Inilah Cara Menganti atau Menambah Font BlackBerry

18 Jan 2013 09:00 8610 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu handphone yang juga menjadi pilihan masyarakat indonesia adalah BlackBerry. Banyak font yang dapat dipilih pada handphone ini. Salah satunya yaitu font BlackBerry unik ketika meng-*update* status atau mengomentari status orang di media sosial.

Salah satu handphone yang juga menjadi pilihan masyarakat indonesia adalah BlackBerry. Handphone yang terkenal dengan BlackBerry Messenger (BBM) ini juga dapat ditambahi dengan berbagai font. Banyak font yang dapat dipilih pada handphone ini. Salah satunya yaitu font BlackBerry unik ketika meng-update status atau mengomentari status orang di media sosial.

Untuk membuatnya seperti itu, caranya sangat mudah. Dalam pembuatannya, Anda tidak perlu lagi menggunakan software. Jadi penggunaannya pun hanya mendownload font yang diinginkan saja. Lalu, dilakukan proses pengaturan pada BlackBerry. Untuk menganti dan menambahkan font BlackBerry ini juga dapat digunakan pada seluruh perangkat baik yang menggunakan OS 4, OS5 dan yang terbaru.

Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mendownload beberapa font yang dapat digunakan. Dalam mendownload, Anda dapat menggunakan BlackBerry, komputer, dan perangkat yang lain. Untuk memudahkan, Anda dapat menggunakan BlackBerry dengan memanfaatkan WiFi di sekitar Anda. Sehingga, proses download lebih cepat dan dapat langsung digunakan. Salah satu font yang dapat di download adalah melalui link di bawah ini:

Jadi, sebelum menggunakan font tersebut, Anda harus mengubah format font. Awalnya, font BlackBerry adalah .ttf. Untuk dapat digunakan, Anda harus menggantinya menjadi .font. dengan cara itu font tersebut akan dapat digunakan. Untuk cara menganti atau menambah font pada BlackBerry adalah sebagai berikut :

  • Jalankan aplikasi yang Anda download tersebut pada Home atau Folder Aplication.

  • Pilih File Folders.

  • Masuk ke Media Card.

  • Pilih font yang akan ditambahkan.

  • Setelah tipe font sudah dipilih, klik Menu dan pilih Cut.

  • Klik tombol Back untuk masuk ke halaman semula. Pada halaman tersebut, masuk ke Device.

  • Kemudian, pilih tombol Menu dan pilih Show Hidden yang berada di urutan ketiga dari atas.

  • Jika folder font sudah ada, Anda dapat menavigasikan ke folder /Device/appdata/rim/fonts/. Tetapi jika belum ada, Anda dapat membuatnya dengan cara klik tombol Menu dan pilih New Folder. Dengan itu maka folder font sudah ada pada BlackBerry Anda.

Setelah proses pembuatan folder font selesai, install font tersebut pada BlackBerry. Adapun caranya adalah dengan mengklik tombol Menu> Paste. Itulah langkah awal untuk satu font yang ingin Anda install. Jadi, jika Anda ingin menginstall font yang lebih banyak lagi maka ulangi langkah di atas. Perhatikan langkah di atas agar tidak terjadi kesalahan, sehingga, mengakibatkan font tidak muncul di handphone BlackBerry. Kemudian, lepas pasang handphone BlackBerry. Proses melepas baterai ini lebih dikenal dengan sebutan hardreset.

Jika sudah selesai dilakukan hardreset, pasang kembali baterai tersebut dan hidupkan kembali handphone BlackBerry. Untuk melihat font yang sudah terinstall dan beberapa font yang lain, masuk ke menu Options> Device> Screen Display*. Dengan cara itu, Anda akan masuk ke menu Font Family. Pada menu inilah Anda dapat memilih font yang baru saja di install. Jika menginstal font lebih dari satu, Anda akan mempunyai banyak pilihan untuk memilih font yang diinginkan pada menu Font Family.

Hal penting yang perlu diketahui dalam cara mengganti atau menambahkan font pada BlackBerry ini adalah terkait dengan BlackBerry dengan OS5 dan OS6. Untuk tipe kategori tersebut, Anda tidak dapat menggunakan font yang melebihi 90Kb. Jadi maksimal ukuran font tersebut adalah 90Kb. Font yang melebihi 90Kb akan berakibat tidak terbacanya font tersebut pada BlackBerry Anda.

Selain itu, semua BlackBerry memang dapat diganti fontnya. Namun, tidak semua font tersebut akan tampil sempurna di layar BlackBerry. Jadi, Anda harus dapat mengukurnya sendiri. Jika memang tidak terbaca, Anda dapat menghapus font tersebut dari BlackBerry. Untuk font sendiri, tidak hanya support untuk file dengan format .ttf melainkan juga format .otf.

Proses pengaturan dan penginstalan font memang terlihat berbeda dengan yang lain. Salah satunya adalah BlackBerry dengan OS5. Untuk masuk ke file manager, Anda harus pergi ke menu Aplication. Lalu, pilih File> My File> Device Memory. [IK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel