Tips Memaksimalkan Fungsi iTunes 11

10 Jan 2013 07:00 3822 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

iTunes sebagai media perantara komputer dengan berbagai perangkat Apple memiliki fitur-fitur terbaik didalamnya. Ada fitur yang sering digunakan, ada juga yang jarang digunakan. Sebagai pengguna perangkat Apple, fitur dan fungsi iTunes layak untuk dijelajahi lebih mendalam. Plimbi akan memberikan tips yang dapat digunakan dalam memanfaatkan fungsi iTunes, khususnya iTunes 11, seperti iTunes DJ, dan juga fitur-fitur lain yang menarik.

iTunes sebagai media perantara komputer dengan berbagai perangkat Apple memiliki fitur-fitur terbaik didalamnya. Ada fitur yang sering digunakan, ada juga yang jarang digunakan. Sebagai pengguna perangkat Apple, fitur dan fungsi iTunes layak untuk dijelajahi lebih mendalam. Plimbi akan memberikan tips yang dapat digunakan dalam memanfaatkan fungsi iTunes, khususnya iTunes 11, seperti iTunes DJ, dan juga fitur-fitur lain yang menarik.

iTunes memang bukan merupakan media player yang sempurna, dan malah mungkin akan sedikit membingungkan dengan banyak menu-menunya. Tetapi, dengan memiliki kunci untuk membuka berbagai hal yang dapat memaksimalkan fungsi iTunes ini, Anda akan mengetahui apa yang dibutuhkan, dan kapan dibutuhkan.

Alpha Navigation

Jika Anda sering menjelajahi iTunes dengan Album view, dan koleksi musik Anda sangat banyak, Anda dapat melakukan scroll konten dengan cepat menggunakan tombol alpha pada keyboard sebagai pengganti penggunaan mouse saat scroll pada posisi Album view. Jadi, jika Anda berada di posisi paling atas dalam mode Album view, dan misalnya Anda akan melakukan scroll ke bawah untuk mencari artis yang berawalan huruf M, cukup klik tombol M dan user interface akan langsung menuju pada bagian tersebut.

Command + L

Satu fungsi dari iTunes dengan keyboard yang sering digunakan adalah penggunaan Command + L. Jika Anda sedang mengeksplor iTunes dan akan kembali ke lagu yang sedang diputar, klik Command + L untuk jalan pintasnya. Namun, jika Anda sedang dalam mode Sidebar view, Command + L akan membawa Anda pada playlist lagu, buka langsung pada lagu itu sendiri.

Artwork View

Anda mungkin sering memperhatikan, atau bisa juga jarang memperhatikan saat Apple menampilkan Artwork pada sidebar iTunes. Ketika Anda ingin melihat artwork, cukup lakukan double klik pada ikon album di bagian atas pada iTunes player. Hal ini akan membuka artwork pada laman yang berbeda-beda, dan termasuk kontrol iTunes player.

iTunes DJ

Fitur iTunes yang diharapkan tetap ada pada iTunes 11 adalah iTunes DJ. Fitur iTunes ini dapat digunakan ketika Anda sering memainkan lagu secara acak, dan iTunes DJ bekerja dengan baik untuk hal tersebut. Namun, Anda bisa mendapatkan fungsi yang sama dengan menggunakan fitur Shuffle pada iTunes. Cukup pilih playlist atau musik pada iTunes library, dan gunakan Shuffle untuk memainkan lagu secara acak.

Mengorganisasi video

Jika Anda memiliki video pada iTunes Library, Anda dapat menggantinya menjadi mode Movies view dan melihat konten yang Anda miliki berdasarkan Genre. Jika Anda ingin video Anda terorganisasi, cari tahu genre pada setiap video dengan melakukan klik kanan pada video dan pilih area Get Info. Dalam pop-up yang muncul, pilih genre.

Import konten

Kebanyakan konten yang Anda import ke iTunes mungkin datang langsung dari iTunes store atau layanan online lainnya. Tetapi ketika Anda butuh untuk memasukkan file secara manual dari Finder ke iTunes, Anda dapat melakukan drag dan drop file ke bagian dari tampilan iTunes, dan lagu atau video akan ter-copy ke iTunes library.

Burning CD dan DVD

Sekarang, Apple telah memberikan kemampuan bagi iTunes untuk melakukan burning CD dan DVD. Fungsi iTunes ini dapat ditemukan di File, kemudian pilih area Burn Playlist to Disc. Atau bisa juga ketika Anda memilih area Playlist pada iTunes, fitur burn terdapat di bagian bawah sidebar.

Berbagi foto melalui AppleTV

Jika Anda memiliki AppleTV, iTunes 11 memiliki fitur untuk memilih album foto dengan cepat pada iPhoto library yang ditampilkan melalui AppleTV. Cukup klik File, kemudian Home Sharing, dan pilih Choose Photos to Share with AppleTV. Akan muncul laman dan kemudian Anda dapat memilih album foto.

Convert file

Dalam iTunes 11, Apple memberikan jalan yang mudah untuk melakukan convert media file dalam beberapa format. Sebagai contoh, dengan memanfaatkan fungsi dari iTunes ini, Anda dapat membuat versi AAC dari track dengan format MP3 atau MPEG. Atau, Anda bisa convert file video berukuran besar menjadi lebih kecil, menyesuaikan ukuran iPhone ataupun iPad. [AAD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel