Konsumsi Makanan ini yang Baik Untuk Menjaga Mata Agar Tidak Rabun

13 Dec 2023 19:00 935 Hits 5 Comments Approved by Plimbi

Konsumsi Makanan ini Yang Baik Untuk Menjaga Mata Agar Tidak Rabun

Tahukah anda bahwa ada banyak makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata, yang bisa anda konsumsi secara alami kapan saja. Dimana diketahui bahwa semakin tua seseorang biasanya ditandai dengan penglihatan yang kabur saat melihat benda-benda yang jauh. Untuk dapat melihat dengan jelas anda perlu mendekat. Untuk mencegah hal ini terjadi maka anda bisa memilih makanan yang dikonsumsi yang dapat menyehatkan organ penglihatan mata.

Sebagai upaya pencegahan, anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang faktanya bagus untuk mata. Apa sajakah makanan-makanan tersebut ? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1/ Buah alpukat

Untuk bisa mencegah mata minus, anda bisa mengkonsumsi secara rutin buah alpukat dimana diketahui bahwa buah alpukat mengandung lutein di dalam dagingnya yang empuk. Makanan ini bagus untuk kesehatan mata. Sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menjaga kesehatan mata karena kandungan lutein dalam daging buah ampuh untuk mencegah degenerasi makula. Kandungan omega-3 pada alpukat juga menyehatkan untuk kesehatan mata dan anda bisa mengkonsumsi makanan ini setiap hari agar mata anda tetap terjaga dari gangguan penglihatan.

2/ Kacang-kacangan

Makanan yang baik untuk mata selanjutnya adalah semua jenis kacang-kacangan dimana ini mengandung asam lemak omega-3 dapat mencegah mata kering. Kandungan vitamin E juga dapat melindungi sel-sel mata dari ancaman radikal bebas. Cocok untuk dijadikan sebagai pencegah gangguan mata.

3/ Yogurt

Makanan selanjutnya yang ketiga dapat meningkatkan kesehatan mata adalah yogurt. Yogurt termasuk ke dalam jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A. Seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin A ini dapat menjaga dan melindungi kornea dari kerusakan. Sehingga sangat dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi makanan ini karena dapat mengoptimalkan kinerja mata terutama di malam hari.

4/ Sayuran hijau

Salah satu jenis makanan yang bagus untuk kesehatan mata adalah sayur hijau diantaranya kangkung, brokoli, bayam dan lain sebagainya dapat meningkatkan kesehatan mata. Sayuran hijau ini mengandung vitamin C dan E yaitu salah satu jenis vitamin yang dapat menjalankan fungsi mata dengan baik. Kandungan zeaxanthum dan lutein dapat mencegah efek radikal bebas dari cahaya biru laptop dan smartphone.

5/ Wortel

Makanan yang satu ini jelas bagus untuk menjaga kesehatan mata. Ini karena kandungan beta-karotennya dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Nah masuknya vitamin A dalam tubuh akan langsung memberikan nutrisi pada mata. Jika orang sering mengkonsumsi wortel, maka kemungkinan sakit mata akan kecil. Karena vitamin A dapat menghasilkan rhodopsin yang berguna untuk penglihatan di malam hari. Nutrisi ini juga dapat mencegah mata kering.

6/ Telur

Telur termasuk ke dalam makanan yang baik untuk mata. Karena telur mengandung vitamin A, zeaxanthun, zinc dan lain sebagainya. Telur ini efektif untuk meningkatkan jaringan ikat pada kornea mata. Karena telur mempunyai banyak protein yang cukup baik.

7/ Daging ayam

Ternyata daging ayam juga menyehatkan untuk keberlangsungan kesehatan mata. Daging ayam dapat memperlancar proses pengolahan vitamin A. Terutama dalam mengalirkan vitamin A ke retina mata. Tak heran jika makanan daging ayam ini dapat melindungi mata dari silau atau sinar matahari berlebihan.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel