99design.com - Kontes Desain Tanpa Henti yang Bisa Anda Akses Online

1 Feb 2013 14:30 4733 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Desain ataupun rancangan adalah berupa bentuk visual yang memiliki arti dan nilai tertentu. Untuk kali ini plimbi akan mencoba untuk memberikan review untuk situs yang sangat berkompeten dalam kompetensi desain diseluh dunia. Dari pernyataan sebelumnya yang dimaksud adalah 99design.com.

Desain ataupun rancangan adalah berupa bentuk visual yang memiliki arti dan nilai tertentu. Untuk kali ini plimbi akan mencoba untuk memberikan review untuk situs yang sangat berkompeten dalam kompetensi desain diseluh dunia. Dari pernyataan sebelumnya yang dimaksud adalah 99design.com.

99design.com didirikan pada 2008 yang sekarang memiliki lebih kurang 70 orang pegawai yang bertempat di San Francisco, Melbourne, Berlin, Paris dan London ini memilih untuk memberikan pelayanan sebagai website yang menyediakan jasa untuk menghubungkan antara perusahaan dengan para desainer lepas dari seluruh dunia yang memiliki kualitas yang dapat diandalkan dalam kontes desain ini. Pada 99design.com ini perusahaan yang membutuhkan desain terbaru dapat membuat kompetisi dengan hadiah tertentu yang pastinya akan diikuti oleh banyak desainer dari seluruh dunia. Dengan adanya website ini perusahaan tidak harus susah payah untuk mengontrak satu designer hebat dan mengaturnya dengan menjelaskan konsep desain logo dari perusahaan secara rinci. Di 99design.com perusahaan cukup dengan mendeskripsikan sedikit informasi tentang perusahaan, apabila membutuhkan logo baru untuk perusahaan, maka perusahaan tersebut dapat mengisi design briefing nya. Didalam design brief ada yang dapat diisi oleh perusahaan seperti Nama untuk mendampingi logo, model logo yang disarankan, ada juga istilah values to communicate yang ukuran kecenderungana desain seperti Luxury pada sisi kiri dan Economical pada sisi kanan, apabila garis tengah lebih condong kearah kiri, maka dapat diketahui bahwa logo harus memiliki kesan luxury atau kemewahan dan begitu juga sebaliknya. Pada values to communicate terdapat beberapa hal yang menjadi parameter logo tersebut. Terdapat juga tulisan Color Preferences yang berarti warna dominan untuk desain tersebut dan selanjutnya diterangkan oleh perusahaan untuk apa logo ini dibuat, misalnya untuk diletakkan pada header website atau untuk di print ke brosur. Untuk penjelasan lebih lanjut terdapat pada kolom Notes dan File attached yang berguna bagi perusahaan untuk memberikan sedikit gambaran kepada para desainer.

Untuk segi prestasi dari website 99design.com ini pada 2010 dianugerahi penghargaan Webby People’s Voice sebagai Best Web Service & Application of the year. Untuk penghargaan yang lebih lagi menurut saya adalah banyaknya quotes dari perusahaan-perusahaan terkenal didunia yang memberikan apresiasi yang cukup besar kepada 99design.com.

Untuk kompetesi pada 99design.com juga memiliki aturan yang berbeda-beda. Ada beberapa kompetisi yang dalam kontesnya bisa dikatakan kontesnya terbuka, yang dimaksud dengan terbuka disini bahwa desain yang dikirim oleh para desainer akan langsung tampil pada halaman awal kontes disertai dengan waktu upload dan ratingnya. Ada juga yang dikatakan kontes tertutup atau blind. Pada kontes desain ini karya yang telah diunggah ke halaman kontes hanya menampilkan nama pengunggah,waktu dan rating sedangkan desain tidak muncul. Dapat kita cermati sedikit bahwa untuk kompetisi yang terbuka, para desainer dapat mencari inspirasi dari desain-desain yang telah diunggah terlebih dahulu, yang lebih parah bahkan bukan hanya menjadi inspirasi melainkan menjadi jiplakan yang hanya membedakan sedikit saja. Untuk yang blind kontes sendiri jelas bahwa para desainer menggunakan kreatifitasnya sendiri tanpa dipengaruhi atau terpengaruh oleh desain-desain yang lainnya. Kalau bicara tentang hadiah yang diberikan, Untuk desain logo rata-rata hadiah berkisar di $200 walaupun ada yang lebih tinggi dan lebih rendah. Pembayaran hadiah biasanya dilakukan sekitar 2 minggu kedepan sejak pengumuman pemenang. Metode yang dipakai berbagai jenis termasuj paypal dan western union walaupun pada akhirnya nanti akan ada potongan beberapa persen.

Bagi para plimbi yang senang bergelut di dunia desain, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti kontes ini, Kontes yang tidak dipungut biaya ini sangat dapat diandalkan untuk meningkatkan perhatian kita terhadap aturan perusahaan dimana didalam dunia kerja sendiri hal itu penting sekali. 99design.com juga dapat menambah pengalaman dalam berinteraksi dengan perusahaan. Apabila pada akhirnya kita tidak memenangkan kontes desain ini, kita bisa menjadikan desainsebagai portofolio yang dapat membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan di dunia desain. Kalau untuk persaingan yang lebih kecil, kita dapat mengakses sribu.com yang memiliki konsep yang sama tetapi kontes hanya diselenggarakan di Indonesia. [ANC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel