat mahal, mobile, kecil dan berharga termasuk data di dalamnya maka pencuri sangat berminat memilikinya.

Entah itu dijual kembali atau dipakai sendiri. Perangkat ini terasa sangat rentan pencurian. Beberapa orang mungkin lebih menghargai data-data yang ada di dalamnya ketimbang perangkatnya itu sendiri. perangkat bisa dibeli, namuan data penting tidak ada duanya. Perangkat ini juga sangat sering kita bawa kemana-mana (memang itu keunggulannya).

Tidak mungkin kita gembok dan rantaikan ke ikat pinggang atau celana. Ini malah menghilangkan predikat mobilenya. Beberapa layanan saat ini banyak yang bergerak dibidang pelacakan perangkat-perangkat elektronik. Jadi, bila perangkat Anda hilang, akan tahu dimana posisi perangkat itu saat ini. Tetapi, setelah kita mengatahui dimana perangkat itu berada apakah otomatis akan menjadi milik kita? Mudah-mudahan, karena pelacak ini bukan berharga murah. Salah satu cara yang sedikit memuaskan kita dan berguna untuk ke depannya adalah mengetahui siapa sebenarnya pencurinya.

Ini menjadi sebuah bukti juga bagi pihak yang berwajib untuk menangkap pelaku pencurian perangkat mobile. Adakah perangkat mobile yang bisa seperti itu? Seperti memiliki CCTV sendiri. mari kita lihat ulasannya berikut ini.

Apa yang dilakukan aplikasi ini Dengan integrasi kamera dan hardware location-based atau GPS, Anda bisa mengidentifikasi siapa saja yang menggunakan ponsel, tablet, laptop Anda tanpa seizin Anda. Seorang maling akan dengan cepat menyambar smartphone Anda di tempat perbelanjaan, pasar, jalan raya dan tempat ramai lainnya. Dengan kamera dan GPS kita bisa melacak di mana sipencuri berada, bagaimana ciri-ciri orangnya dan di mana tepatnya dia berada karena jika hanya GPS  saka, maka tidak akan sedetail itu. Aplikasi ini kemudian mengkatifkan webcam dan mengambil foto dari pencuri perangkat Anda. Data ini kemudian mengirim pesan ke email Anda atau ke situs pusatnya.

Apakah ini bekerja? Ya ini bekerja. Tetapi yang perlu kita pertimbangkan adalah perangkat harus tetap menyala ketika dicuri, ada jaringan internet dan pencuri tidak tahu kalau kamera menyala atau aplikasi ini sedang bekerja. Kalau dia tahu, bisa saja di menyimpannya segera di saku atau menutupinya dengan kain atau sejenisnya. Kita juga butuh strategi dan data yang cukup untuk menangkap si pencuri. Jangan gegabah!

iSpy For Windows Aplikasi ini sangat berguna. Dengan pandainya dia mampu merekam si pencuri laptop Anda. Webcam dapat diatur agar aktif setiap kali ada orang bergerak, dan rekaman yang terbaik bisa diatur agar ter–upload secara otomatis ke YouTube, jadi Anda bisa langsung cek. Perekaman juga bisa dijadwalkan, Anda bisa mengatur waktu perekaman ketika di waktu-waktu Anda jauh dari laptop. Ini tidak hanya digunakan untuk kemanan laptop, bisa juga kita gunakan untuk salah satu kemanan rumah Anda. Batasannya ya, hanya di kamera webcam saja. Kalau kamera webcam Anda bagus maka hasil yang didapt juga bagus, kalau pas-pasan hasilnya jauh dibawah standar. Apalagi bila kita bicara video, bisa-bisa wajah pelaku tidak kelihatan lagi. Silahkan kunjungi website mereka untuk mendownload secara gratis di sini.

Prey: Aplikasi multi platform Prey merupakan aplikasi cross platform yang berfungsi sama dengan aplikasi sebelumnya. Prey memiliki versi Windows, Ubuntu, Mac. Untuk mobile tersedia versi iOS dan Android. Ini membuat aplikasi ini semakin popular. Aplikasi ini sudah banyak dibahas di majalah, website teknologi dan media lain. Aplikasi ini bisa berkolaborasi dengan hardware pihak ke tiga dan berjalan dengan mulus. Jika And belum memiliki aplikasi ini silahkan download di sini.

HiddenEye untuk Android Sedikit berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, aplikasi ini akan mengaktifkan kamera ketika ada orang yang memasukkan password salah ke perangkat Anda. Tidak peduli itu pencuri atau bukan, aplikasi akan mulai mengambil gambar orang tersebut dan melalui kamera depan. Setelah itu dia akan menyimpannya ke memori telepon Anda. Aplikasi ini bisa diintegrasikan dengan DropBox. Aplikasi bisa diatur agar nantinya foto akan dikirim ke DropBox Anda. Jadi Anda perlu memeriksa DropBox bila ingin melihat siapa pencurinya. Silahkan mendownload aplikasi ini dengan gratis di sini.

Demikian cara menemukan pencuri laptop, tablet atau smartphone Anda. Mudah-mudahan dapat membantu Anda dalam meningkatkan keamanan untuk perangkat mobile yang Anda cintai. Ini hanya sebuah tips buat Anda, yang paling penting adalah, jaga benar-benar perangkat Anda. Kita tentunya tidak ingin kehilangan walau banyak aplikasi yang bisa membantu kita menemukannya bukan? [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel