Dapatkan Kuliah Online Gratis Melalui 3 Situs Ini

14 Jan 2013 20:30 5369 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang di masa sekarang ini. Dengan pertumbuhan internet yang semakin pesat, maka tidak ada alas an lagi bagi setiap orang untuk tidak mendapatkan pendidikan yang layak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang di masa sekarang ini. Dengan pertumbuhan internet yang semakin pesat, maka tidak ada alas an lagi bagi setiap orang untuk tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Akan tetapi, karena banyaknya informasi yang tersedia di internet, terkadang kita kebingungan untuk memilih informasi atau pendidikan apa yang cocok untuk kita. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas beberapa website yang menyediakan berbagai macam pelajaran dalam bentuk universitas online. Menariknya, semua situs yang akan dibahas di sini menyediakan sebagian besar materi perkuliahannya secara gratis sehingga Anda hanya tinggal memiliki komputer dan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Walaupun universitas yang ada di situs-situs tersebut bukanlah universitas resmi dan tidak memiliki akreditasi, namun apabila yang Anda inginkan adalah pendidikan tanpa perlu embel-embel gelar dan semacamnya, maka situs-situs tersebut sangat cocok untuk Anda. dengan begitu, situs ini benar-benar menjadi wadah bagi orang-orang yang ingin mengajarkan ilmunya ke orang lain, dan juga bagi orang-orang yang ingin belajar dengan sungguh-sungguh. Apa sajakah situs tersebut? Berikut Plimbi akan mengulasnya untuk Anda.

University of The People

Situs pertama yang dapat Anda kunjungi untuk melakukan kuliah online gratis adalah University of the People. Situs ini menyediakan universitas online tanpa biaya untuk memberikan akses pendidikan yang mudah bagi orang-orang yang tidak mampu mendapatkannya. Untuk dapat mengikuti perkuliahan di sini Anda harus terlebih dahulu mengisi formulir registrasi seperti halnya Anda akan ikut perkuliahan di universitas biasa.

Walaupun tidak ada iuran semester seperti di perkuliahan biasa, namun tetap ada beberapa persyaratan yang mengharuskan Anda untuk membayarnya. Sebagai contoh, untuk mengambil formulir registrasi Anda harus membayar sebesar $10 - $50 dan untuk mengikuti ujian akhir Anda harus membayar sekitar $100. Tetapi jangan khawatir karena banyak beasiswa yang akan diberikan oleh universitas ini sehingga akan membantu Anda dalam membayar semua biaya tersebut. Sebenarnya jika tanpa beasiswa pun biaya yang dikeluarkan untuk kuliah di sini sangatlah murah.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, universitas ini tidak memiliki akreditasi sehingga Anda mungkin tidak akan memiliki bukti apapun untuk membuktikan bahwa Anda pernah kuliah. Namun jika tujuan Anda hanya untuk menambah ilmu, maka Anda bisa mendapatkan semuanya di universitas ini.

Reddit University

Situs selanjutnya adalah Reddit University. Jika melihat dari namanya, situs ini sebenarnya tidak ada hubungan secara langsung dengan Reddit. Hanya saja, situs ini memiliki fungsi yang mirip Reddit sistem upvote dan downvote-nya, serta kategori dari kelasnya juga hampr sama dengan Reddit. Situs ini dianggap memiliki kredibilitas yang tinggi oleh para penggunanya. Namun jika ditinjau dalam konteks pendidikan level atas, maka berbagai materi perkuliahan di situs ini belum terlalu direkomendasikan.

Situs ini merupakan sumber yang sangat tepat bagi Anda yang ingin belajar, terutama bagi para pengguna Reddit yang telah terbiasa dengan format diskusi terbuka yang terdapat di situs Reddit. Kelas perkuliahan yang ada di sini sangatlah banyak, dari mulai ilmu komputer hingga kesenian. Selain itu, terdapat juga opsi untuk mengajar salah satu kelas perkuliahan jika Anda menginginkannya.

Dengan begitu dapat dikatakan bahwa the University of Reddit ini lebih berfokus kepada perkuliahan dengan sistem sharing informasi yang berbeda dengan perkuliahan konvensional yang sudah ada.

No Excuse List

Situs yang terakhir adalah No Excuse yang menyebut dirinya sebagai "tempat terbaik di dunia internet untuk mempelajari segala sesuatu dengan gratis.” Tidak seperti dua situs yang telah disebutkan di atas, situs ini tidak menyediakan sebuah universitas online tetapi hanya menyediakan berbagai macam materi dari mulai ilmu komputer hingga memasak.

Situs ini menggunakan nama "no excuse” untuk mendorong setiao orang untuk melakukan berbagai hal yang mereka inginkan namun selalu terganjal dengan berbagai macam alasan. Dengan berbagai macam kategori yang disediakan, seperti musik, bahasa, dan programming, maka Anda dapat mempelajari berbagai hal baru yang Anda inginkan. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel