Cara Cek Jaringan Selular untuk Handset Android dan BlackBerry

23 Jan 2013 16:30 13410 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda pernah merasa koneksi internet Anda begitu lemot, sehingga kenyamanan Anda ketika sedang melakukan aktivitas internet di ponsel pintar Anda menjadi terhambat? Apakah Anda kemudian merasa bingung dan penasaran penyebab koneksi internet Anda lemot? Apakah kesalahan dari operator atau ponsel Anda yang mengalami kerusakan teknis yang menyebabkan koneksi internet Anda terhambat?

Apakah Anda pernah merasa koneksi internet Anda begitu lemot, sehingga kenyamanan Anda ketika sedang melakukan aktivitas internet di ponsel pintar Anda menjadi terhambat? Apakah Anda kemudian merasa bingung dan penasaran penyebab koneksi internet Anda lemot? Apakah kesalahan dari operator atau ponsel Anda yang mengalami kerusakan teknis yang menyebabkan koneksi internet Anda terhambat? Atau mungkin Anda adalah pencinta pengguna kartu SIM dengan banyak operator demi mendapatkan koneksi internet dengan harga murah? Jika ya, maka kali ini Plimbi akan membahas aplikasi pada ponsel pintar Android untuk memeriksa jaringan seluler Anda secara cepat dan mudah, sehingga Anda tidak perlu melakukan pemeriksaan ke Customer Service untuk memastikan bahwa jaringan seluler di daerah Anda bermasalah atau tidak.

Atau bagi Anda yang ingin menggunakan kartu SIM baru untuk koneksi internet Anda, Anda dapat dengan mudah melakukan pemeriksaan koneksi atau jaringan seluler Anda dengan mudah. Aplikasi tersebut bernama My Mobile Coverage. Mari kita simak panduan cara cek jaringan internet dengan aplikasi tersebut.

- Download aplikasi My Mobile Coverage dari Play Store. Aplikasi berukuran 2.5 MB ini dapat Anda unduh secara gratis. - Bila Anda belum mendaftarkan diri Anda, silakan daftarkan diri Anda untuk membuat akun baru melalui www.mymobilecoverage.com.

- Aktifkan fitur GPS dengan tujuan untuk meningkatkan akurasi pemeriksaan oleh aplikasi.

- Pada halaman depan, maka Anda akan menemukan Maps, Compare, Trouble Tweet, dan Speed Test. Keempat opsi ini memiliki fungsi masing masing yang akan membantu Anda untuk memeriksa dan memaksimalkan koneksi internet Anda, baik untuk pengaduan atau bahkan memilih operator yang pas untuk Anda gunakan. Mari kita simak pembahasan mengenai keempat opsi tersebut.

Maps Opsi ini berguna untuk melihat apakah kondisi cakupan dari jaringan operator Anda saat itu. Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan Operator A, kemudian Anda memilih opsi ini, maka aplikasi akan memeriksa dan menampilkan cakupan jaringan Anda. Semakin rapat, maka semakin stabil koneksinya.

Compare Opsi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membandingkan jaringan dari operator tertentu. Anda dapat memeriksa hasil pemeriksaan yang ditampilkan dari rangking, call stats, call stats benchmark, bahkan WiFi download speed.

Trouble Tweet Opsi ini berfungsi untuk menAndai lokasi dengan masalah yang Anda temukan. Selain menAndai, Anda juga dapat menentukan tingkat masalah yang Anda temukan.

Speed Test Opsi ini mungkin adalah opsi yang sudah biasa Anda temukan pada aplikasi lain. Ya betul, aplikasi ini berfungsi untuk memeriksa kecepatan akses internet Anda. Selain Android, aplikasi ini juga mendukung untuk Anda gunakan di BlackBerry. Aplikasi berukuran 785 KB ini dapat Anda unduh secara gratis di BlackBerry App World. Aplikasi ini terbilang cukup baik, namun sayangnya menurut halaman web resmi, baru beberapa ponsel pintar yang mendukung penggunaan aplikasi ini.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa langsung memeriksa ponsel pintar apa saja yang mendukung untuk menggunakan aplikasi ini di sini.

Untuk iOS aplikasi ini masih belum tersedia, namun sedang dalam tahap pengembangan, semoga saja bisa segera dirilis sehingga para pengguna iOS pun dapat mencoba aplikasi ini. Silakan mencoba untuk Anda yang ingin memeriksa jaringan dari operator Anda. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel