Keraton Surakarta dengan Jajanan Kaki Lima yang Rasanya Ala Resto Mewah

28 Jun 2022 18:20 1977 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Keraton Surakarta Dengan Jajanan Kaki Lima Yang Rasanya Ala Resto Mewah

Saat anda memiliki kesempatan untuk menjelajahi Keraton Surakarta, selain berbelanja kain batik rupanya ada hal menarik lainnya bisa anda lakukan di sekitarnya. Salah satunya adalah berburu jajanan di kaki lima yang lokasinya berdekatan dengan keraton banyak sekali menawarkan jajanan khas Surakarta yang rasanya enak. Meskipun lokasinya adalah kaki lima yang murah meriah tetapi soal rasa jangan ragu lagi karena berada di dekat area hotel bintang lima yang di dalamnya terdapat resto-resto mewah. Melalui artikel ini langsung saja cari tahu jenis jajanan apa saja yang wajib untuk anda cicipi ketika berada di dekat Keraton Surakarta ini. Cocok buat anda yang usai jalan-jalan jelajahi keeksotikan keraton maka sudah saatnya berburu cemilan yang kami rekomendasikan di bawah ini.

1/ Leker Gajahan BP Fathoni

Di dekat Keraton Surakarta banyak sekali dijumpai penjual kue leker yang rasanya legit. Namun ada satu yang paling terkenal yaitu leker gajahan Pak Fathoni. Tempat ini lokasinya sangat strategis yaitu di Jalan Padmonegoro, Gajahan, Pasar Kliwon. Variasi leker di sini cukup beragam yang menjamin anda kebingungan memilih yang paling enak. Meski demikian yang kami rekomendasikan adalah leker yang berisikan pisang cokelat keju susu menjadi favorit banyak pengunjung. Harganya sangat murah mulai dari 5 ribuan sampai dengan 12 ribuan per biji. Ada juga menu paket leker yang dihargai dari 17 ribu rupiah hingga 70 ribu rupiah. Mampirlah ke sini mulai dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore setelah atau sebelum menjelajahi keraton.

2/ Warung Srie Redjeki

Bagi anda yang berada di kawasan Keraton Surakarta di Solo ini memang wajib sekali untuk mengunjungi jajanan kaki lima dekat keraton seperti salah satunya adalah menyambangi warung sri redjeki. Ketika pertama kali berkunjung ke sini, anda bisa langsung jatuh cinta dengan menu-menu yang dijual. Anda bisa memesan seporsi siomay yang ditemani dengan hangatnya segelas wedang ronde. Warung ini biasa buka pada pukul 12.00 sampai dengan 22.00, tempat ini telah menawarkan beragam jenis wedang dan minuman dingin tradisional serta kudapan favorit seperti batagor, sosis solo, otak-otak dan masih banyak lagi yang lainnya. Cukup dengan membawa uang sekitar lima puluh ribu rupiah hingga seratus ribu rupiah maka anda bisa jajan di kaki lima yang memiliki paket menu bercita rasa ala resto-resto hotel bintang lima. Disarankan untuk jajan setelah anda selesai menjelajahi keraton akan terasa nikmat liburan anda ke sini.

3/ Kue Moho Baluwarti

Kue moho baluwarti merupakan jajanan kaki lima yang lokasinya dekat Keraton Surakarta di Solo. Letaknya adalah di dekat pintu gapit barat yang masih termasuk ke dalam kawasan Keraton Surakarta. Sudah dibuka kurang lebih sepuluh tahun lamanya yang tetap terkenal hingga saat ini karena rasa kue yang dijual sangat enak bertekstur lembut. Harga per picis hanya 2000 rupiah saja. Ini adalah salah satu jajanan kaki lima yang saat ini keberadaannya mulai langka sehingga jika kebetulan anda berlibur ke sini maka wajib mencobanya. Tempatnya buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 16.00 wib.

4/ Serabi Notosuman Ny. Lidia

Jika anda keluar dari pintu gapit barat, anda hanya tinggal belok kanan saja lalu menemui gang kecil yang bisa dilalui dengan jalan kaki saja atau mengendari sepeda. Dilanjutkan dengan berjalan ke Jalan Moh. Yamin No. 28, nah anda akan menemukan serabi notosuman ny. Lidia yang melegendaris di tempat ini. Serabi yang ditawarkan ada yang rasa original dan cokelat menjadi favorit para pengunjung. Masing-masing dihargai per buahnya hanya 2500 rupiah saja dengan ukuran jumbo. Toko kue ini buka dari jam 5 pagi hingga jam 4 sore bisa anda kunjungi untuk sekalian membeli oleh-oleh lainnya seperti keripik buah dan beragam kue kering.

Selamat menikmati.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel