Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan pada Portable Charger Power Bank (2)

27 Jan 2013 09:00 3536 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Artikel ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai cara memahami dan memilih **Portable Charger Power Bank** yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari kita lanjutkan penjelasan berikutnya.

Artikel ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai cara memahami dan memilih portable charger Power Bank yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari kita lanjutkan penjelasan berikutnya.

Tipe Sumber Daya Charger.

Saat ini di pasaran indonesia memang lebih banyak dikenal charger portabel yang sumber dayanya berasal dari outlet listrik. Artinya kita harus menyambungkan charger portabel ke colokan listrik untuk mengisi daya nya hingga penuh untuk bisa dibawa kemana-mana. Tapi, sejatinya charger portabel memiliki banyak sumber daya alternatif. Diantaranya adalah:

Cahaya Matahari

Melalui sebuah solar panel, maka cahaya matahari akan diokonversi menjadi energi elektrik yang disimpan dalam baterai charger. Tipe portable charger Power Bank yang memiliki sumber daya dari matahari ini biasanya berukuran besar, karena membutuhkan permukaan yang cukup lebar agar terkena paparan matahari yang lebih efektif. Jenis seperti ini cocok untuk Anda yang berniat membawa laptop, kamera digital, ponsel, ataupun alat cukur elektronik kesebuah acara naik gunung atau perkemahan.

USB (komputer)

Ada juga beberapa charger portabel yang mengharuskan kita mengisi ulang baterainya dengan USB komputer. Mungkin beberapa dari Anda juga sebenarnya menggunakan jenis ini, hanya saja biasanya sudah menggunakan sebuah adapter AC to USB, seperti charger iPhone dan android. Dimana baterai bisa terisi dengan voltase 5 volt untuk kemudian dibawa kemana-mana.
Jenis ini juga termasuk banyak di pasaran. Ukurannya lebih variatif dan cocok untuk Anda yang membutuhkan daya alternatif ketika di perjalanan pendek.

12 Volt DC (kendaraan)

Colokan pemantik api di mobil juga digunakan untuk melakukan chargir beberapa jenis charger portabel sebelum mereka digunakan. Agak bias juga memang, karena ketika kita sudah punya mobil dan charger melalui port pemantik api, mengapa kita butuh charger portabel. Diluar negeri sana, ada juga mereka yang suka berpergian menggunakan dua moda kendaraan dan bergantian. Kadang membawa mobil ke taman nasional, lalu memarkirkannya dan selanjutnya selama seharian penuh melakukan aktivitas di taman tersebut. Untuk Anda yang merasa seperti itulah kira-kira jenis charger ini dibuat.

Wall outlet (colokan listrik rumahan)

Ini merupakan jenis charger yang paling banyak ditemui. Dimana charger akan mengisi ulang baterainya dengan dicolokan ke listrik rumah, sebelih dibawa pergi dan menghidupi ponsel-ponsel yang kehabisan daya.

Baterai AA

Sebelum bermunculan banyak jenis Power Bank atau Power Pack di indonesia, charger portabel pertama kali berasal dari tenaga baterai AA. Kita bisa menyiapkan banyak baterai AA ketika dalam perjalanan. Ketika baterai charger sudah lemah, kita bisa menggantinya dengan baterai AAl lain dan proses charging dari charger portabel ke ponsel bisa berjalan kembali. Positifnya, charger jenis ini akan terasa paling portabel, paling praktis dan paling bisa dibawa kemana-mana. Sayangnya baterai AA juga tidak murah. Belum lagi sampah yang dihasilkan dari baterai-baterai yang tidak digunakan. Secara umum, Anda tidak bisa mengisi daya ponsel ketika si charger sedang diisi ulang. Jadi, Anda musti cermat memilih waktu, kapan. Melakukan isi ulang charger, dan kapan menggunakannya untuk isi ulang daya pada ponsel.

Berikut ini adalah beberapa produk yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Mili Power King (HB-P18)

Produk ini merupakan charger portabel dengan kapasitas super. Anda bisa menggunakannya untuk mengisi daya pada laptop, ponsel, tablet, hampir untuk seluruh merek yang ada di pasaran. Harganya memang masih sedikit mahal, tapi kinerjanya tidak akan mengecewakan. Charger portabel ini memiliki kapasitas sampai 18,000 mAh, jika kita bandingkan dengan Samsung Galaxy SIII dengan kapasitas sekitar 2,100 mAh, maka charger portabel ini mampu mengisi hingga 8 kali. Pengisiannya pun hingga kapasitas penuh sekitar 2 jam. Ukuran dari produk ini adalah 90 x 209 x 21 mm. Lumayan besar, namun cukup menguntungkan mengingat kapasitasnya yang tidak kecil. Power Bank satu ini merupakan charger yang mendapatkan daya yang bersumber dari DC 19 Volt. Anda bisa mencolokkannya langsung ke Wall Outlet listrik di rumah. Produk ini dibanderol dengan harga sekitar 1.9 juta rupiah.

YooBao Thunder Power Bank Tranformer

Sama halnya dengan Mili Power King, YooBao Thunder juga menawarkan kapasitas baterai charger yang cukup besar. Yakni 13.000 mAh. Besaran ini akan menyediakan daya untuk hampir semua barang elektronik Anda seperti ponsel, PSP,NDS,iPad dan sebagainya. Satu hal lain yang membuatnya direkomendasikan adalah kemampuannya untuk menyuplai daya ke dua perangkat sekaligus dalam satu masa. Menariknya charger ini masih dalam kisaran harga yang terjangkau. Produk ini dibanderol dengan harga 450 ribu rupiah. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel