Folavit Yang Berguna Untuk Menjaga Kesehatan Bumil

14 Dec 2022 11:45 1012 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Folavit Yang Berguna Untuk Menjaga Kesehatan Bumil

Untuk para ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin dan asam folat. Mulailah mengkonsumsinya dalam jumlah yang mencukupi sebelum dan selama hamil akan mencegah timbulnya kecacatan pada tabung saraf (Neurel Tube Defects) pada bayi yaitu spina bifida atau kelainan pada tulang belakang. Dengan rajin mengkonsumsi multivitamin dan asam folat dalam makanan atau minuman sejak ibu berencana untuk hamil sekitar 0,4% hingga 0,8% mg per hari minimal empat bulan sebelum kehamilan akan mengurangi resiko bayi lahir cacat pada sistem saraf / otak atau cacat tabung saraf.

Apa Itu Folavit ?

Yang dimaksud dengan folavit adalah salah satu jenis suplemen / multivitamin yang banyak mengandung asam folat dimana folavit merupakan salah satu merk suplemen yang di dalamnya memiliki kandungan asam folat dalam jumlah besar bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat guna menjaga kesehatannya. Karena memiliki kandungan asam folat yang tinggi menyebabkan folavit bagus untuk menjaga bayi tetap sehat dan memenuhi kebutuhan asam folat janin terutama pada saat masih di dalam kandungan. Folavit adalah salah satu merk suplemen asam folat terbanyak dijual di apotik sehingga paling mudah ditemukan ketika dibutuhkan. Pada beberapa jenis merk folavit bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter yang setiap tabletnya mengandung sekitar 400 mcg asam folat.

Manfaat Folavit

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa asam folat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh khususnya untuk para ibu yang mengandung janin mulai dari usia dini. Manfaat folavit adalah sebagai berikut :

  • Vitamin yang terkandung di dalamnya berperan sebagai pembentuk atau produksi sel darah merah. Ketika dalam proses memproduksi sel darah merah atau eritrosit, tubuh akan membutuhkan zat besi dan cyanocobalamin dan juga asam folat. Sel darah merah ini memegang peranan penting karena berfungsi sebagai pembawa oksigen dari paru-paru kemudian dibawa hingga ke seluruh tubuh. Juga sekaligus membawa karbondioksida dari seluruh tubuh untuk selanjutnya menuju ke paru-paru yang kemudian dikeluarkan melalui nafas.
  • Meringankan sakit sebagai akibat haid atau menstruasi. Ketika seorang perempuan mengalami menstruasi, di saat itu pula terjadi anemia. Karena keluarnya darah yang terlalu banyak akan berimbas kepada kondisi kesehatan tubuh secara umum, maka dari itu asam folat dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah menggantikan darah yang banyak keluar.
  • Meningkatkan pembentukan jaringan pada tubuh. Karena kandungan asam folat berperan dalam terbentuknya DNA sehingga bisa dikatakan bahwa asam folat mempunyai peranan dalam pembentukan jaringan tubuh.
  • Meningkatkan kerja otak. Dalam kondisi ini seseorang sangat memungkinkan mengalami depresi ketika otak sedang terganggu. Asam folat berfungsi memaksimlakan kerja otak, juga berlaku bagi orang lanjut usia, asam folat bermanfaat menghindarkan dari pikun dan penyusutan memori otak.
  •  

Apa Saja Makanan Yang Mengandung Asam Folat ?

Apa sajakah makanan yang perlu dikonsumsi oleh para ibu terutama bumil agar tidak kekurangan asam folat ? Sebenarnya asam folat ini bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, minuman atau multivitamin / suplemen. Berbagai sayuran yang mengandung asam folat adalah bayam, lobak cina, kacang-kacangan yaitu kacang kering, kacang lentil, produk olahan kacang kedelai, kacang almond, kacang tanah, kacang kenari dan kacang polong, sereal, kubis, brokoli, asparagus, seledri, selada, jagung, kale, biji bunga matahari dan buah-buahan seperti pisang, persik, tomat, alpukat, melon, stroberi, pepaya, bit merah dan jeruk.

Asam folat juga banyak terdapat dalam tepung-tepungan dan beberapa jenis umbi seperti kentang, ubi jalar dan roti gandum juga telur, hati, ikan salmon, kuning telur dan gandum.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel