Tips Internet Explorer Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

22 Jan 2013 17:00 2756 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Website teknologi banyak mengulas tentang mesin pencari Chrome, Mozilla dan Bing. Jarang sekali mengulas tentang **tips Internet Explorer**. Ini membuat pengguna Internet Explorer menjadi agak tersisihkan karena tidak mengikuti mainstream.

Website teknologi banyak mengulas tentang mesin pencari Chrome, Mozilla dan Bing. Jarang sekali mengulas tentang tips Internet Explorer. Ini membuat pengguna Internet Explorer menjadi agak tersisihkan karena tidak mengikuti mainstream. Namun, bila Anda memperhatikan, banyak sekali perubahan yang dilakukan pengembang Internet Explorer pada produk terbarunya Internet Explorer 9. Bisa dibilang, produk ini adalah produk terbaik sepanjang perjalanan IE menjadi browser bawaan Windows. Apa saja tips Internet Explorer 9 kali ini? silahkan simak ulasannya.

Beberapa fiturnya mungkin bisa kita sebutkan sebagai fitur high-class. Misalnya, Internet Explorer terintegrasi dengan baik dan disematkan pada taskbar Windows 7 dan situs juga disematkan berbagai fitur yang lebih dari aplikasi shortcut Chrome. Akselerator situs juga sangat berguna untuk melihat halaman-halaman web saat ini.

Pin website ke taskbar

Bukan hanya aplikasi yang bisa disematkan ke taskbar, kita juga bisa menyematkan website pada taskbar kita. Untuk menyematkannya, tinggal Anda drag ikon dari alamat website yang ingin di pin. Untuk mengakses website tersebut, tinggal klik ikonnya di taskbar Anda. Untuk beberapa website yang mendukung fitur ini, kita akan melihat notifikasi pada ikon taskbar tersebut seperti Hotmail. Ada notifikasi berapa pesan masuk yang belum dibaca di Hotmail Anda. Facebook juga mendukung fitur ini untuk notofikasi. Hanya saja bukan seperti notifikasi pada facebook, ada tidaknya notifikasi ditandai dengan tanda bintang berwarna merah pada ikon Facebook di taskbar Anda.

Kurangi add-ons untuk kecepatan

Banyak add-ons yang bisa di instal ke Internet Explorer 9. Namun, add-ons ini akan memperlambat kinerja IE 9 Anda. butuh waktu me-load semua add-ons itu agar bisa terbuka dengan sempurna. Ini bukan hanya berlaku untuk browser IE saja, hampir semua browser memiliki masalah yanga sama. Agak lambat startup-nya bila banyak di instal add-ons. IE 9 akan mengidentifikasi semua add-ons yang Anda pasang, bila ternyata add-ons itu mengurangi performa IE Anda atau memperlembat kinerjanya maka Anda akan dianjurkan untuk menonaktifkan add-ons tersebut.

Aktifkan Akeselerator
Internet Explorer sudah satu paket dengan akselerator website untuk mengirim email dengan Hotmail, pemetaan alamat website dengan Bing dan menterjemahkan bahasa dengan Bing Translate. Memang ini sudah satu bagian, tetapi kita bisa menonaktifkan fitur-fitur dari IE 9 ini ketika proses instalasi. Atau bila ternyata Anda membutuhkan mereka, tinggal aktifkan mereka melalui panel Accelerators di jendela Manage Add-Ons.

Untuk menggunakan akselerator, pilih halaman web kemudian klik kanan atau juga bisa mengklik ikon akselerator yang muncul. Dengan ini, Anda bisa langsung bisa mendapat akses instan langsung dari halaman web. Misalnya, Anda bisa melihat alamat di map secara langsung atau menterjemahkan teks tanpa loading halaman baru.

Untuk mendapatkan berbagai macam akselerator, klik tautan Find More Accelerators di jendela Manage Add-ons atau juga bisa Anda kunjungi Microsoft’s IE add-ons gallery.

Tetapkan mesin pencari Anda

Beberapa program yang kita instal sering mengubah mesin pencari kita secara otomatis. Bukan beberapa program, tetapi banyak sekali program yang menggunakan cara ini untuk promosi. Bila Anda tidak terlewat pilihan ketika menginstal sebuah program, lebih baik pilih untuk tidak menginstal browser lain. Namun di IE 9, Anda bisa menghentikan manipulasi seperti di atas. IE 9 mampu mengunci browser utama yang Anda pakai dan akan meminta persetujuan Anda ketika akan dirubah, aplikasi lain tidak akan bisa mengubahnya.

Untuk melakukan pengaturan ini klik jendela Manage Add-ons kemudian pilih Search Providers di sidebar dan aktifkan Prevent programs from suggesting changes to my default search provider. Dengan begini tidak akan ada program yang bisa mengubah tanpa seizin Anda.

Reopen closed tabs

Di Internet Explorer 7 tab untuk browser mulai disematkan tetapi, ada fitur penting yang tidak dimasukkan yaitu Reopen closed tabs (membuka kembali tabs yang ditutup). Untungnya, pada IE 8 kemapuan ini mulai di masukkan. Kita bisa membuka kembali tab yang kita tutup dengan mengklik kanan tab pada IE dan pilih Reopen closed tab. Anda juga bisa memilih tab yang baru Anda tutup untuk dibuka.

Browsing secara privat dengan InPrivate Browsing

Untuk mengaktifkan privat browsing Anda harus mengklik ikon gear, arahkan ke Safetly dan pilih InPrivate Browsing. Dalam mode InPrivate Browsing, IE tidak akan menyimpan segala macam history, cache, cookies, atau temporary internet files. Anda menggunakan IE secara pribadi. Dengan kata lain, orang yang akan menggunakan komputer Anda setelah Anda tidak akan melihat apa-apa saja kegiatan Anda ketika menggunakan IE.

Mendapat Sugessted Sites

Tips Internet Explorer lainnya, Anda juga bisa disarankan website-website sesuai dengan website yang sering Anda kunjungi melalui IE. Hal ini dilakukan dengan cara mengirim situs-situs yang sering Anda kunjungi ke server Microsoft, kemudian Microsoft memberikan rekomendasi website yang mirip. Tetapi, karena ini terkait ke server Microsoft, pastikan produk yang Anda pakai adalah produk yang asli.

Untuk mengaktifkan fitur ini, klik kembali ikon gear, arahkan ke menu file dan pilih Sugessted Sites. Anda juga harus mengaktifkan bar favorit dengan mengklik kanan toolbar IE dan pilih bar Favorit. Klik bar Sugessted Site untuk mendapatkan hasil yang sama, hanya saja ini dengan cara yang lebih cepat. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel