2 Software Registry Cleaner Alternatif Selain CCleaner

11 Jan 2013 21:00 5943 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda pasti sudah mengetahui bahwa CCleaner merupakan salah satu software registry cleaner yang sudah sangat terkenal dan mumpuni di bidangnya. Berbagai macam masalah pada komputer Anda juga dapat langsung diatasi dengan bantuan aplikasi CCleaner tersebut sehingga Anda tidak perlu bingung lagi jika terjadi masalah pada komputer Anda.

Anda pasti sudah mengetahui bahwa CCleaner merupakan salah satu software registry cleaner yang sudah sangat terkenal dan mumpuni di bidangnya. Berbagai macam masalah pada komputer Anda juga dapat langsung diatasi dengan bantuan aplikasi CCleaner tersebut sehingga Anda tidak perlu bingung lagi jika terjadi masalah pada komputer Anda. Karena kemampuannya tersebut, banyak orang yang menganggap bahwa CCleaner merupakan aplikasi pembersih registry terbaik dan satu-satunya yang paling mumpuni di kelasnya. Hal tersebut mungkin dapat dimaklumi karena aplkasi yang dikembangkan oleh perusahaan Piriform ini sudah sangat banyak digunakan di berbagai penjuru dunia.

Walaupun sudah sangat terkenal dengan kepopulerannya, namun bukan berarti bahwa semua orang akan menyukai aplikasi CCleaner tersebut. Bisa saja karena satu dan lain hal mereka akan lebih memilih aplikasi yang lain. Sekarang yang menjadi pertanyaannya, adakah aplikasi yang serupa atau bahkan lebih baik dari CCleaner tersebut? Jika Anda menyempatkan diri untuk menjelajahi internet, dapat dipastikan bahwa Anda akan menemukan berbagai macam aplikasi pembersih registry yang bertebaran. Namun berbagai aplikasi tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan yang bahkan beberapa di antaranya lebih buruk ketimbang CCleaner. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas dua buah aplikasi yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif untuk menggantikan CCleaner. Kedua aplikasi tersebut tentunya dapat membersihkan registry dan hadr disk sebaik apa yang dilakukan oleh CCleaner. Menariknya, kedua aplikasi ini bersifat portable sehingga Anda dapat langsung menggunaknnya tanpa perlu menginstalnya terlebih dahulu.

Xleaner Aplikasi pertama yang dapat Anda coba adalah aplikasi Xleaner. Aplikasi ini dibuat oleh pengembang yang berasal dari Jerman, sehingga otomatis situsnya pun menggunakan bahasa Jerman. Jika Anda tidak mengerti bahasanya, Anda dapat menerjemahkannya melalui Google Translate ke dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya yang Anda inginkan. Walaupun situs ini terlihat cukup berantakan, namun dengan sedkit usaha Anda dapat menemukan sebuah tombol untuk mendownload aplikasi Xleaner ini. Ketika Anda membuka aplikasi ini, Anda akan mendapati bahwa tampilan dari Xleaner ini cukup mirip dengan tampilan CCleaner. Hal tersebut dapat dimaklumi karena aplikasi ini ingin mempermudah penggunannya dalam menelusiri semua fitur yang ditawarkannya. Seperti halnya CCleaner, aplikasi Xleaner ini juga akan membersihkan seluruh area penting di komputer Anda, seperti recent documents, temporary files, Internet Explorer history, dan Internet Explorer cache. Jika Anda memilih opsi Manage Cleaning Jobs, maka Anda dapat memilih item apa saja yang harus dibersihkan oleh Xleaner dan item apa saja yang harus dipertahankan di komputer Anda. Pada opsi tab, Anda akan melihat berbagai menu seperti halnya yang terdapat pada CCleaner. Menu tersebut menampilkan berbagai macam browser secara terpisah. Dengan begitu, Anda dapat membersihkan history dan cache dari masing-masing browser tersebut secara terpisah tanpa harus menghapus semuanya secara sekaligus. Selain itu, Xleaner juga menampilkan beberapa setting untuk mengatur aplikasi ini menjadi lebih baik. Setting tersebut di antaranya adalah start with Windows, check for updates automatically, dan berbagai hal lain yang dapat Anda temukan di menu setting tersebut.

DriveTidy Software selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah DriveTidy. Ketika Anda membuka aplikasi DriveTidy ini Anda hanya akan melihat sebuah Windows kecil dengan sebuah tombol Quick Cleanup di tengahnya. Dengan mengklik tombol tersebut maka Anda dapat langsung membersihkan komputer Anda dengan sangat mudah. Selain itu, jika Anda tidak puas dengan setingan default yang disediakan, maka Anda juga dapat memilih Advanced Options untuk pengaturan yang lebih detail mengenai aplikasi ini. Walaupun tidak menyediakan setingan sebanyak apa yang disuguhkan oleh aplikasi Xleaner, namun aplikasi driveTidy ini sudah menyediakan area setingan yang umum digunakan. Selain itu terdapat beberapa opsi spesial lain yang disuguhkan seperti clean thumbnail cache, Windows installation files, sample videos, temporary files from applications, dan junk file extensions. Jika Anda mengklik tombol bersimbol tanda tanya di sebelah kanan atas aplikasi ini, maka Anda dapat langsung melakukan update aplikasi ini dengan mudah. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel