Yuk Berburu Kuliner Terekomendasi di Kawasan Jakarta, Sop Buntut

13 Sep 2022 10:58 809 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yuk Berburu Kuliner Terekomendasi Di Kawasan Jakarta : Sop Buntut

Sajian yang satu ini adalah salah satu jenis hidangan yang berkuah yang nikmat disantap dalam keadaan panas dan memang menjadi menu wajib untuk disantap di cuaca yang dingin. Namanya adalah sop buntut yaitu menjadi salah satu menu favorit banyak orang tidak saja di kawasan Jakarta melainkan sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Masakan ini adalah merupakan olahan dari buntut sapi yang disajikan bersama dengan kuah pekat kaldu yang kaya akan rempah-rempah dan bisa difungsikan untuk kebugaran tubuh terutama untuk orang tua / lansia dan orang-orang yang baru sembuh dari sakit. Sekilas pandang masakan ini mirip dengan sayur sop tetapi sayur sop tidak menggunakan bahan tambahan dari bagian sapi seperti buntut sapi. Menu yang satu ini saat ini di kawasan Jakarta dan sekitarnya sedang banyak dicari karena memiliki cita rasa yang sangat enak di lidah. Siapa pun yang menyantapnya pasti langsung menyukainya. Di dalam semangkok sop buntut ada sayuran yang menjadi bahan pendamping yang memberikan tambahan nilai gizi ke dalam menu yang satu ini sehingga bagus disantap setiap hari. Hidangan ini disarankan untuk anda makan pada waktu malam hari atau ketika cuaca sedang memasuki musim dingin. Di kawasan Jakarta dan seputarnya kami rekomendasikan beberapa kedai sop buntut enak yang siap memanjakan lidah anda. Silahkan simak penjelasan kami lebih lengkap tersebut di bawah ini.

1/ Dapur Buntut PIK

Rekomendasi berburu sop buntut pertama di kawasan Jakarta adalah Dapur Buntut PIK yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk santap makan malam bersama dengan keluarga tercinta. Lokasi kedai makan yang satu ini sangat strategis yaitu berada di tempat nongkrong kaula muda di daerah PIK langsung saja mampir ke sini guna menikmati sop buntut paling enak. Tersedia juga varian menu pendamping yang rasanya tak kalah nikmat seperti menu daging dan ikan serba dibakar dengan rasa original dan variannya yang rata-rata menjadi juara rasa di lidah. Menu yang serba dibakar ini memiliki aroma grill yang khas karena ditambahkan bumbu kecap manis yang segar. Dapur Buntut PIK berada di ruko Garden House Blok B Nomer 18 E, kawasan Bukit Golf Mediterania di Jalan Raya Pantai Indah Kapuk, Boulevard Raya Blok R Nomer 24 Kelapa Gading Jakarta. Satu porsi sop buntut di sini dijual seharga Rp. 65.000 dan menu lainnya hingga Rp. 120.000 saja.

2/ Sop Buntut Haji Soedik

Kedai sop buntut yang kedua di kawasan Jakarta ini dari luar terlihat sangat sederhana yaitu bernama Sop Buntut Haji Soedik yang terkenal mempunyai racikan bumbu pada sop buntutnya yang enak. Menu yang ditawarkan hanyalah dua jenis saja yaitu sop buntut segar dan sop buntut goreng. Meskipun hanya memiliki dua menu saja tetapi kedai ini dikenal menyuguhkan tekstur daging yang sangat empuk dan mampu menjamin para pelanggan ketagihan untuk mampir berkali-kali ke tempat ini. Kuah sop buntutnya kental tetapi tidak berminyak sehingga aman-aman saja disantap dalam porsi besar yang tidak menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Sop buntut di sini sudah sangat terkenal di kawasan Jakarta karena kerap dikunjungi oleh turis asing yang sedang berlibur di Jakarta terutama turis asal Jepang dan Korea / China. Kedai ini berlokasi di Ruko Metro Sunter Jalan Danau Sunter Utara dengan memasang harga mulai dari Rp. 50.000 seporsi dan Rp. 95.000 per porsi.

3/ Sop Buntut Senayan

Rekomendasi sop buntut ketiga di kawasan Jakarta adalah dengan berkunjung ke kedai makan Sop Buntut Senayan yang merupakan tempat makan sop buntut yang dikelola oleh keluarga Ibu Samino di wilayah Senayan sudah berdiri sejak tahun 1973. Di sini tersedia 4 jenis sop buntut terenak di Jakarta yang mencampur daging dengan cara digoreng, dibakar, balado dan cabe ijo. Sop buntut favorit adalah sop iga oma yaitu sop daging yang terbuat dari bahan utama adalah daging ayam. Potongan daging ayamnya besar-besar alias versi jumbo yang terasa licin (enak) di lidah penikmatnya. Juga tidak hanya menjual sop buntut saja, di sini anda bisa mencicipi menu soto ayam yang tak kalah sedapnya dengan menu sop buntut. Kalau mampir ke kedai makan ini menawarkan harga yang terjangkau dengan kantong yaitu kisaran Rp. 31.000 hingga Rp. 66.000. Alamatnya berada di New Delhi Pintu Senayan Nomer 22 Arteri Permata Hijau Kebayoran Lama Bintaro 9 Walk, Jalan Bintaro Sektor 9 Tangerang Jakarta.

4/ Sop Buntut Ibu Henny

Yang terakhir kami rekomendasikan untuk berkunjung ke kedai makan sop buntut terenak di Jakarta adalah mencoba masuk ke kedai makan Sop Buntut Ibu Henny yang terkenal menggunakan kualitas daging dari Australia. Ini adalah salah satu kedai makan legendaries di Jakarta. Kedai sop buntut ini telah berdiri sejak 20 tahun yang lalu dengan slogan mereka yang terkenal yaitu ‘dijamin enak, tidak enak gratis !’ Sop buntut yang menjadi menu andalan mereka adalah sop buntut gua, sop buntut rica-rica, sop buntut padang dan sop buntut cabe ijo. Dagingnya dijamin empuk dengan siraman kual kaldu yang kental dan gurih. Sehingga tidak mengherankan jika kedai makan ini setiap hari selalu ramai dikunjungi pelanggan dan pembeli baru yang berlokasi di daerah Kelapa Gading yaitu tepatnya di Boulevard Raya Blok Wb 2 Nomer 12 Kelapa Gading yaitu kompleks Ruko Taman Sunter Indah Pluit Village Lantai 4, Jalan Pluit Indah Raya dengan kisaran harga antara Rp. 65.000 hingga Rp. 110.000.  

Selamat menikmati.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel