Tips Bermain Game Windows XP Di Windows 8

11 Jan 2013 18:00 4020 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Microsoft telah mengeluarkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 8 sejak beberapa bulan yang lalu. Selain menghadirkan perubahan yang cukup radikal, Windows versi terbaru tersebut juga menyuguhkan berbagai macam aplikasi serta game-game terbaru.

Microsoft telah mengeluarkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 8 sejak beberapa bulan yang lalu. Selain menghadirkan perubahan yang cukup radikal, Windows versi terbaru tersebut juga menyuguhkan berbagai macam aplikasi serta game-game terbaru. Game-game tersebut ada yang merupakan game baru dan ada juga yang merupakan remake dari game-game yang sudah ada sejak dulu.

Sayangnya, walaupun banyak game lama yang sudah di remake, namun tidak sedikit pengguna Windows yang masih setia untuk memainkan berbagai game yang ada di Windows XP seperti Solitaire, Minesweeper, Hearts, Spider Solitaire, dan lainnya. Game-game tersebut tentunya memiliki kelebihan serta keunikan tertentu sehingga banyak orang yang enggan untuk meninggalkannya. Selain itu, game-game kartu tersebut juga sangat disukai oleh para pekerja kantoran karena tampilan beserta gameplay*-nya yang cukup sederhana. Berbagai kelebihan tersebut tentunya membuat banyak orang merasa nyaman dengan game Windows XP tersebut. Pasalnya, tidak sedikit orang yang juga mengeluhkan *remake* game-game tersebut di Windows 7 maupun Windows 8.

Selain beberapa aturan bermain yang diganti, memainkan game-game tersebut juga terasa lebih lambat dan lebih berat dibandingkan di Windows XP. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin kembali memainkan game-game Windows XP tersebut di Windows 7 ataupun Windows 8, kali ini Plimbi akan mengulas cara untuk dapat memainkannya kembali. Caranya juga sangat mudah karena Anda hanya perlu mengkuti langkah-langkah berikut ini:

 

Langkah 1: Cari komputer yang memiliki sistem operasi Windows XP Langkah pertama dan yang wajib Anda lakukan adalah mencari sebuah komputer yang memiliki sistem operasi Windows XP. Walaupun sebenarnya Anda dapat mengunduhnya langsung melalui internet, namun file-file tersebut tidak menjamin Anda untuk dapat memainkannya di Windows terbaru yang Anda miliki. Walaupun tampak sulit, namun sebenarnya masih banyak komputer id sekitar Anda yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP, terutama untuk beberapa komputer yang tidak memiliki hardware yang mumpuni. Jika ternyata Anda tetap tidak bisa menemukan komputer bersistem operasi windows XP tersebut, maka Anda dapat menginstal virtual machine Windows XP di PC Anda agar lebih mudah.

 

Langkah 2: Cari dan salin beberapa file dari Windows XP Setelah Anda mendapatkan sebuah komputer yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP, kini Anda harus mencari beberapa file di dalamnya. Caranya buka Windows Explorer kemudian masuk ke direktori C:\Windows\System32. Jika Anda mendapatkan pesan peringatan maka cukup abaikan saja karena Anda tidak akan merusak apapun di dalamnya. Setelah itu, Anda akan masuk ke folder System 32 yang di dalamnya berisi berbagai macam file yang cukup ‘berantakan’. Di dalam folder tersebut Anda harus mencari kemudian menyalin file-file di bawah ini: - cards.dll - freecell.exe - mshearts.exe - sol.exe - spider.chm - spider.exe - spider.hlp - winmine.exe - cards.dll Jika Anda juga inginmemainkan game Pinball yang sangat populer di Windows XP, maka Anda dapat menyalin file yang terdapat pada direktori C:\Program Files\Windows NT\Pinball. Sangat disarankan bagi Anda untuk menyalin berbagai macam file tersebut ke dalam sebuah folder kosong di dalam hard disk Anda. File-file tersebut merupakan kumpulan game yang telah dihapus oleh Microsoft di edisi terbaru dari Windowsnya.

 

Langkah 3: Pindahkan file game tersebut ke dalam komputer Anda Setelah Anda selesai menyalin dan mengumpulkan berbagai macam file di atas ke dalam sebuah folder, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memindahkan folder tersebut ke komputer Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 7 atau Windows 8. Anda bisa memindahkan folder tersebut melalui flash disk, Dropbox, atau melalui cara apapun yang Anda sukai. Setelah memindahkan folder tersebut ke komputer baru Anda, Anda dapat menaruhnya di manapun yang Anda inginkan. Kemudian untuk memainkan game-game tersebut, Anda dapat langsung memainkannya dari folder tersebut.

 

Selain itu Anda juga dapat membuat shortcut game tersebut di desktop Anda agar Anda dapat dengan mudah mengaksesnya. Dengan langkah-langkah di atas pastinya Anda dapat kembali menikmati berbagai game Windows XP favorit Anda di Windows baru yang Anda miliki. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel