Jangan Dibuang! Inilah Manfaat dari Ampas Kopi

4 Oct 2022 10:45 953 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beragam Manfaat Ampas Kopi Untuk Anda, Jadi Jangan Dibuang Usai Diseduh

Bagi para laki-laki yang mencintai minuman kopi pahit pastilah akan memiliki kecendrungan lebih suka membuat kopi sendiri di rumah agar bisa menyesuaikan takaran gula dan kopinya. Kopi yang biasanya dipakai akan menyisakan ampas dalam jumlah yang cukup banyak. Nah kalau anda termasuk dalam tipe orang yang suka menyeduh kopi sendiri di rumah, berikut ada sejumlah tips memanfaatkan ampas kopi agar jangan dibuang begitu saja. Apa saja kira-kira, silahkan menyimak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

 

1/ Ampas kopi bisa untuk menyamarkan selulit

Biasanya untuk ibu-ibu muda, setelah mereka melahirkan bayi akan menemukan masalah yaitu adanya kemunculan selulit di paha dan area perut. Selulit bisa mengganggu penampilan terutama ketika berada di kolam renang umum karena kulit terlihat kurang cantik. Makanya selulit ini harus dihilangkan atau disamarkan. Menurut sebuah penelitian dari Journal of Cosmetology pada tahun 2008, produk-produk krim anti selulit rata-rata menggunakan bahan dari ampas kopi sebagai campuran dimana bahan ini ternyata terbukti bisa menyamarkan selulit sebanyak 26%. Ini disebabkan karena kopi mengandung kafein dalam jumlah yang sangat tinggi. Cara memanfaatkan ampas kopi untuk menyamarkan selulit adalah campur ¼ cangkir ampas kopi dengan 1 sdm minyak zaitun. Lalu balurkan pasta ini di bagian tubuh yang tumbuh selulit sambil melakukan pijatan-pijatan lembut agar kandungan kopi bisa benar-benar terserap ke dalam tubuh yang ditumbuhi selulit. Tunggulah hingga kopi mengering kemudian bilsa tubuh dengan cara mandi menggunakan air bersih.

 

2/ Ampas kopi bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh

Saat ini di pasaran banyak dijumpai scrub berbahan dasar dari ampas kopi. Dipercaya ampas kopi memegang peranan penting sebagai eksfoilator alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Ampas kopi juga bisa membantu memperlancar peredaran darah. Cara pengaplikasiannya sangatlah mudah yaitu siapkan ampas kopi secukupnya lalu tambahkan dengan sedikit minyak kelapa. Selanjutnya balurkan pada tubuh yang bermasalah sambil disertai dengan menggosok secara perlahan-lahan. Ini adalah sejenis scrub yang digunakan di kulit wajah (diutamakan) agar mendapatkan kulit wajah bebas kerutan dini sehingga tampak halus. Wajah yang halus tentu bisa membuat make-up anda melengket dengan sempurna.

 

3/ Ampas kopi bisa mengharumkan kulkas

Kulkas anda mungkin sering mengeluarkan bau tidak sedap karena ada bermacam bahan masakan tersimpan di dalamnya seperti ikan laut yang rentan mengeluarkan bau amis. Bila bau tak sedap ini sulit untuk dihilangkan maka anda jangan terlalu mengkuatirkannya karena ini bisa diatasi dengan cara yang sangat sederhana. Gunakan ampas kopi yang bisa difungsikan sebagai penghilang bau tak sedap di kulkas. Ampas kopi bisa menghisap bau-bau tak enak yang ada di sekitar kulkas. Siapkan ampas kopi di dalam mangkok dalam jumlah banyak lalu letakkan di dalam kulkas semalaman.

 

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel