Menu Kampung yang Menggugah Selera Makan, Resep Gulai Daging Praktis

21 Jul 2022 17:15 1770 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menu Kampung Yang Menggugah Selera Makan : Resep Gulai Daging Praktis

Pada umumnya resep-resep gulai daging paling diburu saat menjelang hari raya besar seperti Idul Fitri. Sisa-sisa ngabuburit di bulan Ramadan dimanfaatkan untuk memasak beragam jenis hidangan Lebaran yang spesial. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan anda sudah merindukan kehadiran masakan ini sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Nah untuk anda yang ingin mencoba resep ini untuk menu sarapan pagi tanpa harus membeli keluar rumah, ada cara praktis yang tak kalah lezatnya dengan membuatnya di rumah. Gulai kambing mengingatkan anda akan salah satu jenis masakan yang memiliki tampilan hampir mirip satu dengan yang lainnya yaitu kari daging, kedua masakan ini memiliki persamaan dan perbedaan. Mari dimulai dari persamaannya, keduanya berasal dari daerah yang mendapatkan pengaruh kuliner India di masa lalu yaitu provinsi-provinsi modern seperti Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera barat dahulu banyak berinteraksi dengan para pedagang dari Asia Selatan dan membawa serta pengaruh kulinernya. Sedangkan perbedaannya adalah bahan-bahan yang digunakan dan cita rasanya. Dari sisi warna, gulai daging memiliki warna kuning yang sangat tajam karena lebih banyak menggunakan kunyit sedangkan kari berwarna agak merah karena lebih banyak memakai cabai merah. Gulai khas Sumatera Barat cenderung menggunakan bahan-bahan yaitu rempah-rempah yang didapat di sekitarnya sehingga lebih mudah menemukannya. Untuk kari, di Indonesia masih cukup lekat mendapat pengaruh rasa dan penggunaan bahan dari dalam negeri saja yaitu rempah-rempah Nusantara. Misalnya saja untuk kari kambing khas Aceh yang biasa dinikmati dengan roti canai.

Resep gulai daging kali ini sedikit berkreasi dalam hal bumbunya yang lebih praktis untuk dimasak di rumah sebagai menu pendamping makan nasi putih di waktu pagi hari. Anda bisa memakai bumbu siap pakai Bango Tongseng Khas Solo dan tambahan bumbu yang lainnya seperti bawang merah, lengkuas, serai, daun jeruk dan kari bubuk. Inilah yang membuat anda bisa membuat gulai daging yang mudah dan cepat. Salah satu tujuannya adalah agar anda bisa menghemat waktu masak untuk sarapan pagi, bisa disiapkan semalam sebelumnya tanpa banyak membuang waktu.

Resep Gulai Daging

Bahan utama yang wajib anda siapkan adalah :

  • 500 gram daging sapi bagian sengkel, potong kotak-kotak 3 cm
  • 1 buah kentang dikupas dan bersihkan lalu potong kotak 3 cm
  • 1 bungkus Bango Bumbu Tongseng Khas Solo
  • 1200 ml air
  • 100 ml santan instan
  • ½ sdt garam
  • 150 gram buncis segar potong 3 cm
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Siapkan bahan untuk bumbu :

  • 6 butir bawang merah iris tipis-tipis
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 2 batang serai memarkan
  • 5 lembar daun jeruk segar
  • 1 sdm kari bubuk

Bagaimana cara memasaknya ?

1/ Panaskan minyak lalu tumis semua bahan-bahan bumbu hingga harum Masukkan daging lalu aduk-aduk.

2/ Tambahkan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Tongseng Khas Solo dan kembali aduk-aduk hingga tercampur dengan rata.

3/ Tuang air sedikit demi sedikit lalu aduk pelan-pelan, masak hingga mendidih dan kecilkan api. Masak hingga daging setengah empuk. Masukkan garam, kentang dan santan. Masak sambil sesekali diaduk-aduk hingga daging empuk.

4/ Tambahkan buncis, aduk lagi dan masak hingga buncis menjadi setengah matang. Angkat dan sajikan hangat. Untuk 6 porsi.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel