Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tablet Android Baru

30 Jan 2013 20:00 4727 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda sedang bimbang mengenai perangkat Android apa yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan, maka Plimbi akan memberikan pedoman hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli smartphone atau tablet Android baru.

Adalah hal yang menyenangkan jika kita dapat memangkas waktu pencarian perangkat Android yang kita inginkan, namun dengan hasil yang sesuai harapan. Jika Anda sedang bimbang mengenai perangkat Android apa yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan, maka Plimbi akan memberikan pedoman hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli smartphone atau tablet Android baru.

Kebutuhan

Sebelum mencari perangkat Android baru, pikirkanlah apa yang bisa Anda dapatkan dengan uang yang dimiliki untuk membelinya, dan sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah Anda lebih mementingkan kebutuhan berselancar di dunia maya, membuat catatan dengan mudah, atau menonton film? Apakah Anda hanya menginginkan ponsel untuk telepon dan memeriksa email? Apakah Anda membutuhkan hiburan seperti game? Seberapa pentingkah kapasitas daya baterai bagi Anda? Maka dengan keinginan yang Anda harapkan, Anda dapat membuat daftar kebutuhan tersebut. Ini akan membantu Anda dalam memilih perangkat tablet Android baru yang cocok dan Anda akan menghilangkan hal-hal yang tidak sesuai kebutuhan.

Layar

Layar sangat berpengaruh pada kebutuhan pengguna perangkat Android sekarang ini. Jadi, hal yang perlu Anda lihat pertama kali pada perangkat Android baru adalah layar. Ada banyak ukuran layar Android sekarang ini, mulai dari ukuran 3 inch hingga 10 inch, maka ukuran layar sangat penting saat ini, karena penambahan sedikit ukuran saja akan membuat perbedaan yang cukup besar. Isu yang terdapat pada ukuran layar adalah, ukuran 10 inch bisa Anda Anda manfaatkan untuk mengetik mudah, menonton film, serta bermain game. Begitu juga dengan ukuran 7 inch, namun disini ukuran sebesar itu lebih portable, dan membuat menulis catatan menjadi lebih mudah. Ukuran 5 inch adalah ukuran yang membingungkan, namun Anda bisa mendapatkan manfaat dari smartphone dan juga tablet. Jika Anda menginginkan kepraktisan, dan semua hal dari layar berukuran besar akan diperkecil, maka ukran 4 inch ke bawah tepat bagi Anda.

Selain ukuran, resolusi juga dapat mempengaruhi penggunaan layar. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran layar. Jumlah pixel per inch (ppi) akan berpengaruh pada ketajaman layar. Semakin banyak jumlah ppi, maka semakin tajam layar suatu perangkat Android. Dengan banyaknya jumlah ppi, maka kita akan nyaman memanfaatkan perangkat Android untuk membaca dan juga menonton video dalam kualitas tinggi.

Prosesor, RAM, dan kapasitas penyimpanan

Prosesor adalah hardware yang sangat penting dalam menjalankan kinerja Android. Untuk kebutuhan sekarang ini, memilih prosesor adalah antara dual-core atau quad-core. Multicore prosesor berarti akan membuat kinerja Android lebih efisien, karena mereka dapat membagi tugas, bagian demi bagian pada setiap core. Secara teori, tugas akan cepat dijalankan, dan akan berpengaruh pada penggunaan baterai yang hemat, namun dalam prakteknya, tidak semua hal tersebut terjadi, karena ini juga dilihat dari aplikasi dan game yang Anda gunakan. Secara umum, untuk kebutuhan sekarang ini, Anda paling tidak membutuhkan prosesor di atas dual-core, dan jumlah GHZ yang cukup besar, paling tidak di atas 1 GHz.

Setelah prosesor, maka RAM adalah hal yang harus Anda perhatikan. Semakin besar memori RAM, semakin banyak data yang bisa Anda proses. Anda paling tidak membutuhkan RAM sebesar 512 MB, tetapi 1GB atau lebih akan bekerja lebih baik lagi bagi Anda. Selain proses, kapasitas penyimpanan yang lebih banyak juga akan memberikan Anda ruang yang lebih. Untuk pekerjaan yang membutuhkan produktifitas seperti berkirim email, foto, dan video, maka untuk perangkat tablet Android baru dibutuhkan kapasitas 8 GB ke atas. Selain itu, kebanyakan perangkat Android memiliki slot kartu memori yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Port dan kamera

Fitur tambahan seperti port dan kamera juga bisa Anda perhatikan. Namun pada zaman sekarang ini, perangkat Android telah memiliki port yang cukup bisa Anda manfaatkan, seperti port microUSB dan jack headphone, serta ada juga yang menambahkan HDMI. Begitu juga dengan kamera, perangkat Android memiliki kamera untuk kebutuhan penggunanya yang bisa diandalkan. Intinya, untuk fitur tambahan ini, tergantung pada keinginan penggunanya. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel