Spark Socket - Program Lampu Rumah Anda Melalui Gadget Terbaru Ini

11 Dec 2012 17:30 3034 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gadget terbaru ini dapat menghidupkan lampu-lampu di ruangan rumah Anda seperti halnya apa yang beragam aplikasi lakukan pada smartphone. Spark Socket merupakan sebuah gadget WiFi terbaru yang memiliki bentuk seperti halnya socket lampu biasa.

Gadget terbaru ini dapat menghidupkan lampu-lampu di ruangan rumah Anda seperti halnya apa yang beragam aplikasi lakukan pada smartphone. Spark Socket merupakan sebuah gadget WiFi terbaru yang memiliki bentuk seperti halnya socket lampu biasa. Namun yang membuatnya menjadi tidak biasa adalah kemampuannya terkoneksi dengan internet melalui WiFi yang terdapat di rumah Anda. Makan Anda dapat mengontrol secara mudah beragam lampu melalui perangkat smartphone, tablet, atau bahkan komputer sekalipun. Spark Socket menawarkan banyak kegunaan bagi rata-rata konsumennya.

Kemampuan untuk membangunkan Anda saat pagi tiba dengan mengatur program penghidup lampu, atau menyalakan lampu hidup dan mati saat berlibur agar rumah terlihat seperti berpenghuni. Anda pun dapat mengatur program penghidupan lampu secara temaram tergantung dengan cuaca. Namun, sejatinya produk ini akan sangat berguna bagi para penyandang disabilitas pendengar. Mungkin Anda akan bertanya mengapa gadget terbaru ini cocok bagi mereka? Adalah Zach Supalla, desainer yang mendesain perangkat ini yang memiliki ayah dengan keterbatasan pendengaran dan menggunakan lampu atau cahaya untuk berkomunikasi. Untuk beberapa kasus, seorang penyandang disabilitas pendengaran mungkin memiliki sebuah lampu apabila bel pintu menyala. Dengan kemampuannya terkoneksi dengan WiFi, Sparck Socket mampu mempermudah cara kerja para penyandang disabilitas pendengaran di rumah. Perangkat ini pun akan sangat berguna untuk membuat semacam lampu penanda ketika seseorang mendapatkan sebuah pesan teks atau untuk memberikan peringatan bagi orang lain yang membutuhkan perhatian mereka.

Program Spark dapat diatur dalam beberapa menit melalui WiFi dan mudah untuk digunakan. Bahkan Supalla telah mendesain perangkatnya ini agar setiap orang dilengkapi dengan software pengembangan yang memungkinkan mereka membuat aplikasi Spark sesuai dengan keinginan mereka. Walau terbilang canggih karena mampu terkoneksi melalui WiFi 802.11b/g/n, Spark dapat mendukung penggunaan lampu-lampu standar rumah. Apabila Anda memiliki sebuah router WiFi maka Anda tidak membutuhkan hardware tambahan untuk memanfaatkan Sparck Socket. Spark Socket sendiri mari berupa sebuah proyek yang digulirkan lewat Kickstarter. Platform software-nya sendiri bersifat terbuka. Artinya beragam perusahaan dapat menerima ide-ide dari para pengembang mengenai bagaimana perangkat ini dapat lebih berguna bagi para konsumennya kelak.

Sebelumnya produk-produk serupa telah diluncurkan dengan fokus yang ditujukan untuk fitur hiburan dan aspek kenyamanan ruang. Pada bulan September lalu saja, sebuah perangkat bernama LIFX yang terkoneksi dengan WiFi dapat mengontrol lampu melalui aplikasi Android dan juga iOS. Tak mau kalah, Spark Socket pun dapat diakses melalui program menggunakan perangkat-perangkat seperti iPhone, smartphone Android, atau bahkan komputer di rumah Anda dengan cara login ke dalam website atau melalui aplikasi mobile. Perangkat ini telah dikembangkan lebih dari satu tahun. Pengerjaannya dilakukan mulai dari konsep dasar menggunakan sebuah Arduino dan lampu LED untuk mendapatkan seluruh fungsi dari prototipe produk final mereka.

Dikembangkan sebagai proyek dari Spark Devices yang berbasis di Minneapolis, Amerika Serikat dan Zach Supalla sebagai penemu, proyek ini menawarkan banyak pilihan bagi Anda yang tertarik memproduksinya kelak. Hingga saat ini Spark Devices telah mencapai ke tahan pembuatan prototipe keempat. Bagi Anda yang tertarik mengenalnya lebih jauh, Anda dapat mengaksesnya di sini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel