Berbahayakah Medan Magnet Untuk Komputer?

31 Jan 2013 16:00 15206 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Magnet merupakan salah satu benda yang cukup unik karena dapat menari benda-benda lain yang memiliki kandungan metal. Oleh karena itu, terdapat bermacam-macam masalah yang dapat ditimbulkan oleh sebuah magnet terutama untuk barang-barang elektronik yang ada saat ini.

Magnet merupakan salah satu benda yang cukup unik karena dapat menari benda-benda lain yang memiliki kandungan metal. Di jaman dahulu, mungkin orang-orang merasa kebingungan dengan benda ini karena tidak ada manusia yang dapat merasakan daya yang dihasilkan oleh sebuah magnet. Walaupun di jaman sekarang ini kita sudah mengetahui fungsi dan cara kerja dari sebuah magnet, namun bukan berarti magnet sudah tidak berbahaya lagi bagi kehidupan manusia.

Pasalnya, terdapat bermacam-macam masalah yang dapat ditimbulkan oleh sebuah magnet terutama untuk barang-barang elektronik yang ada saat ini. Hal tersebut tentu menimbulkan sebuah pertanyaan tentang bahaya medan magnet terhadap komputer, mengingat komputer merupakan barang elektronik yang cukup sering digunakan. Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan Plimbi berikut ini.

Mengapa magnet dapat membahayakan komputer Anda? Terdapat dua kemungkinan di mana magnet dapat membahayakan sebuah komputer. Yang pertama adalah hilangnya data pada berbagai perangkat yang memiliki magnet di dalamnya seperti hard disk, floppy, disk, dan lainnya. perangkat-perangkat tersebut memiliki magnet di dalamnya sehingga sangat rawan sekali jika suatu saat perangkat tersebut rusak atau mengalami masalah. Hal tersebut tidak lain karena daya magnet yang tidak terkontrol dari hard disk tersebut secara otomatis akan menghilangkan semua data yang ada di dalamnya. Hal kedua yang mungkin saja terjadi adalah sebuah medan magnet yang merusak berbagai perangkat di sekitarnya. Hal tersebut bisa saja terjadi jika ada salah satu komponen bermagnet yang rusak dan kemudian menyebabkan kerusakan untuk komponen lain karena kekuatan medan magnetnya.

Apakah kita harus takut terhadap magnet? Tidak perlu. Magnet dan perangkat yang memiliki medan magnet merupakan sebuah hal yang umum kita temui di era modern ini, dan kebanyakan dari perangkat tersebut tidak memiliki kekuatan yang cukup besar untuk memberikan dampak buruk terhadap barang elektronik. Terdapat banyak rumor yang mengatakan jika sebuah magnet dapat menghapus data yang ada di dalam sebuah floppy disk. Padahal, magnet yang biasa kita temui tidak akan bisa melakukan hal tersebut karena menghapus isi dari sebuah floppy disk membutuhkan magnet yang sangat kuat yang sangat sulit sekali Anda temui. Hal serupa juga berlaku pada hard disk. Untuk menghapus data yang terdapat di dalam sebuah hard disk, maka Anda harus membuka hard disk tersebut dan mendekatkannya ke sebuah medan magnet yang sangat kuat. Medan magnet yang sangat kuat tersebut tentunya hanya tidak akan Anda temui kecuali di sebuah laboratorium ilmiah atau pada sebuah ledakan nuklir. Berbagai macam komponen komputer masa kini seperti solid state memory dan RAM tidak akan terpengaruh oleh magnet karena komponen tersebut tidak menggunakan magnet sebagai bahan bakunya. Selain itu, hampir semua komponen komputer juga tidak akan terpengaruh oleh sebuah magnet yang sering Anda temui sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadapnya.

Masalah lainnya Hampir semua subwoofers menggunakan magnet yang sangat kuat sehingga banyak yang menggap dapat membahayakan komputer. Namun biasanya hanya subwoofer berukuran raksasa lah yang menggunakan magnet semacam itu sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadapnya. Buktinya, banyak orang-orang yang menaruh komputer di dekat sebuah subwoofer namun tidak terjadi masalah apa-apa terhadap komputernya. Masalah nyata yang biasa ditimbulkan sebuah magnet adalah distorsi gambar yang terjadi di sebuah monitor CRT lama. Jika terlalu dekat dengan magnet biasanya monitor tersebut akan berubah warna atau ada garis-garis di dalamnya. namun hal tersebut tidak akan terjadi pada monitor LCD yang ada saat ini. Masalah lain biasanya terjadi kepada kabel yang tidak memiliki pelindung yang tebal. Masalah tersebut biasanya terjadi pada kabel audio yang tersambung ke komputer Anda, Walaupun kabel Anda tidak akan samapi rusak oleh sebuah magnet, namun kualitas sinyal yang dibawanya biasanya akan berkurang sehingga Anda harus membeli sebuah kabel baru.

Kesimpulan Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa magnet bukanlah ancaman yang serius untuk berbagai komponen komputer yang ada di masa sekarang ini. Pasalnya, kekuatan magnet yang ada sekarang tidak cukup kuat untuk merusak komponen-komponen tersebut sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel