Masak Apa Di Akhir Pekan ? Yuk Coba Resep Ikan Salmon Yang Mudah Dibuat Ini

3 Aug 2022 13:50 1823 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Masak Apa Di Akhir Pekan ? Yuk Coba Resep Ikan Salmon Yang Mudah Dibuat Ini

Apakah anda sudah sering mencoba beragam resep ? Ada resep tempe goreng, semur daging hingga ayam bakar ? Nah jika anda merasa bosan dengan resep yang itu-itu saja maka kini sudah saatnya mencoba hidangan lezat dari ikan salmon. Resep ikan salmon ini cepat dan mudah dibuat sehingga siapa saja pecinta makanan dari ikan salmon bisa mencobanya di rumah. Ikan salmon kini telah tersedia luas di pasaran dan semakin meroket popularitasnya karena memiliki multi fungsi untuk kesehatan dan kebugaran tubuh didukung oleh kelezatan hasil masakan yang dibuat. Ikan salmon bisa dibuat sebagai sushi ataupun sashimi namun yang sebenarnya ikan salmon begitu fleksibel dimasak dengan cara apapun. Berikut ini adalah beberapa cara masak ikan salmon yang enak untuk dipraktikkan di rumah.

1/ Resep ikan salmon : honey garlic salmon

Masakan yang satu ini bertekstur lembut yang dimasak bersama-sama dengan madu dan pasta bawang putih. Ini adalah salah satu resep favorit ibu-ibu rumah tangga karena mudah membuat dengan cita rasa masakan yang sangat enak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah : madu, air perasan jeruk lemon, bawang putih, garam, daging ikan salmon fillet, lada hitam dan minyak sayur.

Cara membuatnya : di dalam mangkok bersih campurkan madu, air perasan jeruk lemon, bawang putih, garam dan lada secukupnya untuk bumbu marinasi merata. Lalu tata daging ikan salmon fillet dalam kantong plastik dan tuangkan bumbu marinasi. Keluarkan udara sebanyak mungkin dan segel kantung plastik tersebut. Dengan pelan-pelan bolak-balikkan daging ikan salmon agar seluruh permukaannya terlapisi bumbu secara merata. Diamkan selama 15 menit.

Selanjutnya panaskan wajan anti lengket pada suhu sedang-sedang saja dan beri tambahan minyak sayur. Letakkan daging ikan salmon dengan kulit menghadap ke bagian atas. Tutup dan masak selama kurang lebih 3 menit saja. Buka tutupnya dan masak kembali selama satu menit lagi. Kemudian balikkan ikan dan masak selama 3 menit saja. Sajikan hangat dengan tumisan brokoli atau salad segar agar sajian menjadi lebih sehat untuk tubuh. Bisa disantap untuk anak-anak dan orang dewasa.

2/ Resep ikan salmon : salmon curry

Tahukah anda bahwa ternyata ada cara praktis untuk membuat hidangan kari yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja. Yuk simak cara membuatnya tersebut di bawah ini.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah : daging ikan salmon fillet, santan, jahe, gula merah, saos ikan, pasta kari merah, air jeruk nipis, daun kemangi, daun ketumbar, cabai merah dan garam.

Cara memasaknya adalah : potong-potong salmon menjadi kotak dadu berukuran sedang. Lalu masukkan santan ke dalam panci dan tambahkan jahe, gula, saus ikan, pasta kari dan air jeruk nipis. Aduk-aduk perlahan-lahan dan pastikan pasta kari larut dalam kuah sehingga terlihat agak kental. Masak hingga mendidih barulah masukkan salmon ke dalamnya. Masak hingga mendapatkan tekstur daging ikan yang lembut tetapi tidak menjadi hancur yaitu selama 5 sampai dengan 7 menit saja. Sajikan hangat bersama dengan taburan daun ketumbar.

3/ Resep ikan salmon : salmon chowder

Resep ikan salmin yang satu ini sangat pas untuk disajikan ketika sedang musim hujan. Nikmati selagi hangat-hangat kuku bersama dengan menu pendamping seperti nasi, kentang rebus atau roti.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah : daging ikan salmon fillet, kentang, daun bawang, jagung, bawang putih, daun thyme, daun salam, cabe bubuk, susu, krim kental, garam, lada hitam dan air perasan jeruk lemon.

Cara memasaknya :

Potong-potong kentang menjadi kotak dadu kemudian masak hingga lunak dan tiriskan. Di dalam panci berukuran sedang, tumis daun bawang, bawang putih, daun thyme, daun salam dan bubuk cabai dengan mentega sekitar 5 menit saja. Kemudian tambahkan susu dank rim lalu masak hingga mendidih. Kecilkan api dan tambahkan kentang, salmon, garam dan merica untuk selanjutnya dimasak sambil aduk-aduk perlahan-lahan hingga salmon matang. Barulah tambahkan air perasan jeruk lemon, garam dan lada secukupnya. Buang daun salam sebelum disajikan.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel